BerandaGaya HidupLayanan Paylater yang Paling Banyak Dipakai & Jadi Perbincangan Warganet

Layanan Paylater yang Paling Banyak Dipakai & Jadi Perbincangan Warganet

Published on

Layanan digital kini semakin berkembang pesat, mulai dari dompet digital, fintech peer to peer, hingga layanan paylater. Masyarakat semakin mudah mengakses berbagai layanan finansial digital, termasuk paylater atau layanan bayar nanti yang kini dapat diakses melalui berbagai aplikasi. Lalu aplikasi apa sajakah yang paling sering digunakan oleh masyarakat? dan seperti apa impresi warganet terkait aplikasi tersebut?

Dilansir melalui laman dailysocial.id melakukan suevei DailySocial Fintech Report 2021 yang melibatkan 1.500 responden. Berdasarkan survei tersebut produk e-money atau dompet digital menjadi produk teknologi keuangan yang paling banyak dipakai di Indonesia, yaitu dipakai oleh 53,7% responden.

Melalui hasil survei yang dilakukan oleh dailysocial.id Shopee Paylater menjadi layanan paylater yang paling banyak digunakan selama tahun 2021. Bahkan persentasenya mencapai 78,4%, diikuti oleh Gopay Later dengan persentase sebesar 33,8%. Serta diurutan ketiga ditempati oleh Kredivo dengan persentase sebesar 23,3%.

Selain tiga layanan tersebut, di urutan keempat terdapat layanan paylater milik Akulaku dengan persentase sebesar 20,4% dan Traveloka Paylater sebesar 8,6%.

Tak hanya mengamati berdasarkan hasil survei tersebut Netray juga mengamati impresi warganet terkait topik ini. Netray memantau perbincangan warganet terkait lima aplikasi layanan paylater yang paling banyak digunakan oleh masyarakat selama tahun 2021.

Aplikasi Layanan Paylater Paling Banyak Diperbincangkan Warganet

Netray mengamati perbincangan warganet sejak 20 Desember 2021 sampai dengan 18 Januari 2022. Netray menggunakan lima aplikasi paylater yang paling banyak digunakan berdasarkan survei dailysocial.id sebagai kata kunci. Kelima aplikasi tersebut yaitu, Shopee paylater, Gopay Later, Kredivo, Akulaku, dan Traveloka Paylater.

Melalui kelima kata kunci tersebut Netray justru menemukan Kredivo sebagai aplikasi layanan paylater yang paling banyak diperbincangkan oleh warganet.

Berdasarkan pantauan Netray layanan Kredivo justru menempati urutan teratas layanan paylater yang paling diperbincangkan oleh warganet, diikuti oleh Akulaku, Traveloka Paylater, Shopee Paylater, dan Gopay Later. Seperti apakah perbincangan warganet terkait topik ini?

  1. Kredivo

Kredivo adalah aplikasi kredit digital yang memberikan kemudahan untuk beli sekarang dan bayar nanti. Dengan menggunakan layanan ini Kredivo menawarkan proses pengajuan cepat, bahkan hanya 1 menit sampai 24 jam, bisa cicil tanpa uang muka. Bahkan bunga 0% untuk periode 30 hari pembayaran. Berikut impresi warganet terkait layanan paylater Kredivo.

paylater
Gambar 1. Impresi warganet terkait Kredivo

Melalui beberapa tweets di atas warganet tampak terkesan dengan layanan Kredivo yang dinilai memudahkan warganet dalam proses pembayaran. Selain itu, warganet juga menilai lebih hemat saat menggunakan paylater Kredivo dan bunga yang lebih rendah dibanding dengan aplikasi layanan paylater lainnya.

2. Akulaku

Kini tanpa menggunakan kartu kredit layanan paylater juga ditawarkan oleh penyedia jasa Akulaku. Akulaku menyediakan layanan yang bernama Akucicil. Akucicil dapat memenuhi kebutuhan belanja pengguna dalam banyak kondisi, pengguna dapat dengan mudah berbelanja tanpa kartu kredit.

Gambar 2. Impresi warganet terkait Akulaku

Tenor yang panjang dan jumlah kredit yang tinggi membuat Akulaku cukup menarik. Selain itu, melalui tweets di atas warganet juga tampak mengandalkan Akulaku dan merasa aman melakukan transaksi dengan menggunakan layanan paylater melalui layanan Akulaku.

3. Traveloka Paylater

Traveloka PayLater merupakan fasilitas keuangan untuk pembayaran online. Fasilitas ini memungkinkan untuk membayar pembelian barang atau jasa dengan menggunakan cicilan online tanpa kartu kredit. Artinya, kita bisa berbelanja online di aplikasi Traveloka tanpa harus melakukan pembayaran saat itu juga.

Gambar 3. Impresi warganet terkait Traveloka Paylater

Aplikasi paylater satu ini cocok bagi kalian yang menyukai aktivitas jalan-jalan. Dengan menggunakan layanan paylater dari Traveloka kita dapat memesan tiket dan membayarnya nanti. Selain itu, saat ini Traveloka Paylater juga bekerja sama dengan berbagai e-commerce yang dapat memudahkan transaksi tanpa harus menggunakan kartu kredit.

4. Shopee Paylater

Layanan Shopee Paylater tentu sudah akrab bagi pengguna aplikasi Shopee. Fitur ini dapat dikatakan mirip seperti kartu kredit yang diciptakan untuk membantu user Shopee yang ingin berbelanja barang tapi belum memiliki dana yang cukup. Shopee Paylater digunakan untuk memberikan pinjaman atau cicilan bagi pengguna Shopee Indonesia.

Gambar 4. Impresi warganet terkait Shopee Paylater

Kemudahan dan jaminan keamanan membuat Shopee Paylater banyak digunakan oleh masyarakat. Selain itu, jumlah limit yang ditawarkan bahkan mencapai puluhan juta. Tak heran bila hasil survei dailysocial.id menunjukkan Shopee Paylater memimpin layanan paylater yang paling banyak digunakan pada tahun 2021. Bahkan menurut warganet Shopee Paylater dapat bermanfaat bagi bisnis yang mereka jalankan.

5. Gopay Later

Paylater Gojek atau Gopaylater adalah salah satu fasilitas paylater dari Gojek yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sama seperti paylater pada umumnya, Gopaylater juga bisa lunasi di akhir bulan sesuai dengan jumlah tagihannya. Lalu seperti apakah impresi dari warganet yang telah menggunakan layanan ini.

Gambar 5. Impresi warganet terkait Gopay Later

Menurut sebagian warganet dengan menggunakan layanan ini transaksi menjadi lebih ringan. Terlebih dengan menggunakan Gopay Later layanan Gojek juga menawarkan berbagai keuntungan lainnya, salah satunya yaitu voucher diskon. Tak heran bila warganet memanfaatkan layanan Gopay Later untuk mendapatkan promo pada transaksi mereka.

  • Infografik Paylater Paling Banyak Diperbincangkan

Simak informasi terkini lainnya melalui https://analysis.netray.id/ atau analisis mendalam Netray melalui https://medium.com/@netrayID

Infografik: Alvito Madista

Editor: Irwan Syambudi

More like this

Pengaruh Konten Podcast LGBT Terhadap Citra Deddy Corbuzier

Publik figur sekaligus konten kreator Youtube Deddy Corbuzier kembali menjadi perbincangan publik. Konten andalannya...

3 Merek Sarung Pilihan Warganet, Kamu Pilih Mana, Nih?

Bagi sebagian besar penduduk Indonesia, kata sarung pasti sudah tak asing didengar telinga. Sepotong kain lebar...

Bukber dan Fenomena Flexing Jadi Sambatan Warganet

Bukber alias Buka Bersama adalah kegiatan yang kerap dilakukan oleh masyarakat saat bulan Ramadhan...
%d blogger menyukai ini: