Jelang lebaran jumlah pesanan belanja online pun mengalami peningkatan. Membludaknya jumlah orderan membuat jasa pengiriman pun kewalahan. Akibatnya keterlambatan pun tidak dapat terhindarkan. Meski sejumlah warganet mengungkapkan keluhannya, namun tak sedikit simpati yang diungkapkan kepada para kurir yang bekerja larut untuk antar paket.
Di lini jejaring sosial Twitter baik kurir dan pelanggan pun sama-sama mengeluhkan keadaan. Netray mengamati perbincangan ini dengan menggunakan beberapa kata kunci, seperti kurir && paket, paket && lebaran dan paket && overload. Kata kunci tersebut diamati sejak 11 April sampai dengan 17 April 2023.
Terjadinya penumpukan barang di gudang pengiriman berbagai ekspedisi tak jarang hingga sebabkan kerusakan. Hal ini kemudian menjadi resiko akibat membludaknya pesanan jelang Lebaran. Bahkan pelanggan pun harus bersabar ketika estimasi waktu paket pengiriman mengalami keterlambatan yang melesat jauh dari estimasi seharusnya.
Tidak sedikit dari warganet yang mengalami kejadian serupa hingga topik ini menjadi perbincangan di jagat maya. Berdasarkan hasil pengamatan Netray jumlah twit terkait topik ini mencapai 8.838 twit dengan 5.377 di antaranya bersentimen negatif. Adapun jumlah impresi terkait topik ini mencapai 246,6 ribu dengan berpotensi menjangkau 99 juta akun pengguna Twitter.
Sebagaimana tampak melalui grafik intensitas perbincangan terkait topik ini pun muncul dan mengalami peningkatan setiap harinya. Meski diikuti dengan sentimen negatif yang turut memuncak signifikan hingga 17 April 2023. Meningkatnya sentimen negatif tersebut tentu dipengaruhi oleh keluhan warganet sebagai pelanggan yang harus mengalami keterlambatan pengiriman.
Berbagai kosakata populer yang kerap muncul dalam perbincangan warganet pun dapat diamati melalui Gambar 4, seperti overload, lama, membludak, ekspedisi, kasian, sabar, kesehatan, dan berbagai kosakata lainnya. Berbagai kosakata tersebut menjadi kata yang kerap digunakan warganet dalam membahas topik seputar paket jelang lebaran.
Dari Keluhan Hingga Simpati Warganet Untuk Para Kurir Ekspedisi
Jelang lebaran paket yang membludak kerap terjadi di setiap tahunnya. Membludaknya pengiriman menyebabkan keterlambatan membuat warganet dilema akan menanti paket mereka dan memberi pengertian kepada para kurir ekspedisi yang bekerja ekstra. Sebagaimana dapat diamati melalui beberapa cuitan warganet.
Tampak warganet yang bertanya terkait kurir yang seharusnya tidak merasa rugi saat banyak paket yang harus dikirim sehingga kurir akan mendapatkan penghasilan. Tampak juga warganet yang menantikan paket mereka yang tidak kunjung datang dan mengkhawatirkan kondisi yang terlalu lama menumpuk di jasa pengiriman.
Banyaknya keluhan yang dilayangkan oleh pelanggan membuat warganet saling mengingatkan untuk bersabar. Paket pengiriman yang membludak telah menjadi tradisi jelang lebaran, warganet pun mengingatkan untuk tidak memberi rating buruk kepada kurir. Pasalnya para kurir tersebut pun harus mengejar target untuk menyelesaikan seluruh pengiriman bahkan hingga di malam hari.
Meski sebagian warganet mengeluhkan paket yang tak kunjung datang, sebagian lainnya justru mencuitkan simpati kepada para kurir yang telah berjuang mengantarkan paket para pelanggan. Tidak sedikit dari warganet yang merasa simpati dengan perjuangan para kurir untuk mengantarkan paket tepat pada waktunya meski harus berkendara seharian hingga beresiko bagi kesehatan.
Berdasarkan hasil pantauan Netray akun @tanyakanrl dan @convomfs menjadi akun dengan impresi tertinggi pada topik ini. Kemudian pada kategori top people akun @jntexpressid menjadi akun yang paling banyak mention oleh warganet. Akun milik salah satu jasa ekspedisi tersebut menjadi salah satu akun yang paling populer dalam perbincangan warganet terkait topik ini.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Editor: Irwan Syambudi