BerandaCurrent ReportSentimen Negatif dalam Perbincangan Topik Pernikahan Kaesang

Sentimen Negatif dalam Perbincangan Topik Pernikahan Kaesang

Published on

Rangkaian acara pernikahan Kaesang dan Erina yang berlangsung pada 8-10 Desember 2022 berhasil menjadi pusat perhatian publik. Pernikahan Putra Bungsu Presiden Joko Widodo yang berlangsung di Jogja-Solo pun menempati trending topik Twitter. Ragam topik pun menjadi sorotan warganet, mulai dari rangkaian acara hingga tingkah lucu cucu-cucu Jokowi pun tak luput dari perhatian warganet.

Selain aroma kebahagiaan yang mengalir di media sosial, kritik dan berbagai komentar bersentimen negatif juga turut meramaikan perbincangan terkait pernikahan Kaesang dan Erina. Netray mengamati laju perbincangan negatif warganet terkait topik ini untuk mengetahui lebih jauh apa sajakah yang menyumbang kritik dari warganet.

Netray memantau topik ini sejak 8 Desember 2022 sampai dengan 12 Desember 2022 dengan menggunakan kata kunci kaesang && pernikahan, kaesang && nikahan, dan kaesang && nikah. Berdasarkan grafik sentiment trend di bawah, tampak jumlah sentimen negatif berada pada angka 5.992 dan jumlah sentimen positif berada pada angka 6.640.

Gambar 1. Grafik sentiment trend perbincangan warganet

Sementara secara general dengan menggunakan tiga kata kunci tersebut Netray menemukan lebih dari 28,3 ribu cuitan terkait pernikahan Kaesang. Dengan jumlah impresi mencapai 32 juta perbincangan ini pun berpotensi menjangkau 230,2 juta akun pengguna Twitter.

Gambar 2. Infografik perbincangan warganet

Acara berbahagia ini tentu mendapat sambutan hangat dari warganet. Akan tetapi, tidak semua beropini positif. Hal ini dapat diamati dari jumlah sentimen negatif yang muncul dalam ragam komentar warganet. Meski lebih banyak unggahan positif, jumlah opini negatif tidak terpaut jauh. Lalu apa sajakah opini warganet yang menyumbang impresi negatif pada perbincangan pernikahan Putra Bungsu Presiden RI ini.

Pernikahan Kaesang dan Sumbangan Kritik Warganet

Sebagai putra dari bapak Presiden RI pernikahan Kaesang tentu mendapat sorotan publik. Tak hanya warganet yang turut berbahagia dengan hajat tersebut tetapi terdapat juga warganet yang mengkritik. Kritikan yang disuarakan oleh berbagai akun menjadi penyumbang sentimen negatif pada arus perbincangan terkait topik ini.

Gambar 3. Puncak perbincangan warganet dan kosa kata populer

Berdasarkan gambar puncak perbincangan warganet di atas, tampak laju sentimen negatif warganet sejak 8 Desember 2022 dan terus muncul hingga 12 Desember 2022. Sementara pada kosakata populer dalam arus perbincangan bersentimen negatif tampak sejumlah kata yang kerap muncul dalam perbincangan warganet seperti, politik, gerung, anies, gimmick, dan tagar tumbangkanpenguasamaruk.

Mulai dari kritik penggunaan jet pribadi, pengamanan yang dinilai berlebihan, hingga ketidakhadiran Rocky Gerung menjadi sorotan perbincangan warganet. Warganet menilai 48 jet yang digunakan tamu undangan Jokowi merupakan jet dengan tingkat emisi tinggi sehingga hal ini mengkonfirmasi bahwa orang kaya merupakan penyumbang emisi tertinggi.

Gambar 4. Tweet populer bersentimen negatif warganet

Selain itu, ketidakhadiran Rocky Gerung dalam acara tersebut juga menjadi sorotan warganet. Opini Rocky Gerung yang menilai acara Maulid Nabi lebih menarik dicuitkan oleh akun milik @OposisiCerdas dan mendapat 293 komentar dan disukai setidaknya oleh lebih dari 2 ribu warganet.

Dalam cuitan populer lainnya, warganet juga mengkritik kinerja Menteri yang dinilai korupsi waktu lantaran sibuk mengurusi pernikahan anak Presiden. Selain itu, dalam cuitan lainnya akun @OposisiCerdas juga menyoroti persona sederhana Jokowi yang dinilai hanya gimmick dan soal KTP baru Kaesang yang langsung jadi sesaat setelah pernikahan.

Gambar 5. Tweet populer bersentimen negatif warganet

Berbagai cuitan bersentimen negatif di atas menjadi cuitan bersentimen negatif paling populer dalam arus perbincangan warganet selama hajat pernikahan Kaesang dan Erina berlangsung.

Dalam arus perbincangan bersentimen negatif, tampak sejumlah akun populer seperti @ZakkiAmali dan @OposisiCerdas yang berada di puncak kategori akun terpopuler. Akun-akun tersebut mengkritik dan mencuitan beragam narasi dengan sentimen negatif melalui akun Twitternya.

Gambar 6. Akun populer dalam arus perbincangan bersentimen negatif

Sebagaimana tampak pada Gambar 7, kedua akun terpopuler tersebut memuat tweet dengan sentimen negatif. Berikut sejumlah tweet akun @OposisiCerdas yang tampak dalam pantauan Netray yang lebih banyak memuat narasi tweet bersentimen negatif sehingga menjadi akun bersentimen negatif terpopuler pada topik ini.

Gambar 7. Profil akun @OposisiCerdas dalam topik pernikahan Kaesang

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Menyelisik Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI, Status Tersangka dan Langkah Polisi Mencari Fakta

Perkembangan kasus tabrak lari yang menewaskan seorang mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Athalla...

Sedih JD.ID Tutup, Warganet Bagikan Pengalaman Berbelanjanya

Situs belanja online JD.ID resmi mengumumkan akan berhenti beroperasi per 31 Maret 2023. Anak...

Produk Skincare dengan Retinol dalam Perbincangan Warganet

Retinol bahan aktif vitamin A belakangan menjadi salah satu kandungan skincare yang populer. Dikenal...
%d blogger menyukai ini: