BerandaCurrent ReportKonten Review Mi Ayam Lintas Media Sosial: Manakah yang Paling Ramai?

Konten Review Mi Ayam Lintas Media Sosial: Manakah yang Paling Ramai?

Published on

Mengulas sebuah produk atau makanan menjadi hal yang populer saat ini. Bahkan konten-konten jenis ulasan atau review dapat dengan mudah ditemukan di media sosial mana pun, baik di Youtube, TikTok, Twitter, hingga Instagram. Produk yang diulas pun beragam mulai dari fesyen, benda elektronik hingga mi ayam.

Makanan yang dapat ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia ini pun tak luput dari berbagai review warganet di media sosial. Warganet yang mengulas sebagian besar memuat promosi terkait mi ayam yang menurut mereka memiliki rasa yang enak. Namun media sosial manakah yang paling ramai dalam membahas topik terkait mi ayam saat ini?

Netray pun memantau perbincangan terkait mi ayam di beberapa media sosial, yakni TikTok, Instagram, dan Twitter selama periode 10 November 2022 sampai dengan 16 November 2022. Seberapa ramaikah perbincangan terkait review konten mi ayam di masing-masing media sosial tersebut?

mie ayam
Gambar 1. Infografik TikTok

Di TikTok konten terkait mi ayam ditemukan sebanyak 9 unggahan. Konten-konten tersebut meraih impresi sebesar 427,7 ribu dengan total like sebanyak 421,4 ribu. Konten tersebut mendapatkan lebih dari dua ribu komentar dan dibagikan kembali sebanyak 4,3 ribu kali.

Gambar 2. Konten mie ayam di TikTok

Salah satu konten mi ayam milik akun @setoriskyramadhan tampak mendapatkan like mencapai 34,4 ribu dan dibagikan hingga 305 kali. Konten yang memuat challenge dan review mi ayam tersebut tampak ramai mendapat respon warganet pengguna TikTok. Konten-konten ulasan yang viral semacam ini tentu dapat memberi nilai positif bagi brand yang sedang dipromosikan. Selain menjadi lebih banyak dikenal, biasa banyak warganet yang kemudian penasaran dan pada akhirnya meningkatkan konversi penjualan produk.

Di Instagram, konten terkait mi ayam memiliki jumlah yang lebih signifikan, perbandingan tersebut dapat diamati melalui jumlah konten yang ditemukan Netray dengan periode pantauan yang sama. Jumlah unggahan pada topik mie ayam mencapai 1.004 konten dengan lebih dari 50% konten tersebut bersentimen positif. Adapun jumlah impresi pada topik ini mencapai 24,6 ribu dengan berpotensi menjangkau 3,3 juta akun pengguna Instagram.

Gambar 2. Infografik Instagram

Jumlah konten di Instagram tersebut menandakan bahwa secara jumlah Instagram masih lebih banyak digunakan oleh warganet untuk mereview makanan, termasuk mi ayam. Berikut beberapa konten mi ayam yang diunggah oleh warganet di Instagram.

Gambar . Konten-konten mie ayam di Instagram

Terlihat beberapa konten terkait mi ayam yang diunggah oleh warganet dengan jumlah like pada masing-masing konten mencapai ratusan bahkan ribuan. Hal ini didukung oleh popularitas masing-masing akun, seperti halnya akun @ariemadione yang memiliki jumlah pengikut mencapai 76,8 ribu. Satu unggahannya terkait mi ayam mampu mendulang sebanyak 1.620 like.

Populernya konten mi ayam di Instagram tak lepas dari peran akun-akun kuliner yang kerap membagikan konten terkait berbagai jenis makanan. Banyaknya jenis akun seperti ini membuat konten terkait review makanan cukup populer di Instagram. Selain itu, hal ini juga didukung dari warganet yang kerap melakukan interaksi dengan akun tersebut bahkan untuk sekedar mencari referensi guna menemukan makanan paling direkomendasikan.

Lalu akun-akun siapa sajakah yang populer dalam topik seputar mi ayam di Instagram?

Gambar . Top akun dan tagar terkait

Terlihat berbagai akun dengan nama akun mie atau bakso mendominasi kategori Top Akun pada topik ini. Salah satu akun yang paling populer yakni @mie.today. Sesuai dengan namanya akun tersebut pun mengunggah berbagai konten ulasan tentang mi ayam. Sementara itu, tagar yang banyak digunakan oleh warganet dalam mempopulerkan topik ini adalah kulinerindonesia, bakso, kuliner, foodie, dan berbagai tagar lainnya.

Sementara itu, di media sosial Twitter mi ayam menjadi topik perbincangan yang cukup menarik bagi warganet. Selama periode yang sama Netray menemukan lebih dari tiga ribu cuitan terkait mi ayam dengan didominasi oleh sentimen positif. Adapun jumlah impresi pada topik ini mencapai 3,3 juta dengan berpotensi menjangkau 11,7 juta akun pengguna Twitter.

Gambar . Infografik Twitter

Perbincangan warganet terkait mi ayam di Twitter tampak mengalami lonjakan sejak 14 November 2022 dengan intensitas tertinggi pada 16 November 2022. Sementara itu, pada kosakata populer tampak berbagai kata yang kerap digunakan warganet dalam membahas topik terkait mi ayam, seperti yamien, bandung, jogja, jakarta, wonogiri, dan berbagai kosakata lainnya.

Gambar . Grafik intensitas perbincangan warganet dan kosa kata populer

Di Twitter perbincangan terkait mi ayam pada periode ini turut didominasi oleh perbincangan terkait mie yamien. Dua menu ini kemunculannya mendominasi perbincangan warganet pada periode pantauan Netray. Hal ini juga berkaitan dengan berbagai nama kota yang turut menjadi pembahasan warganet.

Berbagai kota tersebut disebut warganet untuk menyampaikan opini mereka terkait ciri khas mi ayam dan mi yamin dari berbagai kota yang menjadi andalan warganet. Hal ini bahkan mengundang perdebatan di antara warganet.

Gambar . Perdebatan warganet

Meningkatnya intensitas perbincangan warganet terkait mi ayam di Twitter sejak 14 November 2022 diketahui dipantik oleh salah satu cuitan warganet yang membagikan pengalamannya mencoba mi yamien di Yogyakarta. Menurutnya mi tersebut tidak seenak mi yamin yang berada di Bandung. Hal ini kemudian memantik perdebatan panjang dari warganet.

Salah satu warganet menyarankan apabila di jogja sebaiknya mencoba menu mi ayam, bukan mi yamin. Meski beberapa warganet juga turut memberikan opininya bahwa di Jogja memang cukup sulit menemukan mi ayam yang enak.

Di Twitter akun @berrypuncch tampak menempati urutan teratas kategori akun paling populer pada topik ini, diikuti oleh akun @rasjawa. Melalui akunnya tampak @berrypuncch selama periode pantauan Netray mencuitkan beberapa cuitan terkait mi ayam. Cuitannya pun ramai mendapat respon dari warganet lainnya hingga menjadi cuitan populer.

Gambar . Akun populer

Pemanfaatan media sosial sebagai brand awareness atau media promosi agaknya dapat menjadi alternatif yang berdampak positif bagi pengusaha. Beragam konten terkait makanan yang diulas oleh pengguna media sosial membuat brand tersebut meraih atensi publik hingga berpotensi meningkatkan penjualan. Dari ketiga kanal media yang dipantau Netray, masing-masing memiliki insight yang berbeda dan menarik.

TikTok meskipun tidak banyak ditemukan konten ulasan mi ayam sebanyak Instagram, jumlah impresi seperti view, like, comment, dan share count lebih tinggi hingga ratusan ribu. Artinya, konten soal mi ayam di TikTok sedikit namun tiap konten lebih mudah mendapatkan impresi dibanding Instagram yang kebanyakan interaksi terjadi pada akun dengan banyak pengikut seperti influencer atau akun kuliner. Hal ini berkaitan dengan menjamurnya akun-akun kuliner di Instagram yang menjadikan mi ayam sebagai bagian dari konten mereka.

Berbeda lagi dengan Twitter yang total perbincangan dan impresinya jauh lebih besar dari TikTok dan Instagram namun karena dipantik oleh sebuah utas dari suatu akun sehingga lebih banyak berisi diskusi dan opini pribadi, yang tentu saja akan lebih beragam dan variatif arah pembahasannya bergantung pada utas apa yang tengah populer. Dalam periode pantauan ini mi ayam dibicarakan bersama mi yamin yang kemudian melebar pada perdebatan soal wilayah.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Respons Warganet Tanggapi Kenaikan UMP 2023

Pemerintah di tiap provinsi resmi mengumumkan besaran Upah Minimum Provinsi atau UMP 2023 pada...

Respons Warganet atas Pencopotan Label Gereja Tenda Pengungsian Cianjur

Pada 26 November lalu, tenda pengungsian gempa Cianjur mendadak viral di sosial media seperti...

Warganet Kecam Aspirasi Benny Rhamdani Pasca Acara Nusantara Bersatu

Acara Nusantara Bersatu yang digelar Aminuddin Ma'aruf pada Sabtu, 26 November 2022 lalu telah...
%d blogger menyukai ini: