BerandaCurrent ReportBeda Kecenderungan Respons di YouTube dan Twitter Soal Konten Anak Ricis

Beda Kecenderungan Respons di YouTube dan Twitter Soal Konten Anak Ricis

Published on

Ria Ricis kembali menjadi sorotan setelah dirinya mengunggah video bermain jetski dengan suami dan anaknya Moana yang masih berusia 5 bulan. Video ini menjadi perbincangan warganet yang pro dan kontra dengan aksi dari keluarga YouTuber tersebut. Meski dibanjiri kritik, konten video tersebut berhasil meraup jumlah viewers yang tidak sedikit.

Menariknya, pantauan Netray di dua kanal yakni YouTube dan Twitter memperlihatkan kecenderungan respons yang berbeda. Di YouTube, komentar bernada positif masih lebih dominanan sedangkan di Twitter, topik ini didominasi opini negatif. Tidak sedikit warganet yang mengkritik kalau Ricis juga memanfaatkan anaknya demi konten.

Untuk mengamati lebih jauh, Netray mengamati perbincangan warganet terkait topik ini di dua kanal media sosial, Youtube dan Twitter. Netray melakukan pemantauan ini selama periode 1-15 Januari 2024 dengan kata kunci moana.

Selama periode pemantauan, ditemukan sebanyakt 277 konten yang mengandung kata kunci Moana di YouTube dengan total view mencapai 13,8 juta, 661,9 ribu like, dan 17,5 ribu komentar. Dari jumlah total komentar tersebut lebih dari 7,6 ribu komentar bersentimen positif dan 6,4 ribu bersentimen negatif. Dari pantauan Netray, konten Moana yang paling banyak meraih impresi didominasi oleh konten Ria Ricis.

Gambar 1. Statistik monitoring YouTube kata kunci “moana

Terdapat tiga konten YouTube Ricis Official dengan jumlah penonton terbanyak. Di antaranya adalah konten Moana naik jetski yang meraih sebanyak 1,4 juta penonton, konten Moana naik perahu dengan 725 ribu penonton dan konten Moana naik ATV sebanyak 719 ribu penonton. Ketiga konten tersebut diunggah selama 3 hari berturut-turut di sekitar jam 3 sore. Selain itu, konten pendek atau YouTube short Ricis Story juga masuk dalam daftar view terbanyak topik Moana.

Gambar 2. Konten Moana dengan viewers terbanyak selama periode pantauan Netray

Viralnya konten Ria Ricis yang mengajak anaknya mengeksplore berbagai aktivitas ekstrem membuat warganet ramai berkomentar. Ada yang berkomentar dengan nada positif dan ada juga yang mengkritik. Komentar positif berisi kekaguman warganet akan kecerdasan dan tumbuh kembang Moana dan pujian untuk Ricis. Sementara komentar negatif berisi kekhawatiran terhadap kondisi Moana hingga warganet menilai Ricis melakukan aktivitas tersebut hanya untuk konten dan adsense.

Akibatnya, YouTuber dengan 30 juta subscriber tersebut mendapat kecaman dari berbagai pihak. Publik menyoroti aksi Ricis mengajak Moana yang baru berusia 5 bulan bermain jetski di lautan tanpa menggunakan pelampung. Publik figur lain pun ikut bereaksi atas aksi pasangan suami istri muda tersebut, termasuk di antaranya Nikita Mirzani yang menyampaikan kritik pedasnya. Tak sampai di situ, KPAI juga turut menegur aksi Ricis yang dinilai membahayakan tersebut.

Gambar 3. Reaksi masyarakat terhadap aksi Ricis

Jika ditilik lebih lanjut, komentar atau respons kontra Ricis di YouTube ditemukan paling banyak di menjelang akhir pemantauan. Sebelumnya, tren komentar konten Ricis didominasi sentimen positif seperti yang terlihat pada contoh tren setimen komentar video berjudul “Ricis Panik, Moana Mau Surfing Sama Papa Iyan, Ombak Gede Banget!” di bawah.

Kontenkan Moana, Ricis Banjir Hujatan di Twitter

Tak hanya di YouTube ramainya konten ini juga merambat hingga ke Twitter. Warganet ramai-ramai turut berkomentar terkait konten Ricis dengan Moana tersebut. Perbedaan yang signifikan adalah kecenderungan sentimen warganet Twitter kala menanggapi topik ini.

Gambar 4. IStatistik perbincangan topik “moana” di Twitter

Dengan periode yang sama, di Twitter ditemukan setidaknya 12,5 ribu twit dengan didominasi oleh sentimen negatif. Dari total tersebut, 5,4 ribu twit mengandung sentimen negatif dan 2,4 ribu sentimen positif. Sementara jumlah impresi pada topik ini mencapai 13,2 juta dan berpotensi menjangkau hingga 81,6 juta akun pengguna Twitter.

Konten Moana naik jetski yang diunggah pada 01 Januari 2023 ini memantik perbincangan warganet Twitter pada hari yang sama. Akan tetapi, lonjakan perbincangan secara signifikan terjadi pada 4 Januari 2023, setelah ketiga konten viral Ricis naik ke YouTube. Sebagaimana tampak pada Gambar 4 di bawah, perbincangan terkait Moana terus muncul hingga dua minggu setelahnya.

Gambar 5. Intesitas perbincangan warganet

Sejumlah kata seperti jetski, laut, konten, ekstrim, duit, dan berbagai kosakata lainnya tampak muncul dalam perbincangan warganet Twitter. Kata kasian, kaget, bangga, nyaman, dan seneng mewakili gambaran respons warganet ketika membicarakan konten Ricis. Bahkan, dalam deretan Top Complain, tampak kata goblok muncul sebanyak 35 kali dalam perbincangan topik ini.

Gambar 6. Kosakata populer

Apabila ditilik dari konten populer, sebagian besar berisi kritik atas aksi Ricis dan suami yang dinilai lalai dan membahayakan bayinya tersebut. Bahkan, ada warganet yang menduga Ricis terinspirasi dari tokoh kartun Disney yang bernama sama dengan bayinya tersebut sehingga Moana sejak dini sudah diajak mengenal air laut. Namun hal ini justru membuat warganet tak habis pikir terlebih saat melihat Moana di atas jetski tanpa mengenakan pelampung.

Gambar 7. Kritik warganet

Ramainya kritik warganet membuat topik ini dibanjiri oleh sentimen negatif dari warganet. Warganet juga merasa ngeri melihat adegan Ricis dan suaminya tersebut. Bahkan tidak sedikit warganet yang menyindir Ricis yang dinilai terlalu ugal-ugalan dalam menjaga buah hatinya.

Gambar 8. Kritik warganet

Moana yang menjadi trending topik Twitter berhasil membuat channel Ricis Official menjadi channel paling populer pada topik ini. Selain channel tersebut tampak berbagai channel Ricis lainnya, seperti Ricis Story, RICIS STORY, Rumah Ricis, dan The Ricis & Teamturut meraih impresi terbanyak pada kategori ini.

Gambar 10. Top Kategori

Sementara di Twitter akun @convomfs menjadi akun dengan popularitas tertinggi dari berbagai akun lainnya yang turut membahas Moana. Akun ini menjadi pemantik naiknya kembali perbincangan soal Moana pada 13 Januari 2023 setelah sebelumnya akun @AREAJULID memantik keramaian topik ini pada 4 Januari 2023.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Menyelisik Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI, Status Tersangka dan Langkah Polisi Mencari Fakta

Perkembangan kasus tabrak lari yang menewaskan seorang mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Athalla...

Sedih JD.ID Tutup, Warganet Bagikan Pengalaman Berbelanjanya

Situs belanja online JD.ID resmi mengumumkan akan berhenti beroperasi per 31 Maret 2023. Anak...

Produk Skincare dengan Retinol dalam Perbincangan Warganet

Retinol bahan aktif vitamin A belakangan menjadi salah satu kandungan skincare yang populer. Dikenal...
%d blogger menyukai ini: