HomeCurrent ReportPasca Kunjungan Prabowo ke PSI, Loyalis Ganjar Serukan Tagar #SelamatTinggalPSI

Pasca Kunjungan Prabowo ke PSI, Loyalis Ganjar Serukan Tagar #SelamatTinggalPSI

Published on

Jelang tahun politik, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) diterpa isu dinamika internal. Partai yang berdiri pada tahun 2014 tersebut kabarnya ditinggalkan sejumlah kadernya usai menerima kunjungan dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Padahal, pada Oktober 2022 lalu partai dengan label anak muda ini mendeklarasikan dukungannya pada Ganjar. Kedatangan Prabowo ke Markas PSI justru pun dianggap mengimplikasikan sikap politik lainnya. Tak pelak, sentimen negatif dan tagar #SelamatTinggalPSI menggema di lini masa Twitter pekan lalu.

Netray lantas memantau pembahasan media pemberitaan terkait PSI untuk mengamati lebih jauh bagaimana publik merespons isu ini. Pemantauan dilakukan dengan menggunakan kata kunci psi sejak 2 Agustus 2023 sampai dengan 8 Agustus 2023. Hasilnya, ditemukan sebanyak 1.065 artikel dari 134 media memberitakan PSI selama sepekan. Pemberitaan tersebut didominasi oleh artikel berkategori politik sebanyak 87 persen. Tribun News menjadi media yang paling banyak menerbitkan artikel terkait topik ini.

Gambar 1. Statistik pemberitaan topik PSI

Intensitas pemberitaan tampak fluktuatif selama sepekan pemantauan. Namun, puncak tertinggi terjadi pada 3 Agustus 2023 atau sehari pasca kunjungan Prabowo di kediaman PSI. Pada tanggal tersebut Netray menemukan 213 artikel dengan dominasi pembahasan soal kedekatan PSI dengan Prabowo Subianto. Sentimen negatif dan positif tampak bergiliran saling memimpin selama sepekan. Namun, secara kuantitas sentimen positif sedikit lebih unggul.

Gambar 2. Intensitas pemberitaan

Rabu 2 Agustus 2023 sekitar pukul 16.55 WIB, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mendatangi kantor DPP PSI Jakarta Pusat. Kedatangan Prabowo pun langsung disambut oleh Ketua Umum PSI Giring Ganesha. Dalam kunjungan tersebut Prabowo memang tidak memberikan keterangan apapun terkait sikap politik kedua partai tersebut.

Kunjungan Prabowo diketahui memenuhi undangan yang diberikan oleh PSI. Terkait hal ini, Ketua Umum PSI Giring Ganesha menegaskan bahwa pihaknya terbuka kepada siapa pun. Dia menyebut, pintu partainya selalu terbuka bagi pihak-pihak yang mau bersilaturahmi.

Gambar 3. Artikel terkait

Di sisi lain, pertemuan antara kedua partai politik tersebut justru mengangkat isu berpindahnya dukungan partai yang dikenal sebagai loyalis Jokowi tersebut, dari Ganjar ke Prabowo. Isu tersebut semakin menguat dengan beredarnya berbagai artikel terkait topik ini, hingga para loyalis Ganjar mengatakan ‘selamat tinggal’ kepada partai yang belum lama berdiri tersebut. Namun, Grace Natalie mengungkapkan jika dukungan PSI tetap akan mengikuti arah kompas dari dukungan Jokowi.

Gambar 4. Artikel terkait

Di media pemberitaan terlihat Prabowo menjadi tokoh terpopuler pada topik ini, diikuti oleh Joko Widodo yang juga kerap disebut dalam berbagai artikel pemberitaan. Selain nama tersebut tampak nama Ganjar selaku Bacapres yang akan berhadapan dengan Prabowo pada 2024 mendatang dan Grace Natalie sebagai salah satu pendiri PSI. Sementara pada kategori Top Organizations tampak nama PSI mendominasi penyebutan terpopuler diikuti oleh PDIP.

Gambar 5. Tokoh dan organisasi paling banyak dibahas bersama PSI selama sepekan

PSI dan Prabowo Bertemu, Loyalis Ganjar Angkat Suara di Twitter

Sebagai politisi senior pihak PSI memuji kedewasaan berpolitik Prabowo yang dinilai memiliki kerendahan hati karena mau mengunjungi DPP PSI yang masih terhitung partai baru. Namun, hal ini justru memantik gejolak di lini media sosial Twitter. Untuk mengamati hal tersebut Netray memantau topik ini di kanal Twitter dengan periode yang sama.

Di Twitter topik ini juga mendapat atensi yang tinggi dari warganet. Hal tersebut tampak dari jumlah tweet topik ini yang mencapai 31,7 ribu cuitan. Jumlah impresi yang dihasilkan pun tinggi, yakni mencapai 8,2 juta reaksi yang berpotensi menjangkau hingga 127 juta akun pengguna Twitter.

Gambar 6. Statistik perbincangan topik PSI di Twitter

Jika pada media pemberitaan sentimen trend tampak berimbang, berbeda halnya dengan di kanal Twitter. Sentimen negatif memimpin selama periode pemantauan. Namun, intensitas perbincangan tidak jauh berbeda dengan kanal news. Di Twitter puncak perbincangan warganet juga terjadi pada 3 Agustus 2023 dengan pembahasan seputar kunjungan Prabowo Subianto ke markas PSI. Di tanggal tersebut, warganet juga menaikkan tagar Goodbye PSI dan #SelamatTinggalPSI.

Gambar 7 Peak time dan sentiment trend

Berikut berbagai kata yang kerap muncul dalam perbincangan warganet terkait topik PSI di Twitter selama sepekan pemantauan. Setidaknya terdapat dua nama besar yang kerap disebut warganet ketika membicarakan topik PSI pekan ini, yakni Prabowo dan Ganjar. Jika menyangkut soal partai, PDIP dan Gerindra pun tak pelak turut dalam perbincangan. Di samping itu, Guntur Romli yang baru saja mengundurkan diri dari PSI juga tampak menjadi pembahasan.

Gambar 8. Kosakata populer

Dikenal sebagai loyalis Jokowi sejak awal berkiprah di kancah politik, kali ini PSI harus memanen hujatan. Terlebih partai ini juga dikenal sebagai partai yang beroposisi dengan Gerindra karena perbedaan kubu. Tak heran bila warganet cukup heran dengan sikap PSI, bahkan warganet melabeli dengan ‘kutu loncat’ hingga ‘abu-abu’.

Gambar 9. Komentar warganet

Sikap PSI yang dinilai labil ini tak hanya membuat para pendukung Ganjar jengah, melainkan juga melahirkan konflik internal di tubuh partai tersebut. PSI kini kehilangan beberapa kadernya yang memutuskan untuk mengundurkan diri karena sinyal kedekatan PSI dengan Prabowo Subianto. Salah satu yang banyak disorot adalah Guntur Romli yang merupakan Ketum Ganjarian Spartan.

Gambar 10. Komentar warganet

Akun @Miduk17 yang menyuarakan kritiknya terhadap sikap PSI menjadi akun populer yang paling banyak mendapat impresi terkait topik ini. Diikuti oleh @ch_chotimah2 dan @tempodotco. Sementara akun yang paling banyak mengetwit topik PSI selama sepekan adalah @FelixMegah6 yang merupakan salah satu akun yang juga menaikkan tagar #SelamatTinggalPSI.

Gambar 11. Akun yang paling banyak mendapat impresi
Gambar 12. Akun yang paling banyak mengetwit kata kunci

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar...

Puluhan Petugas KPPS Tumbang, Warganet Tepis Tudingan Kecurangan

Pra pemilu, publik sempat terhibur atas lelucon petugas KPPS yang ‘naik kelas’ dari honorer...

Pembahasan Pasca Pemilu di Media Sosial dan Pemberitaan, Isu Kecurangan Jadi Perhatian

Momentum pesta demokrasi yang ditunggu-tunggu alias pemilihan umum (Pemilu) 2024 telah dilaksanakan pada 14...
%d bloggers like this: