BerandaCurrent ReportMelihat Popularitas Fazzio Motor Matic Yamaha Terbaru, Pesaing Scoopy?

Melihat Popularitas Fazzio Motor Matic Yamaha Terbaru, Pesaing Scoopy?

Published on

Fazzio merupakan motor matic keluaran terbaru milik Yamaha yang kini berhasil menarik perhatian warganet. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi meluncurkan skutik retro terbaru, Yamaha Fazzio pada Januari 2022 lalu. Kini, motor dengan desain khas retro ini pun semakin populer setelah ramainya para pengguna berseliweran di jalanan dan menarik perhatian bagi pengguna jalan lainnya.

Bahkan Fazzio juga digadang-gadang muncul sebagai kompetitor dari Scoopy yang diketahui telah lebih dulu hadir dan ramai di pasaran. Namun apakah Fazzio mampu mendapat impresi positif dari warganet? Untuk mengetahui lebih jauh, Netray mencoba untuk mengamati popularitas Fazzio di kalangan warganet. Seperti apakah impresi warganet terkait skutik retro ini?

Untuk dapat mengamati perbincangan warganet tersebut Netray menggunakan kata kunci fazzio dan fazzio && yamaha dengan rentang waktu 21 Oktober 2022 sampai dengan 27 Oktober 2022. Jumlah perbincangan warganet terkait Fazzio sebanyak 1,2 ribu cuitan dengan didominasi oleh cuitan bersentimen negatif. Adapun jumlah impresi pada topik ini mencapai 6.690 dan berpotensi menjangkau 9,6 juta pengguna akun Twitter.

Gambar 1. Infografik perbincangan warganet

Sementara pada Gambar 2 tampak intensitas perbincangan warganet terkait Fazzio yang naik signifikan pada 22 Oktober 2022. Namun perbincangan tersebut justru didominasi oleh impresi negatif dari warganet. Sebagaimana tampak pada grafik yang menunjukkan garis berwarna merah mencuat melampaui garis sentimen positif pada saat yang bersamaan. Meningkatnya perbincangan warganet pada tanggal tersebut pun dipengaruhi oleh akun @sbyfess yang mencuitkan pertanyaan kepada warganet untuk memilih Fazzio atau Scoopy.

Gambar 2. Intensitas perbincangan warganet

Cuitan oleh akun @sbyfess tersebut pun memantik berbagai opini warganet terkait brand pilihan mereka, sebagaimana tampak pada Gambar 3 cuitan ini pun mendapat berbagai respon dari warganet. Jumlah komentar pada cuitan mencapai 1,3 ribu, disukai 3,2 ribu pengguna, dan di-retweet sebanyak 97 kali. Cuitan ini pun akhirnya mampu memantik perbincangan warganet terkait Fazzio.

Gambar 3. Cuitan akun @sbyfess

Warganet yang tertarik dengan topik yang dipantik oleh akun @sbyfess pun ramai memberikan tanggapan. Melalui perbincangan tersebut tampak beberapa warganet yang kurang tertarik dengan tampilan dan desain Fazzio. Sedangkan warganet lainnya merasa inden untuk mendapatkan Fazzio terlalu lama.

Gambar 4. Reply warganet

Tak heran bila pada kategori akun populer akun milik @sbyfess menempati urutan teratas, diikuti oleh berbagai akun lainnya. Kemudian pada kategori kosakata populer tampak berbagai cuitan warganet terkait Fazzio, seperti munculnya berbagai nama brand dan produk skuter matic lainnya. Mulai dari Vario, Scoopy, Beat, Saluto dan nama dua brand besar produsen sepeda motor di Indonesia Yamaha dan Honda tampak turut muncul dalam perbincangan warganet.

Gambar 4. Akun populer
Gambar 5. Kosa kata populer

Fazzio dan Impresi Warganet

Selain membandingkan Fazzio dengan brand motor matic lainnya, warganet juga mengomentari terkait performa dan tampilan Fazzio. Hal ini juga dapat diamati melalui berbagai cuitan berikut.

Desain yang kurang menarik bagi sebagian kalangan, harga yang dinilai terlalu mahal, waktu inden yang terlalu lama, dan tingkat kenyamanan menjadi pertimbangan warganet untuk memilih Fazzio. Bahkan menurut akun @mojokdotco Fazzio memiliki tarikan yang cenderung lemot sehingga kurang cocok untuk perjalanan jauh.

Gambar 6. Cuitan warganet

Meski demikian, beberapa warganet justru tampak menyukai desain skuter matic milik Yamaha ini karena dinilai lebih mirip Vespa. Selain itu, menurut warganet Fazzio memiliki teknologi yang lebih unggul dan lebih irit bahan bakar. Kehadiran skuter matic milik Yamaha ini memang cukup menarik perhatian di jalanan.

Gambar 7. Cuitan warganet

Meski perbincangan negatif masih lebih tinggi daripada ulasan positifnya, tampilan Fazzio yang unik dengan desain konsep skuter retro mampu menarik perhatian warganet. Tarikannya yang lemot, ukurannya yang terlalu kecil, dan waktu inden yang terlalu lama menjadi pertimbangan beberapa warganet untuk memilih Fazzio.

Fazzio juga kerap disebut bersama Scoopy terutama ketika warganet bingung harus menentukan pilihan terhadap motor scutik terbarunya. Artinya, meski belum sepopuler rivalnya, Fazzio setidaknya kini tengah dilirik untuk disandingkan dengan bagai brand motor matic lain sebagai pilihan.

Demikian analisis Netray, simak artikel terkini lainnya melalui https://analysis.netray.id/

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Menyelisik Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI, Status Tersangka dan Langkah Polisi Mencari Fakta

Perkembangan kasus tabrak lari yang menewaskan seorang mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Athalla...

Sedih JD.ID Tutup, Warganet Bagikan Pengalaman Berbelanjanya

Situs belanja online JD.ID resmi mengumumkan akan berhenti beroperasi per 31 Maret 2023. Anak...

Produk Skincare dengan Retinol dalam Perbincangan Warganet

Retinol bahan aktif vitamin A belakangan menjadi salah satu kandungan skincare yang populer. Dikenal...
%d blogger menyukai ini: