BerandaFilmKukira Kau Rumah, Film Soal Kesehatan Mental yang Jadi Perbincangan Warganet

Kukira Kau Rumah, Film Soal Kesehatan Mental yang Jadi Perbincangan Warganet

Published on

Film ‘Kukira Kau Rumah’ yang tayang perdana di Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2021 kini tengah ramai menjadi perbincangan warganet. Bahkan sempat menduduki trending topic Twitter setelah satu hari penayangannya di bioskop konvensional pada 3 Februari 2022.

Netray mengamati laju perbincangan warganet terkait topik ini pada 29 Januari 2022 sampai dengan 04 Februari 2022. Dengan menggunakan kata kunci kukira kau rumah dan tagar #kukirakaurumah. Dengan menggunakan dua kata kunci tersebut Netray menemukan insight sebagai berikut.

film
Gambar 1. Infografik topik Kukira Kau Rumah

Berdasarkan pantauan Netray hingga 04 Februari 2022 pukul 14:00 WIB terdapat 2.115 cuitan warganet yang memperbincangkan film ‘Kukira Kau Rumah’ di lini media sosial Twitter. Perbincangan tersebut didominasi oleh cuitan bersentimen positif dengan impresi mencapai 1,5 juta dan potensi menjangkau 12 juta akun pengguna Twitter.

Gambar 2. Issue Topic

Melalui Issue Topic tampak sembilan kategori topik perbincangan warganet dalam membahas film ini. Sementara topik yang paling banyak dibahas terdapat pada topik 2 dan topik 4 seperti terlihat pada Gambar 2. Pada kedua topik tersebut tampak beberapa kata yang mendominasi perbincangan warganet dalam membahas film itu. Beberapa kosa kata tersebut meliputi, nangis, mental, seru, dan beberapa kosa kata lainnya.

Film yang juga menjadi debut Umay Shihab sebagai sutradara film panjang ini terbilang mendapat sambutan yang cukup baik. Hal ini tampak dari jumlah penonton yang mencapai 30 ribu orang di lima jam pemutarannya.

Gambar 3. Tagar dan mention paling banyak

Dalam membahas topik ini warganet juga menyematkan beberapa tagar yang menjadi populer digunakan, seperti #KukiraKauRumah dan #KauYangSinggahTapiTakSungguh. Sementara sebagai pemeran utama akun milik Prilly Latuconsina (@prillyyla) dan Umay Shahab (@umayshhhhb) menjadi akun yang juga paling banyak dimention oleh warganet.

Film Kukira Kau Rumah dan Isu Kesehatan Mental

Mengangkat isu kesehatan mental, pihak pembuat film melibatkan psikolog dan bekerja sama dengan Bipolar Care Indonesia dalam penggarapannya. Isu kesehatan mental memang tengah ramai menjadi pembahasan itulah sebabnya banyak penonton merasa terwakili.

Gambar 4. Media Populer
Gambar 5. Media Populer

Film ini mendapat berbagai respons dari warganet bahkan dinilai dapat mengundang tangis para penontonnya. Film drama psikologis ini agaknya tidak hanya menjadi hiburan namun juga membuat penonton sadar akan pentingnya isu kesehatan mental yang tidak dapat disepelekan.

Gambar 6. Impresi warganet

Film yang terinspirasi dari lagu milik Amigdala dengan judul yang sama tersebut dinilai mampu membuat haru para penonton dan terpuaskan dengan akting dari pemeran utamanya, yakni Prilly Latuconsina. Warganet yang merasa puas dengan film ini pun banyak menyarankan warganet lain untuk turut menyaksikan.

Tak hanya menjadi sutradara dalam film ini Umay Shahab bersama Monty Tiwa dan Imam Salimy juga sekaligus sebagai penulis naskah film yang berdurasi 1 jam 30 menit ini. Film Kukira Kau Rumah kini dapat disaksikan melalui bioskop-bioskop Cinema XXI di Indonesia mulai Kamis, 3 Februari 2022.

Simak analisis Netray lainnya melalui https://analysis.netray.id/ dan analisis mendalam Netray melalui https://medium.com/@netrayID

Editor: Irwan Syambudi

More like this

Menilik Impresi Film KKN di Desa Penari di Twitter

Film horor KKN di Desa Penari akhirnya tayang di bioskop. Meski penayangannya sempat tertunda...

Hepatitis Akut Misterius, Akankah Menjadi Pandemi Kecil?

Belum selesai bergelut dengan permasalahan pandemi virus corona, kini dunia kembali bertarung dengan munculnya...

Memantau Isu #JogjaDaruratSampah dari Media Sosial & Pemberitaan

#JogjaDaruratSampah merupakan salah satu tagar seruan masyarakat yang diwakili oleh warganet Twitter, ketika beberapa...
%d blogger menyukai ini: