BerandaInfografikMengenal Istilah Overshare yang Kerap Digunakan Warganet

Mengenal Istilah Overshare yang Kerap Digunakan Warganet

Published on

Overshare menjadi istilah yang belakangan marak digunakan oleh kaum muda pengguna media sosial. Overshare dapat diartikan sebagai tindakan yang terlalu banyak membagikan kehidupan pribadi di media sosial. Tahukah kamu bahwa overshare juga bukan merupakan hal yang baik sebab hal ini bisa menjadi salah satu tanda bahwa kamu tengah kecanduan bermedia sosial. Netray memantau opini warganet terkait topik ini, seperti apakah opini warganet terkait topik ini? Simak selengkapnya infografik Netray berikut.

Statistik Perbincangan Topik Overshare di Twitter

Berdasarkan hasil pantauan Netray terlihat setidaknya terdapat 241 tweets yang membicarakan topik seputar overshare dengan didominasi oleh tweets bersentimen negatif. Adapun jumlah impresi mencapai 1.449 ribu dengan potensi jangkauan sebesar 849.9 ribu.

Bila diamati melalui Top Words di atas terlihat beberapa kosakata terkait topik ini, seperti curhat, takut, nyesel, malu, dan beberapa kosakata lainnya. Kosakata tersebut memiliki intensitas yang cukup tinggi dalam perbincangan warganet terkait overshare.

Istilah yang belum lama digunakan ini mengacu pada tindakan saat seseorang merasa telah membagikan kehidupan pribadinya secara berlebihan di laman sosial media miliknya. Hal ini kerap terjadi saat seseorang secara tidak sadar telah mengalami kecanduan dalam bermedia sosial. Biasanya setelah pelaku sadar kemudian mereka akan menyesal karena merasa telah berlebihan dalam membagikan sesuatu di internet.

Melalui beberapa tweets di atas terlihat sebagian warganet yang merasa menyesal karena merasa telah berlebihan dalam membagikan sesuatu terkait kehidupan pribadinya. Biasanya hal ini terjadi saat curhat atau membagikan kegiatan kesehariannya.  Hal ini tentu dapat berdampak buruk, bukan hanya bagi pelaku namun juga lingkungan sekitar. Selain itu, overshare bahkan dapat memicu tindakan kriminal yang membahayakan. Meski demikian tidak semua warganet setuju akan beberapa opini di atas. Menurut mereka overshare tak selalu menjadi hal yang buruk.

Menurut sebagian warganet overshare tak melulu hal yang buruk. Mereka menilai overshare justru dapat melegakan bagi para pelaku karena telah membagikan kisah mereka dengan detail. Bahkan terdapat warganet yang beranggapan bahwa overshare merupakan hal yang baik dan mengingatkan warganet lainnya untuk tidak mudah terpengaruh oleh istilah overshare yang justru membuat orang lain takut untuk bercerita.

Penggunaan media sosial memang dapat menimbulkan berbagai polemik. Tanpa sadar kita justru seringkali membagikan hal-hal yang bersifat pribadi melalui akun media sosial milik kita. Hal ini tentu dapat menjadi berbahaya karena tidak semua orang di media sosial itu kita kenali, bahkan sebagian besar merupakan orang asing. Overshare memang dapat berdampak buruk karena apapun yang berlebihan memang bukanlah hal yang baik. Untuk itu kita seharusnya lebih bijaksana dalam bermedia sosial sebelum hal tersebut justru menjadi bumerang untuk diri kita sendiri. Simak infografik dan hasil analisis lainnya di blog Netray.

More like this

Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 16-22 September 2022

Berdasarkan pantauan Netray nama AHY, Anies Baswedan, dan Erick Thohir menjadi 3 besar tokoh...

Anomali Lonjakan Angka Kematian Ibu Saat Pelayanan Kesehatan Membaik

Pandemi Covid-19 menciptakan anomali angka kematian ibu yang melonjak pada 2021. Padahal persentase pelayanan...

Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 9-15 September 2022

Berdasarkan pantauan Netray nama Anies, Erick, dan AHY menjadi 3 besar tokoh politik yang...
%d blogger menyukai ini: