BerandaCurrent ReportPopularitas Tonight Show, Talkshow Favorit Warganet

Popularitas Tonight Show, Talkshow Favorit Warganet

Published on

Tonight Show merupakan salah satu program di Net TV yang telah tayang sejak 27 Mei 2013. Meski telah 9 tahun bertahan di layar kaca, program talkshow yang dipandu oleh empat host ini kini justru semakin populer dan digandrungi anak muda. Tak hanya disiarkan secara langsung di televisi, Tonight Show kini juga membuat konten khusus di channel YouTube Net TV dengan tajuk Tonight Show Premiere.

Menilik ulasan Google Review, program Tonight Show disukai sebesar 96% dengan rating 4,9/5. Perluasan media yang dimanfaatkan oleh Tonight Show tentu semakin mendongkrak popularitas talkshow yang dipandu oleh Vincent, Desta, Hesti, dan Enzy ini. Seperti apakah popularitas Tonight Show bila diamati melalui monitoring media sosial Youtube dan TikTok? Berikut hasil pantauan Media Monitoring Netray.

Tonight show
Gambar 1. Infografik monitoring Youtube

Netray melakukan pemantauan sejak 05 September 2022 sampai dengan 15 September 2022. Adapun intensitas ungggahan konten terkait Tonight Show dapat diamati pada Grafik 1 di atas. Hasilnya, selama periode pantauan Netray ditemukan 116 video dengan jumlah penonton sebanyak 13,6 juta dan disukai sebanyak 278,3 ribu penonton.

Gambar 2. Channel populer

Dari 116 video tersebut, Gimmick Comedy menjadi channel paling populer dengan konten terkait Tonight Show. Selain Gimmick Comedy, terdapat berbagai channel lainnya yang turut mengunggah konten terkait Tonight Show. Menariknya, channel resmi milik Tonight Show justru tidak masuk dalam kategori channel populer selama periode pantauan Netray.

Gambar 3. Video paling banyak ditonton oleh warganet

Pada Gambar 3 dapat diamati beberapa video yang masuk dalam kategori video paling banyak ditonton oleh warganet. Berbagai video tersebut tampak menampilkan berbagai candaan para host yang banyak disukai oleh para penggemar Tonight Show. Bahkan salah satu unggahan channel Gimmick Comedy telah memperoleh 4,1 juta penonton dan disukai oleh lebih dari 110,4 ribu kali.

Gambar 4. Konten populer Tonight Show di Youtube

Video yang diunggah pada 10 September 2022 tersebut memuat candaan Desta dan Vincent kepada Enzy dalam salah satu episode Tonight Show. Tak hanya banjir likes, konten yang menjadi populer ini pun ramai dikomentari warganet. Berbagai komentar tersebut pun memuat dukungan untuk para host Tonight Show yang dinilai menghibur warganet.

Sementara itu, pada channel official milik Tonight Show terlihat jumlah subcribers channel ini mencapai 4,8 juta dengan jumlah unggahan sebanyak 6,7 ribu video dan ditonton sebanyak 3,2 juta warganet. Channel yang dibuat sejak 31 Agustus 2013 ini pun menjadi salah satu channel talkshow yang paling banyak ditonton oleh pengguna layanan Youtube. Hal tersebut tampak pada salah satu unggahan video pada 1 September 2022 yang ditonton sebanyak 2.8 juta kali.

Gambar 5. Profil resmi channel YouTube Tonight Show Net
Gambar 6. Konten video yang paling banyak ditonton warganet

Video dengan bintang tamu Habib Jafar tersebut menjadi video dengan jumlah penonton terbanyak selama periode pantauan Netray. Bahkan video yang diunggah pada 01 September 2022 tersebut mendapat like sebanyak 77,7 ribu kali.

Potongan Video Tonight Show Jadi Konten Populer di TikTok

Tak hanya di YouTube, potongan berbagai video terkait Tonight Show juga menjadi konten populer di TikTok. Kebanyakan warganet membagikan kembali potongan yang diunggah pihak Tonight Show di YouTube menjadi beberapa konten video di TikTok. Dengan periode yang sama Netray melakukan pemantauan untuk mengetahui popularitas Tonight Show di platform ini.

Gambar 7. Infografik TikTok

Jumlah unggahan warganet pengguna TikTok terkait konten Tonight Show dalam rentang 01 September sampai dengan 15 September 2022 mencapai 212 unggahan. Adapun impresi yang dihasilkan mencapai 5,9 juta, ditonton sebanyak 84,3 juta kali dan dibagikan lebih dari 17,2 ribu kali. Adapun jumlah like pada keseluruhan konten mencapai 5,9 juta dengan total komentar sebanyak 15,6 ribu. Jumlah tersebut menunjukkan tingginya popularitas konten terkait Tonight Show di TikTok.

Gambar 8. Konten populer Tonight Show di TikTok

Dari seluruh konten terkait Tonight Show yang beredar di FYP TikTok, terdapat beberapa konten yang kemudian menjadi populer. Konten-konten tersebut tampak pada Gambar 8, salah satunya adalah konten dengan Vino G Bastian dan Ariel Tatum sebagai bintang tamu. Tak hanya itu, candaan Desta kepada Enzy yang menggunakan celana pendek di salah satu episode turut menjadi konten populer yang banyak ditonton warganet.

Gambar 9. Details konten populer di TikTok

Candaan Desta dan Vincent pada Enzy yang pada salah satu episode tersebut menggunakan celana pendek disukai lebih dari 246,2 ribu kali. Sebagian warganet pun menilai hal tersebut hanya berupa keisengan seorang kakak yang bercanda pada adiknya. Hal ini kemudian menjadi konten yang populer di TikTok.

Gambar 10. Tagar populer dan pengguna populer

Sementara pada kategori tagar populer, pengguna TikTok ramai mempopulerkan tagar #tonightshow, #fyp, dan nama keempat host di acara Tonight Show. Sedangkan pada kategori pengguna populer nama akun iseng dan Netmediatama menjadi akun yang paling banyak mengunggah konten terkait Tonight Show.

Popularitas Tonight Show sebagai talk show tidak hanya disebabkan oleh konten-kontennya yang menarik namun juga pembawaan para host yang dinilai kompak dan memiliki karakter yang kuat turut mendongkrak popularitas dari Acara TV ini. Tak hanya memiliki rating yang baik di TV, Tonight Show juga berhasil menjadi talk show yang banyak digandrungi warganet. Hal tersebut terlihat dari bagaimana sebagian besar kontennya menjadi populer di berbagai kanal media sosial, baik Youtube maupun TikTok.

Demikian hasil pengamatan Netray, simak analisis lainnya melalui https://analysis.netray.id/

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Kritik Warganet Menyoal Fenomena Bandara Mati Suri

Hari Perhubungan Nasional yang jatuh pada 17 September 2022 belum lama berlalu. Menteri Perhubungan...

Melihat Impresi Mi Instan Favorit Warganet; Indomie vs Lemonilo

Praktis dan mudah disajikan membuat mi instan banyak digandrungi masyarakat. Tak heran bila kemudian...

Spekulasi & Perbincangan Wacana Presiden 2 Periode Jadi Cawapres

Pernyataan Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono bahwa presiden yang sudah menjabat 2...
%d blogger menyukai ini: