HomeCurrent ReportPemuda Peduli Lingkungan Pandawara Group: Raih Apresiasi di TikTok, Sepi di Media...

Pemuda Peduli Lingkungan Pandawara Group: Raih Apresiasi di TikTok, Sepi di Media Pemberitaan

Published on

Aksi anak muda yang tergabung dalam Pandawara Group belakangan ramai menyita perhatian, khususnya di jagad media sosial. Adalah Rafli Pasya (22), Agung Permana (22), Gilang Rahma (22), Muchamad Iksan (21), dan Rifki Sa’dullah (22) yang membersihkan sampah di sungai, selokan, hingga pantai. Konten bersih-bersih mereka viral dan menuai apresiasi. Bahkan, aksi tersebut berhasil mengantarkan Pandawara Group pada penghargaan “TikTok Local Heroes” dalam ajang Year on TikTok 2022 dan Anugerah Konservasi dari Unnes pada awal Juni 2023 lalu.

Dari pantauan Netray, hingga 15 Juni 2023 akun resmi milik @pandawaragroup memiliki 6,9 juta pengikut dengan total 107 konten yang telah diunggah. Dari konten-konten tersebut, Pandawara Group berhasil mengumpulkan 490 like dan mendapatkan 106,9 juta heart dari pengguna TikTok.

Pandawara
Gambar 1. Profil akun TIkTok Pandawara Group

Konten terpopuler Pandawara Group selama pemantauan Netray hingga 15 Juni adalah konten yang mereka unggah pada tanggal 12 Juni 2023. Konten yang menampilkan aksi bersih-bersih pantai yang dipenuhi sampah tersebut berhasil mencuri perhatian publik dengan mendapat 764,4 ribu like, 5,9 ribu komentar, dan telah dibagikan sebanyak 2,2 ribu kali. Diketahui, pantai tersebut berada di Banten dan dinobatkan sebagai pantai terkotor di Indonesia.

Gambar 2. Konter populer milik Pandawara Group

Apresiasi atas aksi yang dilakukan Pandawara tersebut pun bermunculan. Konten-konten yang mengapresiasi aksi kelima pemuda asal Bandung tersebut menghiasi linimasa TikTok. Beberapa di antaranya adalah konten milik akun @ksatriabatam, @pikiranrakyat, dan @trendingterus. Melalui akunnya, @trendingterus mengabarkan informasi terkini soal Pandawara yang kembali mencetak prestasi. Dalam captionnya, ia mengucapkan terima kasih dan berharap Pandawara Grup terus menjadi pemuda yang peduli dengan lingkungan.

Gambar 3. Konten soal Pandawara Group dari akun @trendingterus

Aksi Peduli Lingkungan Pandawara Group di Media Pemberitaan

Netray kemudian memantau pemberitaan topik ini di media massa online untuk mengetahui sejauh mana media turut menyoroti dan memberitakan aksi Pandawara Group yang tengah viral di TikTok tersebut. Netray memantau topik ini sejak 16 Mei 2023 sampai dengan 14 Juni 2023 dengan menggunakan kata kunci pandawara. Berikut hasil pantauan Netray.

Gambar 4. Statistik report media pemberitaan online

Selama periode pemantauan, Netray menemukan 42 artikel terkait Pandawara Group yang berasal dari 29 total portal media pemberitaan online. Dari keseluruhan jumlah artikel tersebut sebagian besar di antaranya berkategori pemerintahan, pariwasata, serta kesehatan dan gaya hidup. Pembahasan media terkait topik ini melibatkan setidaknya 158 total entitas. Adapun intensitas pemberitaan dapat diamati melalui grafik berikut.

Gambar 5. Intensitas pemberitaan
Gambar 6. Salah satu artikel pada 22 Mei 2023

Tampak pada Gambar 4 intensitas pemberitaan media berita online terkait Pandawara tidak begitu ramai. Kepadatan pemberitaan hanya terjadi di beberapa waktu, khususnya pada akhir pekan Mei dan awal pekan Juni. Sisanya tidak ada pemberitaan terkait kata kunci.

Puncak pemberitaan soal Pandawara terjadi pada tanggal 22-23 Mei 2023. Hal ini terkait aksi kelima pemuda tersebut ketika membersihkan pantai terkotor di Indonesia, yakni pantai Labuan Desa Teluk, Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Tak hanya lima pemuda pecinta lingkungan tersebut, warga serta pemkab setempat juga turut serta dalam aksi yang dibahas dalam artikel berikut.

Gambar 7. Artikel terkait Pantai Labuan

Aksi bersih-bersih yang berlangsung pada Senin 22 Mei 2023 ini berhasil mengumpulkan sekitar 1.200 karung sampah. Kelima pemuda ini mengakui bahwa sampah di Pantai Labuan merupakan yang terbanyak dari yang pernah mereka atasi dalam setahun terakhir. Menariknya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pandeglang, Achmad Saepudin, menceritakan bahwa pemerintah daerah sudah merencanakan agenda bersih-bersih Pantai Labuan pada bulan Mei, tetapi Pandawara Group terlebih dahulu melakukannya.

Pada akhir periode pemantauan Netray, Pandawara Group kembali muncul dalam pemberitaan meski hanya termuat dalam 2-3 artikel saja perhari. Hal ini berkaitan dengan penghargaan Anugerah Konservasi dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang diselenggarakan pada 9 Juni 2023. Berikut beberapa artikel temuan Netray.

Gambar 8. Artikel terkait Pandawara

Setelah mendapat penghargaan TikTok Local Heroes tahun 2022 kini pada tahun 2023 kelompok pemuda ini kembali mendapatkan penghargaan Anugerah Konservasi dari Unnes. Anugerah Konservasi merupakan bentuk apresiasi kepada tokoh atau organisasi yang dinilai memiliki jasa menerapkan nilai-nilai konservasi di berbagai bidang. Selain Pandawara, penghargaan tersebut juga diberikan kepada Menteri ESDM Arifin Tasrif meski kemudian mendapat protes mahasiswa.

BEM KM Unnes menilai Kementerian ESDM yang dipimpin Arifin Tasrif merupakan Kementerian yang memberikan izin terhadap pembukaan konsesi pertambangan di Indonesia, turut membela kebijakan ekspor pasir laut, dan secara kelembagaan Kementerian ESDM juga berperan besar dalam berbagai pengrusakan lingkungan di Jawa Tengah, tepatnya Wadas.

Sementara itu, Pandawara dinilai menginspirasi anak-anak muda untuk melestarikan lingkungan melalui berbagai gerakan yang mereka galakkan. Hal ini selaras dengan semangat konservasi yang menjaga dan memperjuangkan kelestarian lingkungan. Berikut beberapa top entitas dalam topik seputar Pandawara.

Gambar 9. Media yang meliput topik Pandawara
Gambar 10. Entitas yang menyertai kata kunci Pandawara dalam artikel

Pada kategori Top Portal tampak Kompas dan Pikiran Rakyat menjadi portal yang paling banyak menerbitkan artikel terkait Pandawara Group pada periode ini. Sebagai organisasi yang dibahas dalam topik ini, nama Pandawara Group menempati urutan teratas kategori Top Organizations. Selain Pandawara, tampak berbagai organisasi terkait yang turut menjadi sorotan media, yakni Unnes dan Walhi.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar...

Puluhan Petugas KPPS Tumbang, Warganet Tepis Tudingan Kecurangan

Pra pemilu, publik sempat terhibur atas lelucon petugas KPPS yang ‘naik kelas’ dari honorer...

Pembahasan Pasca Pemilu di Media Sosial dan Pemberitaan, Isu Kecurangan Jadi Perhatian

Momentum pesta demokrasi yang ditunggu-tunggu alias pemilihan umum (Pemilu) 2024 telah dilaksanakan pada 14...
%d bloggers like this: