BerandaCurrent ReportTutup 12 Gerai Holywings, Anies Baswedan Raih Simpati Publik

Tutup 12 Gerai Holywings, Anies Baswedan Raih Simpati Publik

Published on

Pemprov DKI resmi mencabut izin operasi Holywings dan menutup 12 gerai yang berada di DKI Jakarta. Hal ini merupakan buntut dari dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh pihak Holywings saat melakukan promosi minuman beralkohol gratis kepada orang dengan nama Muhammad dan Maria.

Hal tersebut kemudian mengundang kemarahan publik hingga polisi akhirnya menetapkan enam orang berstatus karyawan sebagai tersangka. Sayangnya, pihak manajemen Holywings seolah menumbalkan keenam karyawannya dengan mengatakan tidak mengetahui perihal promo yang bermuatan SARA tersebut.

Peristiwa ini kemudian menjadi polemik hingga diperbincangkan luas di sosial media.

Holywings
Gambar 1. Infografik Twitter

Dengan menggunakan kata kunci holywings Netray melakukan pemantauan melalui Twitter sejak 22 Juni 2022 sampai dengan 28 Juni 2022. Hasilnya, terdapat 70,6 ribu cuitan dengan didominasi oleh sentimen negatif. Adapun jumlah impresi terkait topik ini mencapai 147.2 juta dan berpotensi menjangkau 205.6 juta akun pengguna Twitter.

Gambar 2. Grafik perbincangan warganet Twitter
Gambar 3. Grafik sentimen trend warganet

Sementara melalui Gambar 2 tampak grafik intensitas perbincangan warganet yang mulai mengalami peningkatan sejak 22 Juni 2022. Adapun puncaknya terjadi pada 28 Juni 2022, hal ini berkaitan dengan keputusan Pemprov DKI untuk menutup seluruh operasional Holywings di Jakarta.

Gambar 4. Kosa kata populer

Terdapat beberapa kosa kata populer yang digunakan oleh warganet dalam mengomentari persoalan ini. Sebagaimana tampak pada Gambar 4, yakni muhammad, maria, miras, pelanggaran, dan berbagai kosa kata populer lainnya.

Persoalan yang bermula dari promosi minuman keras gratis kepada pengunjung yang bernama Muhammad dan Maria tersebut pun menuai berbagai kecaman. Sebelumnya pihak manajemen Holywings sempat mengeluarkan permintaan maaf.

Namun sayangnya dalam unggahan permintaan maaf pihak manajemen seolah lepas tangan dari persoalan tersebut dan menganggap karyawan yang terlibat merupakan oknum.

Hal ini kemudian disesalkan oleh beberapa warganet yang menilai pihak manajemen enggan bertanggung jawab dan justru ‘menumbalkan’ karyawannya.

Gambar 5. Komentar kecaman warganet

Dari apa yang dilakukan oleh pihak Holywings warganet justru menangkap ‘kengerian’ dari pihak manajemen Holywings yang dinilai tidak bijaksana dalam mengambil keputusan. Warganet juga menyayangkan keenam karyawan yang kini harus menjadi tersangka dan mencium naiknya isu politik yang membuntuti persoalan ini.

Gambar 6. Komentar terhadap Anies Baswedan

Ditutupnya 12 gerai Holywings di wilayah Jakarta setidaknya mengancam 3000 nasib karyawannya. Penutupan yang dilakukan oleh Anies Baswedan selaku Gubernur DKI tersebut pun menuai berbagai komentar dari warganet. Sebagaimana tampak pada beberapa cuitan di atas yang menilai Anies mendapatkan keuntungan secara politik dan dukungan dari keputusannya tersebut. Tak hanya itu, warganet juga menilai keputusan ini justru dapat menaikkan jumlah pengangguran di Jakarta.

Gambar 7. Top People
Gambar 8. Top Account

Tak heran bila kemudian nama Anies Baswedan menjadi perbincangan publik terkait Holywings. Sementara pada kategori Top Akun tampak @rednesia dan @geloraco menjadi akun paling populer pada topik ini.

Gambar 9. Top Organizations
Gambar 10. Top Locations

Kemudian pada kategori Top Organizations tampak akun pemberitaan online @detikcom dan @CNNIndonesia menjadi dua organisasi paling populer. Selain itu, tampak FPI juga masuk dalam kategori organisasi yang paling banyak diperbincangkan dalam topik terkait Holywings. Hal ini terkait pengandaian warganet apabila organisasi FPI masih ada untuk terjun menangani kasus ini.

Sementara melalui kategori Top Locations, DKI Jakarta menjadi pusat perbincangan warganet diikuti oleh beberapa wilayah lainnya yang turut disebutkan oleh warganet.

Gambar 11. Jaringan percakapan warganet

Tak hanya menjadi organisasi yang populer, akun milik portal media pemberitaan online tersebut juga tampak masuk dalam jaringan percakapan warganet. Hal ini menunjukkan akun-akun tersebut merupakan akun yang paling banyak ditandai oleh warganet dalam cuitannya.

Perbincangan Holywings di Instagram

Selain menjadi topik perbincangan hangat di Twitter, topik Holywings juga ramai menjadi perbincangan warganet Instagram. Dengan kata kunci dan periode yang sama Netray menemukan setidaknya 1.351 unggahan terkait topik Holywings di lini media sosial Instagram.

Gambar 12. Infografik monitoring Instagram

Dari total unggahan tersebut setidaknya terdapat 307 unggahan bersentimen negatif dan 335 bersentimen positif. Adapun jumlah impresi pada topik ini mencapai 406,9 ribu dengan potensi menjangkau 916,6 akun pengguna Instagram.

Sementara itu grafik intensitas pembahasan warganet baik di Twitter maupun di Instagram tampak mulai mencuat sejak 22 Juni 2022 dan puncaknya juga terjadi pada 28 Juni 2022.

Gambar 13. Unggahan populer warganet Instagram

Tak hanya di Twitter, unggahan milik berbagai akun pemberitaan online juga tampak memenuhi lini masa Instagram dengan berbagai judul pemberitaan terkait Holywings. Sebagaimana tampak pada Gambar 13 di atas beberapa akun terlihat mempopulerkan berita terkini terkait Holywings, mulai dari penutupan hingga deretan karyawan yang ditetapkan sebagai tersangka.

Bermula dari dugaan penistaan yang dilakukan oleh pihak Holywings kini izin usaha Holywings juga resmi dicabut seiring dengan ditutupnya 12 gerai milik Holywings di kawasan DKI Jakarta. Hal ini memantik berbagai komentar dari warganet dan menjadi topik hangat media pemberitaan.

Tak sampai disitu buntut dari persoalan ini juga turut menghangatkan isu politik karena melibatkan Anies Baswedan yang dinilai mendulang dukungan dari masyarakat terkait keputusannya tersebut.

Demikian hasil analisis Netray simak analisis isu terkini dan analisis mendalam Netray melalui https://analysis.netray.id/

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Luhut Usulkan Revisi UU TNI, Warganet: Kembali ke Orde Baru?

Wacana revisi UU TNI yang diusulkan Luhut Binsar Pandjaitan beberapa waktu lalu sempat naik...

Uji Coba Foto Layar Penuh Instagram Banjir Kritik

Belum lama ini Instagram mendapat kritik keras dari penggunanya. Hal tersebut dipicu oleh uji...

Teori Cocoklogi dan Kritik Warganet Mereview Pengabdi Setan 2

Pengabdi Setan 2: Communion akhirnya rilis pada 4 Agustus 2022. Sebagai salah satu film...
%d blogger menyukai ini: