BerandaDeep ReportMenilik Eksistensi YouTuber Resep Makanan dan Pengaruhnya di Dunia Kuliner

Menilik Eksistensi YouTuber Resep Makanan dan Pengaruhnya di Dunia Kuliner

Published on

Konten kuliner di YouTube memang masih didominasi oleh review makanan atau yang kerap disebut food vloggers. Meski demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa YouTuber yang membagikan konten memasak semakin banyak dilirik, mengingat banyaknya waktu luang selama pandemi yang memungkinkan masyarakat untuk mencari kegiatan di rumah.

Di dunia kuliner, YouTuber ini ternyata mampu mempengaruhi minat memasak masyarakat apabila dilihat dari seberapa besar resep masakan yang mereka unggah, dimasak dan dibagikan ulang di Cookpad. Jadi tidak hanya membuat orang tertarik untuk mencicipi makanan seperti peran para food vlogger pada umumnya, tetapi juga mampu melatih skill memasak masyarakat Indonesia.

Berbekal kata kunci “youtuber resep masakan” serta “resep masakan” yang diketikkan di kolom pencarian Google dan YouTube, Netray mengantongi 10 nama channel yang membagikan konten resep dan teknik memasak. Dari 10 nama tersebut, Netray mengambil 5 teratas yang dinilai paling berpengaruh di masyarakat untuk dianalisis. Kriteria penilaian diurutkan berdasarkan total subscriber, viewer, dan unggahan video.

Mempertimbangkan beberapa hal di atas, maka nama Devina Hermawan, Arnold Purnomo, Wilgoz Kitchen, Farah Queen, dan Yuda Bustara dapat dikatakan sebagai YouTuber resep masakan yang paling populer saat ini.

Di samping mereka sering update konten di platform YouTube, mereka setidaknya pernah muncul di televisi, baik mengisi program acara memasak, menjadi juri memasak, ataupun sebagai peserta ajang memasak di salah satu stasiun televisi swasta Indonesia.

Menilik Eksistensi 5 YouTuber Resep Masakan di Indonesia Saat Ini

Media monitoring Netray melakukan pemantauan di masing-masing kanal YouTube selama satu bulan terhitung sejak 20 Februari sampai dengan 22 Maret 2022. Hasilnya, sepanjang pemantauan akun Devina Hermawan menjadi yang paling bagus performanya ketimbang 4 nama yang lain.

  1. Devina Hermawan

Devina merupakan salah satu finalis MasterChef Indonesia season ke-5. Sejak 28 Februari 2019, ia mulai aktif membagikan video resep dan tutorial memasak dalam kanal YouTube pribadinya, Devina Hermawan.

Gambar 1. Dashboard Devina Hermawan

Meski baru 3 tahun, kanal YouTube Devina telah memiliki subscribe sebanyak 2,2 juta. Total terdapat 415 video dengan ciri khas kontennya berupa “tips dan trik resep anti gagal”.

Sebulan pemantauan, ada 8 konten resep yang diunggah. Raihan impresi tertinggi terdapat pada unggahan resep “Mie Setan Gacoan Ala Devina” dengan total penyuka sebanyak 15,6 ribu dan 486 komentar.

Gambar 2. Konten Video Devina (20 Feb-22 Maret 2022)

Berdasarkan analisis sentimen, komentar positif lebih dominan dengan kecenderungan ekspresi antusias ingin segera mencoba memasaknya. Kalimat seperti “wajib recook”, “harus recook resepnya ci devina” hingga “beberapa kali recook resepnya tidak pernah gagal” kerap ditemui di kolom komentar.

2. Arnold Poernomo

Arnold Poernomo merupakan salah satu juri dalam ajang memasak MasterChef Indonesia. Sejak bergabung pada 14 Maret 2013, ia kini telah memiliki 2,7 juta subscriber dengan total 189 video.

Gambar 3. Dashboard Arnold Poernomo

Dalam sebulan pemantauan, kanal YouTube chef Arnold hanya memuat 4 video. Jumlah yang sangat berbeda dibanding dengan kanal YouTube milik Devina yang cukup konsisten mengunggah video.

Video yang paling banyak dilihat dalam sebulan yakni video resep “Tahu Walik”. Resep ini diunggah pada 24 Februari dan telah ditonton masyarakat sebanyak 64,6 ribu kali serta disukai sebanyak 1,8 ribu.

Gambar 4. Konten Video Arnold (20 Feb-22 Maret 2022)

Akan tetapi postingan video populer resep tahu walik ini tidak memantik banyak komentar masyarakat. Justru video “Resep Mudah Pembawa Cuan” yang banyak menuai impresi masyarakat. Hal ini terlihat dari peak time komentar yang menempati puncak di tanggal 17 Maret.

3. William Gozali

William Gozali atau lebih sering dikenal sebagai Willgoz juga merupakan juara MasterChef Indonesia season 3. Wilgoz rutin membagikan resep masakannya dalam kanal YouTube pribadinya bernama Willgoz Kitchen.

Gambar 5. Dashboard Willgoz Kitchen

Bergabung di YouTube sejak 13 Oktober 2011 kini kanal Willgoz Kitchen meraup subscribe sebesar 1,6 juta. Sama seperti Devina, Willgoz juga cukup konsisten dalam mengunggah kontennya. Selama sebulan pemantauan, total ada 9 video yang diunggah di kanal ini.

Gambar 6. Konten Video Willgoz (20 Feb-22 Maret 2022)

Resep Kreasi Indomie menjadi video populer dengan jumlah view mencapai 139,6 ribu dengan total like 5,2 ribu. Akan tetapi video yang paling banyak mendapat komentar adalah video kolaborasinya bersama Raisa dan video Resep Mie Yamin Pedas Manis Khas Bandung.

4. Farah Quinn

Farah Farhanah atau Farah Quinn dikenal dengan keahliannya dalam membuat hidangan penutup. Salah satu acara memasak yang membesarkan namanya adalah “Ala Chef” di tahun 2008.

Gambar 7. Dashboard Farah Quinn

Bergabung di YouTube sejak 17 Juni 2016, kini channel Farah Quinn telah memiliki subscriber sebanyak 769 ribu. Meski namanya populer di masyarakat, ia tidak begitu aktif membuat konten di YouTube. Sebulan pemantauan dalam channel Farah, hanya terdapat 1 video. Jumlah yang minim dibandingkan dengan para YouTuber resep masakan lainnya.

Gambar 8. Konten Video Farah (20 Feb-22 Maret 2022)

5. Yuda Bustara

Yuda Bustara merupakan finalis ajang Asian Food Channel Next Celebrity Chef. Ia mulai dikenal masyarakat secara luas setelah menjadi pembawa acara Iron Chef Indonesia dan aktif memasak dalam acara Asian Food Channel.

Gambar 9. Dashboard Yuda Bustara

Sejak bergabung di YouTube pada 28 Mei 2015 kini ia memiliki 561 subscriber dengan total 123 video unggahan yang mendapat 36 juta views. Sebulan terakhir, hanya ada 2 video yang diunggah, yaitu Resep Crab Rangoon dan Resep Mie Instan Penuh Nutrisi

Gambar 10. Konten Video Yuda (20 Feb-22 Maret 2022)

Pengaruh YouTuber Resep Makanan Bagi Masyarakat di Dunia Kuliner

Netray memasukkan kata kunci “ala devina hermawan”, “ala arnold”, “ala willgoz”, “ala farah queen”, dan “ala yuda bustara” di situs Cookpad untuk melihat bagaimana pengaruh mereka di masyarakat. Pengambilan data pada 24 Maret 2022. Jadi, resep masakan dengan kata kunci di atas yang masih aktif hingga tanggal tersebut masuk dalam analisis Netray.

Hasilnya, resep masakan yang bersumber dari ide Farah Quinn paling banyak ditemukan, kemudian disusul Devina Hermawan, dan William Gozali. Dalam hal ini, konten masakan ketiga YouTuber tersebut lebih populer ketimbang Arnold Poernomo ataupun Yuda Bustara.

Sosok para YouTuber yang memiliki latar belakang di dunia jurutama profesional tentu tidak hanya jago memasak tetapi juga memiliki pengetahuan terkait teknik-teknik memasak yang baik daripada mereka yang tidak memiliki latar belakang serupa. Barangkali inilah yang menjadikan masyarakat begitu antusias menyimak dan mempraktekkan resep mereka.

Antusiasme masyarakat selain dapat dilihat dari muatan sentimen positif di kolom komentar YouTube mereka, juga dapat dilihat dari seberapa besar reaksi yang diberikan di laman Cookpad. Dari pantauan Netray antusiasme masyarakat paling tinggi jatuh pada resep-resep ala William Gozali.

Jika merunut sejumlah kriteria penilaian yang telah dipaparkan, William Gozali dan Devina Hermawan yang paling seimbang dalam hal keaktifan di channel YouTube serta kepopuleran atau pengaruh di komunitas memasak Cookpad. Namun, hal ini tidak menutup kepopuleran Farah Quinn yang lebih dulu menekuni bidang ini. Faktanya, resep Farah Quinn masih mendominasi di Cookpad meskipun ia tidak begitu aktif mengelola YouTube miliknya.

Kehadiran mereka setidaknya mampu membuat orang tidak hanya tertarik untuk mencoba makanan, tetapi juga mempengaruhi tren memasak di Cookpad. Sehingga secara tidak langsung, kini mereka turut berpengaruh dalam mengasah skill memasak masyarakat.

Diedit oleh Winda Trilatifah

More like this

Jibaku Lulusan SMK Berebut Kerja dengan Diploma hingga Sarjana

Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki persentase menganggur paling tinggi dibanding dengan jenjang pendidikan...

Jurang Kesenjangan Partisipasi Angkatan Kerja Perempuan & Laki-laki

Setelah situasi pademi COVID-19 membaik, roda ekonomi kembali melaju. Penyerapan tenaga kerja juga mulai...
%d blogger menyukai ini: