HomeCurrent ReportDipecat PDI-P: Manuver Budiman Sudjatmiko Dianggap Gagal Raih Simpati

Dipecat PDI-P: Manuver Budiman Sudjatmiko Dianggap Gagal Raih Simpati

Published on

Budiman Sudjatmiko secara resmi mendeklarasikan dukungannya kepada capres Prabowo Subianto dengan membentuk relawan Prabowo-Budiman Bersatu (Prabu). Deklarasi yang dilakukan oleh Budiman pada Jumat, 18 Agustus 2023 di Semarang lalu berbuntut naas terkait nasibnya di PDI-P. Budiman akhirnya dipecat dari partai berlambang banteng tersebut.

Budiman mendapat kabar resmi pemecatan melalui surat yang dikirim PDI-P pada Kamis, 24 Agustus 2023. Surat tersebut ditandatangani oleh Ketum Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto. Mantan aktivis ini menerima pemecatan dirinya dengan lapang. Bahkan kejadian tersebut membuat dirinya banyak diincar oleh parpol lainnya.

Pemecatan ini sontak membuat gaduh publik. Tak hanya media berita, warganet Twitter pun juga santer memperbincangkan hal tersebut. Untuk melihat seberapa besar atensi media dan warganet Twitter, Netray turut memantau topik pemecatan Budiman pada dua kanal, yakni news dan Twitter. Berikut hasilnya. 

Pada periode pemantauan 17-28 Agustus 2023, Netray menemukan 827 artikel yang menggunakan kata kunci ‘budiman && pdip’. Artikel-artikel tersebut diterbitkan oleh 103 media berita daring Indonesia. CNN Indonesia menjadi portal media yang paling banyak memberitakan terkait kata kunci ini. Diketahui sebanyak 57 artikel telah diterbitkan CNN Indonesia selama periode pemantauan. 

Gambar 1. Statistik pemberitaan media
Gambar 2. Jajaran top portal media

Pemberitaan tentang topik ini mulai terlihat pada tanggal 18 Agustus 2023, tepat di hari pendeklarasian Prabu oleh Budiman Sudjatmiko. Lalu, pemberitaan memuncak di tanggal 25 Agustus 2023 sehari pasca Budiman disurati oleh Ketum Megawati. 

Gambar 3. Grafik intensitas pemberitaan media

Deklarasi Prabu Berujung Penyuratan dan Sanki Pemecatan

Kata kunci pemantauan mulai ramai diberitakan media sejak pendeklarasian relawan Prabu. Di hari tersebut terdapat 26 artikel terkait topik ini. Pemberitaan media massa daring didominasi dengan kegiatan pendeklarasian. Dilansir dari Detik, Budiman menyebut dirinya sebagai orang yang berani menempuh risiko. Mantan kader PDI-P ini juga mengaku mengagumi Prabowo sejak ia membaca buku Paradoks karya Ketum Gerindra tersebut.

Gambar 4. Berita deklarasi Prabu
Gambar 5. Isi artikel dari Detik

Budiman menyatakan bahwa keputusan tersebut dibuat bukan tanpa pertimbangan. Mantan aktivis 98 ini siap menerima sanksi apapun atas sikap dan tindakan yang ia lakukan. Hal ini memberikan sentimen positif pada sosok Budiman Sudjatmiko. Seperti yang diberitakan oleh Halo Semarang, dirinya menyatakan ‘siap’ mendapat sanksi dan menegaskan jika ia masih bagian dari PDI-P. Ditambahkannya, ia akan bertanggung jawab atas keputusan tersebut dan tidak akan berprasangka buruk pada PDI-P. 

Gambar 6. Berita Budiman siap disanksi PDI-P
Gambar 7. Isi artikel dari Halo Semarang

Isu pemecatan ini mulai mencuat sejak acara peresmian Prabu tersebut. Salah satu sosok yang memberikan sindiran atas isu ini ialah Djarot Saiful Hidayat. Ketua DPP PDI-P ini memberikan selamat kepada Budiman karena dinilai akan mendampingi Prabowo sebagai Cawapres di Pilpres 2024. Hal ini pun berdampak negatif untuk sosok Budiman. 

Tak hanya Djarot, sosok lain yang menjadi sorotan karena dinilai menyindir Budiman Sudjatmiko ialah Gibran Rakabuming. Putra sulung Presiden Jokowi ini sempat memberikan selamat kepada Budiman saat menghadiri acara Kopdarnas PSI. Kelakar Gibran yang menyebut ‘Loh, gak jadi dipecat ya mas?’ dianggap sebagai sindiran atas manuver Budiman yang mendukung Prabowo. 

Gambar 8. Berita tentang Djarot sindir Budiman
Gambar 9. Berita tentang Gibran sindir Budiman

Bukan hanya mendulang berita negatif, artikel bersentimen positif pun hadir untuk Budiman. Tersiar dari beberapa media, peluang Budiman untuk masuk ke parpol lain terbuka lebar. Seperti halnya diberitakan oleh kedua media di bawah ini yang menyebut jika Partai Gerindra dan PKB siap menerima Budiman untuk bergabung ke partai tersebut.

Gambar 10. Berita tentang parpol lain bukakan pintu
Gambar 11. Berita tentang parpol lain bukakan pintu

Warganet Twitter Sebut Budiman Sudjatmiko Playing Victim

Isu pemecatan Budiman Sudjatmiko tak hanya santer diberitakan oleh media, melainkan juga ramai diperbincangkan warganet Twitter. Dengan kata kunci dan periode pemantauan yang sama dengan kanal news, Netray menemukan 11,9 ribu twit dengan total impresi mencapai 4,6 juta reaksi. Isu ini telah mencuri perhatian setidaknya 3,9 ribu akun dengan potential reach yang mencapai 121,2 juta akun.

budiman sudjatmiko
Gambar 12. Statistik perbincanga warganet Twitter

Sama halnya dengan media news, perbincangan warganet sudah terlihat sejak 18 Agustus 2023 dan memuncak di tanggal 25 Agustus 2023. Satu hari pasca pemecatan tersebut, warganet memperbincangkan kata kunci pemantauan melalui 3,8 ribu twit dalam sehari. Sebanyak 57% perbincangan bahkan didominasi dengan twit bersentimen negatif. 

Gambar 13. Grafik intensitas perbincangan warganet Twitter

Akun yang paling banyak mendapat impresi atas topik ini ialah akun dari portal media CNN Indonesia. Akun ini mendapat impresi sebanyak 7,3 ribu reaksi selama periode pemantauan. Lalu, di urutan kedua terdapat akun bernama @Miduk17 dengan total impresi yang diperoleh sebanyak 4,5 ribu reaksi. Twit terpopuler dari kedua akun ini sama-sama membagikan informasi tentang pemecatan Budiman yang secara resmi ditandatangani oleh Megawati. 

Gambar 14. Jajaran top akun Twitter berdasarkan popularitas
Gambar 15. Twit pemecatan Budiman
Gambar 16 Twit pemecatan Budiman

Apabila dilihat dari data statistik di atas (Gambar 12.) perbincangan warganet didominasi dengan twit bersentimen negatif. Sebanyak 64% perbincangan terdeteksi sebagai twit bersentimen negatif kepada sosok Budiman Sudjatmiko. Salah satu twit yang dengan sentimen negatif dan berimpresi tinggi ialah twit dari akun @KakekHalal. Twit yang diunggah pada 25 Agustus ini menyebut jika Budiman gagal mendapatkan simpati publik akibat isu pemecatan ini. Tak hanya itu, Budiman juga dinilai gagal membawa Gibran untuk turut mendukung Prabowo bersama PSI. 

Gambar 17. Twit sindiran untuk Budiman

Bukan hanya dinilai gagal ‘mem-Prabowo-kan’ Gibran, sentimen negatif juga datang lantaran Budiman dianggap ‘playing victim’ atas pemecatan tersebut. Seperti yang diunggah oleh kedua akun di bawah ini (Gambar 18 dan 19). Kedua akun ini sama-sama menyebut jika Budiman ‘playing victim’. Bahkan mantan aktivis 1998 tersebut juga diisukan pernah meminta jabatan sebagai menteri jika Ganjar Pranowo menang dalam Pilpres 2024. 

Gambar 18. Twit tentang Budiman yang disebut playing victim
Gambar 19. Twit tentang Budiman yang disebut playing victim

Namun, banjir sindiran dan kritikan tersebut tak menyurutkan dukungan beberapa warganet kepada Budiman Sudjatmiko. Bahkan media pun juga menyiarkan jika didepaknya Budiman dari PDI-P membukakan pintu parpol lain untuk menerima mantan kader partai yang diketuai oleh Megawati ini.

Gambar 20. Twit dukungan untuk Budiman
Gambar 21. Twit dukungan untuk Budiman

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id

Editor: Ananditya Paradhi

More like this

Kontroversi Film Kiblat, Kenapa Rumah Produksi Gemar Bikin Film Horor Religi?

Film Kiblat yang baru rilis trailer pada Kamis, 21 Maret 2024 lalu sudah menuai...

Polemik Jersei Timnas dalam Pantauan Perbincangan Media Sosial X

Seragam (jersei) resmi tim nasional Indonesia terbaru untuk 2024 telah dirilis oleh PSSI. Seperti...

Protes Warganet atas Aturan Pajak PPh 21, Tak Sepadan dengan Layanan dan Soroti Perilaku Oknum

Penyaluran THR pada lebaran 2024 ini diwarnai dengan cerita yang berbeda. Pasalnya warganet menemukan...
%d bloggers like this: