HomeCurrent ReportPerbincangan Harga Tiket Pesawat di Momen Mudik dan Arus Balik Lebaran

Perbincangan Harga Tiket Pesawat di Momen Mudik dan Arus Balik Lebaran

Published on

Selama arus mudik berlangsung perbincangan terkait harga tiket pesawat meramaikan lini masa Twitter. Sebagian warganet menilai harga tiket pada tahun ini terlalu mahal, namun sebagian lainnya beranggapan harga tersebut masih pada batas wajar.

Netray memantau perbincangan warganet sejak 19 April 2023 sampai dengan 3 Mei 2023. Dari mulai keluhan soal harga hingga ragam komentar atau kritik terhadap sejumlah maskapai yang melayani arus mudik ditemukan. Berikut kosakata populer yang muncul dalam perbincangan warganet selama pemantauan.

Gambar 1. Kosakata populer perbincangan warganet

Jumlah perbincangan warganet terkait topik ini mencapai 1.933 ribu tweet dengan 894 di antaranya bersentimen negatif. Sementara jumlah impresi terkait topik ini mencapai 127 ribu dan berpotensi menjangkau hingga 37,4 juta akun pengguna Twitter. Hal tersebut menunjukkan selama rentang periode pantauan Netray perbincangan terkait topik harga tiket pesawat cukup menarik perhatian warganet.

Gambar 2. Statistik perbincangan warganet

Tampak melalui grafik di bawah ini, perbincangan warganet mencuat sejak periode awal pantauan Netray, yakni 19 April 2023. Perbincangan tersebut mulai meningkat pada 28 April 2023 dan mencapai puncaknya pada 30 April 2023. Hal ini berkaitan dengan masa arus balik lebaran yang jatuh pada tanggal tersebut.

Gambar 3. Intensitas perbincangan warganet

Dalam twitnya, warganet mengeluhkan harga tiket pesawat yang dinilai semakin mahal, terlebih di masa mendekati Hari Raya Idulfitri. Sebagai moda transportasi andalan antar pulau pesawat menjadi salah satu primadona masyarakat untuk melakukan perjalanan dengan waktu yang dirasa efesien. Meski demikian, ongkos transportasi masih menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan oleh warganet ketika hendak mudik ke kampung halaman.

Gambar 4. Komentar warganet harga tiket pesawat yang mahal

Meski sebagian warganet mengomentari harga tiket yang dinilai mahal, sebagian lainnya justru berterima kasih kepada pemerintah karena menurut mereka harga tiket pesawat di tahun ini termasuk dalam kategori wajar. Netray menemukan sejumlah tweet positif dengan redaksional yang mirip ketika menyampaikan pendapat ini; bahwa pemerintah memang memberikan diskon untuk harga tiket pesawat dan tarif tol demi menyukseskan mudik Idulfitri tahun 2023.

Gambar 5. Opini warganet terkait harga tiket

Tiket Pesawat Menjadi Pembahasan Media

Tak hanya menjadi perbincangan di jagat maya, harga tiket pesawat juga dibahas di media pemberitaan daring. Pembahasan terkait topik ini sebanyak 493 artikel dari 112 media selama pemantauan 19 Apri 2023 sampai dengan.3 Mei 2023. Dari total pemberitaan yang terpantau Netray, sebanyak 199 artikel di antaranya berkategori transportasi dan 99 artikel berkategori keuangan. Berikut hasil pantauan Netray selengkapnya.

Gambar 6. Topik harga tiket pesawat di media

Intensitas pemberitaan selama pemantauan tampak fluktuatif dengan puncak pemberitaan terjadi pada 25 April 2023 atau jelang masa arus balik. Adapun sentimen pemberitaan topik ini dominan positif meski tidak terpaut jauh dengan sentimen negatif.

Gambar 7. Intensitas pemberitaan topik harga tiket pesawat

Arus mudik pada tahun ini diperkirakan mengalami kenaikan signifikan dibanding tahun sebelumnya. Hal ini dipengaruhi oleh pandemi yang telah berakhir. Menhteri Perhubungan Budi Karya pun menyampaikan bahwa arus mudik lebaran tahun ini mengalami peningkatan setidaknya sebanyak 25% dibandingkan tahun 2022.

Gambar 8. Artikel pemberitaan

Budi Karya juga mengungkapkan bahwa harga tiket pesawat selama arus mudik masih dalam batas wajar dan tidak melebih tarif batas atas yang telah ditentukan. Hal ini tentunya menjadi kabar baik bagi industri penerbangan setelah terancam di masa pandemi lalu.

Gambar 9. Top Facility
Gambar 10. Top Portal

Berdasarkan kategori Top Fasilitas tampak kelima bandara yang kerap menjadi pembahasan artikel seputar tiket pesawat. Dalam hal ini, Bandara Internasional Soekarno Hatta menjadi bandara yang paling banyak disebut, diikuti oleh Bandara Internasional Kualanamu Medan. Kemudian, artikel terkait topik ini paling banyak diterbitkan oleh media Bagikan Berita dan Kompas yang masing-masing menerbitkan sebanyak 72 dan 39 artikel terkait.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

More like this

Kontroversi Film Kiblat, Kenapa Rumah Produksi Gemar Bikin Film Horor Religi?

Film Kiblat yang baru rilis trailer pada Kamis, 21 Maret 2024 lalu sudah menuai...

Polemik Jersei Timnas dalam Pantauan Perbincangan Media Sosial X

Seragam (jersei) resmi tim nasional Indonesia terbaru untuk 2024 telah dirilis oleh PSSI. Seperti...

Protes Warganet atas Aturan Pajak PPh 21, Tak Sepadan dengan Layanan dan Soroti Perilaku Oknum

Penyaluran THR pada lebaran 2024 ini diwarnai dengan cerita yang berbeda. Pasalnya warganet menemukan...
%d bloggers like this: