HomeCurrent ReportAntusiasme Media Terbitkan Hasil Survei Capres Jelang 2024: Ganjar Paling Banyak Disebut

Antusiasme Media Terbitkan Hasil Survei Capres Jelang 2024: Ganjar Paling Banyak Disebut

Published on

Jelang tahun politik 2024, media pemberitaan kian gencar menerbitkan artikel terkait survei capres yang berasal dari berbagai lembaga survei. Sejauh ini terdapat 3 nama capres yang digadang-gadang akan berkontestasi pada Pilpres 2024 mendatang, yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto.

Ketiganya pun masuk dalam jajaran tokoh politik populer di media pemberitaan. Untuk mengetahui seperti apa antusiasme media membahas topik seputar survei capres 2024, Netray memantau topik ini sejak 24 Maret sampai dengan 24 Mei 2023. Berikut hasil temuan Netray.

survei capres
Gambar 1. Statistik report

Dengan menggunakan kata kunci survei && capres, Netray menemukan sebanyak 4.975 artikel terkait survei capres yang berasal dari 312 total media. Seluruh artikel tersebut setidaknya melibatkan lebih dari 19,8 ribu total entitas. Adapun kategori yang mendominasi pemberitaan sebanyak hampir 99 persen berkategori politik.

Meningkatnya intensitas pemberitaan terkait survei ini tentu dipengaruhi oleh tahun politik yang semakin mendekat sehingga deklarasi serta dukungan kepada beberapa capres kian riuh. Sebagaimana tampak pada Gambar 2 di bawah, selama periode pantauan Netray tampak intensitas pemberitaan cenderung meningkat sejak akhir April 2023 hingga akhir masa periode pemantauan dengan sentimen tren yang cenderung positif.

Gambar 2. Intensitas pemberitaan dan sentimen tren

Kemudian melalui Word Cloud (Gambar 3) dapat ditemukan berbagai nama tokoh politik yang kerap muncul di artikel ketika membahas survei capres selama periode pemantauan. Sejumlah nama tokoh politik seperti Ganjar, Prabowo, Anies, Erick, Airlangga, Jokowi, hingga Sandiaga muncul atau lebih banyak disebut ketimbang tokoh lain.

Gambar 3. Kosakata yang paling banyak disebut dalam artikel survei capres

Berdasakan penyebutan, Ganjar memiliki proporsi terbanyak dibanding dengan Prabowo dan Anies. Ganjar setidaknya disebut dalam 30.319 artikel, kemudian Prabowo 27.058 artikel, dan Anies disebut dalam 16.454 artikel. Ketiganya memang kerap muncul dalam top survey capres 2024 yang diterbitkan oleh sejumlah lembaga seperti dalam artikel berikut.

Gambar 4. Artikel survei capres akhir Maret 2023

Sebagaimana tampak pada awal periode pantauan Netray, tepatnya pada akhir Maret 2023 hasil Survei Indikator menunjukkan bahwa Ganjar berada pada urutan pertama, atau unggul dari Prabowo dan Anies Baswedan. Meski demikian, pada akhir periode pemantauan Netray, tampak terjadi gelagat kenaikan elektabilitas Prabowo berdasarkan hasil rilis Survei Litbang Kompas.

Gambar 5. Artikel pemberitaan survei capres

Sebagaimana dimuat oleh Kompas dan Kumparan pada 24 Mei 2023, terlihat hasil survei tersebut menunjukkan kenaikan elektabilitas Prabowo yang kini mengalahkan Ganjar Pranowo. Hasil survei Litbang Kompas tersebut diambil pada 29 April-10 Mei 2023 yang menunjukkan bahwa elektabilitas Prabowo Subianto sebagai capres sebesar 24,5 persen. Sementara elektabilitas Ganjar sebesar 22,8 persen, dengan margin of error survei kurang lebih di angka 2,83 persen.

Ini merupakan kali pertama Prabowo berada di posisi puncak elektabilitas capres versi Litbang Kompas sejak Oktober 2022. Pada survei bulan Oktober 2022 dan Januari 2023, elektabilitas Prabowo selalu berada di bawah Ganjar. Hasil survei Litbang Kompas ini pun kemudian turut meramaikan media pemberitaan online dengan terbitan artikel serupa.

Pada word cloud dapat ditemui beberapa nama tokoh politik lain yang turut mencuat pada topik survei capres di media, seperti Erick Thohir dan Sandiaga Uno. Nama-nama tersebut muncul dalam topik bursa cawapres yang dirilis oleh berbagai media seperti halnya pada artikel berikut.

Gambar 6. Kemunculan nama Erick Thohir dan Sandiaga Uno dalam topik survei capres

Jika pada Pilpres sebelumnya Sandiaga Uno muncul sebagai cawapres mendampingi Prabowo, kini namanya kembali masuk dalam bursa survei Cawapres untuk Pilpres mendatang. Namun, kini nama Sandiaga justru bersaing dengan sosok Erick Thohir yang dinilai memiliki elektabilitas yang lebih tinggi dibanding dengan Sandiaga Uno.

Dikutip berdasarkan temuan Poltracking periode Februari hingga April 2023, nama Erick berkontribusi menaikkan elektabilitas Ganjar dan Prabowo. Elektabilitas Erick sebagai cawapres dalam tiga bulan terakhir tercatat stabil. Pada Februari, elektabilitas Erick sebesar 16,5 persen kemudian naik menjadi 16,7 persen pada Maret dan naik menjadi 17,1 persen pada April.

Pada kategori Top People terlihat nama Ganjar menempati urutan teratas dan menjadi media darling dalam topik survei capres selama periode pantauan Netray. Kemudian diikuti oleh Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Selain itu, tampak nama Jokowi yang turut disebut dalam berbagai artikel pada topik ini dan nama Erick Thohir yang digadang-gadang sebagai cawapres potensial dengan elektabilitas tertinggi.

Gambar 7. Top Entities

Kemudian, pada kategori Top Organizations tampak PDIP dan Gerindra berada pada urutan pertama dan kedua. Hal ini sejalan dengan popularitas Ganjar yang berasal dari PDIP yang juga menempati urutan pertama pada kategori Top People dan Prabowo dengan Gerindra yang berada pada urutan kedua.

Selain nama-nama partai dalam kategori Top Organization, Netray juga menemukan beberapa lembaga survei yang menjadi rujukan media berita online dalam menerbitkan artikel seputar survei capres seperti yang tampak pada Gambar 8 berikut.

Gambar 8. Organisasi partai /lembaga yang paling banyak disebut

Lembaga Survei Indonesia (LSI) menjadi salah satu lembaga yang hasil surveinya kerap dimuat oleh media, diikuti oleh Indikator Politik Indonesia dan SMRC. Ketiga lembaga survei tersebut menjadi lembaga survei terkait capres terpopuler selama periode pantauan Netray.

Kemudian pada kategori Top Portal, Netray menemukan bahwa Tribun News menjadi media berita online yang paling banyak menerbitkan artikel dengan 364 artikel. Pada urutan kedua tampak Sindonews dengan 255 artikel dan Kompas sebanyak 244 artikel.

Gambar 9. Media yang paling banyak menerbitkan artikel survei capres

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Kontroversi Film Kiblat, Kenapa Rumah Produksi Gemar Bikin Film Horor Religi?

Film Kiblat yang baru rilis trailer pada Kamis, 21 Maret 2024 lalu sudah menuai...

Polemik Jersei Timnas dalam Pantauan Perbincangan Media Sosial X

Seragam (jersei) resmi tim nasional Indonesia terbaru untuk 2024 telah dirilis oleh PSSI. Seperti...

Protes Warganet atas Aturan Pajak PPh 21, Tak Sepadan dengan Layanan dan Soroti Perilaku Oknum

Penyaluran THR pada lebaran 2024 ini diwarnai dengan cerita yang berbeda. Pasalnya warganet menemukan...
%d bloggers like this: