HomeHiburanMenilik Keriuhan Konser BLACKPINK dari Cerita Warganet Twitter

Menilik Keriuhan Konser BLACKPINK dari Cerita Warganet Twitter

Published on

Usai sudah konser girl group asal Korea Selatan BLACKPINK akhir pekan lalu. Konser bertajuk Born Pink in Jakarta yang digelar dalam dua hari, yakni Sabtu 11 Maret dan Minggu 12 Maret 2023 berlangsung sangat meriah. Total ratusan ribu penggemar grup K-pop tersebut membanjiri stadion Gelora Bung Karno, termasuk juga lini masa media sosial Twitter. Sejumlah perbincangan terkait grup yang beranggotakan Jennie, Lisa, Rose, dan Jisoo ini berhasil dijaring Netray Media Monitoring.

Pemantauan linimasa Twitter dilakukan selama 7 hari ke belakang, yakni sejak tanggal 7 Maret hingga 13 Maret 2023. Kata kunci yang digunakan untuk menjaring perbincangan tersebut ialah blackpink dan bornpinkinjakarta. Hasilnya, terdapat 92.869 twit diunggah dengan kata kunci tersebut. Berikut gambaran intensitas perbincangan warganet setiap harinya selama pemantauan.

Gambar 1. Total twit dan intensitas perbincangan

Terlihat bahwa perbincangan terkait topik kata kunci baru muncul pada tanggal 8 Maret 2023. Selama tiga hari selanjutnya perbincangan warganet terpantau masih rendah, tidak menyentuh angka 5.000 twit perhari. Begitu masuk ke hari pertama konser Blackpink, total twit langsung melejit menjadi 30.753 unggahan dan selalu di atas 25.000 twit hingga 2 hari setelahnya.

Secara total, perbincangan warganet Twitter terkait girl group Blackpink, termasuk konser di Jakarta, mencapai 92.868 twit. Tentu saja warganet memiliki sudut pandang masing-masing dalam memperbincangkannya. Secara sekilas pandangan tersebut bisa diamati dari kecenderungan sentimen atas twit yang mereka unggah.

Gambar 2. Trend sentimen warganet topik Blackpink

Pada awal kemunculan perbincangan ini, tampak bahwa sentimen negatif mendominasi perbincangan. Di tanggal 8 Maret 2023 terdapat 1.326 twit negatif berbanding 59 twit dengan sentimen positif. Sedangkan pada tanggal 9 Maret 2023 malah ditemukan 2.389 twit dengan sentimen negatif berbanding 321 twit bersentimen positif. Baru di tanggal 10 Maret 2023 perbincangan didominasi twit netral, meskipun twit negatif masih cukup tinggi.

Penyebab dominasi sentimen negatif pada awal perbincangan adalah saling balas twit antara admin akun Partai Gerindra dan penggemar Blackpink di @Blink_OFCINDO. Partai tersebut diketahui sempat membuat sayembara berhadiah tiket konser. Akan tetapi fans tidak berkenan apabila konser idola mereka disangkut-pautkan dengan dunia politik.

Gambar 3. Friksi antara fans Blackpink dan sosmed Partai Gerindra

Perbincangan ini mereda pada tanggal 10 Maret. Dominasi netral pada hari Jumat tersebut sebagian besar diisi perbincangan tentang konser. Warganet ada yang mencari atau menjual tiket melalui linimasa Twitter. Seperti akun @_Hrst yang membuat lelucon dan menjadi akun dengan impresi tertinggi pada hari itu.

Gambar 4. Tawar menawar tiket konser di linimasa Twitter

Twit dengan sentimen negatif semakin terasa dampaknya ketika intensitas perbincangan melonjak drastis pada tangga 11 Maret, atau saat konser Blackpink di hari pertama. Dari Gambar 5 terlihat bahwa baik twit dengan sentimen negatif maupun positif melonjak ke angka 8.866 dan 8.249.

Gambar 5. Sentimen perbincangan saat peak time tanggal 11 Maret 2023

Antara sentimen negatif dan positif terpantau cukup seimbang dengan sentimen negatif sedikit lebih unggul. Pada sentimen positif, warganet banyak yang meluapkan antusiasme mereka menonton konser Blackpink di hari pertama tersebut. Utamanya twit positif banyak datang dari keramaian penonton konser di GBK hingga aksi member Blackpink seperti Lalisa yang memukau penonton.

Gambar 6. Perbincangan dengan sentimen positif

Akan tetapi tidak sedikit pula penonton yang kecewa terhadap acara tersebut. Kekecewaan ini disampaikan oleh akun @nickoakbar melalui unggahannya di Twitter. Akbar terpantau kecewa dengan posisi menontonnya pada saat itu yang terhalang oleh kaca buram. Apalagi layar di sisi panggung, yang biasanya membantu penonton jauh di belakang agar bisa menikmati aksi di panggung, ia nilai terlalu kecil. Hal yang sama juga dirasakan akun @yuyuhanyo.

Gambar 7. Perbincangan dengan sentimen negatif

Pada hari kedua konser, yakni Minggu 12 Maret 2023, perbincangan terpantau masih cukup tinggi. Hanya saja yang berbeda dengan hari sebelumnya adalah sentimen positif nampak berkurang sedangkan twit dengan sentimen negatif justru malah meningkat. Sumbernya adalah luapan kekecewaan penonton atas penyelenggaraan konser yang buruk dari panitia atau event organizer yaitu IME Indonesia dan Tiket.com sebagai penyedia layanan jual beli tiket.

Gambar 8. Pengalaman buruk penonton

Akun @rizkypepew membagikan pengalaman buruk menonton konser karena tidak mendapatkan jatah kursi tempat duduk sesuai dengan harga tiket yang ia bayar. Nomor kursi sesuai tiketnya ternyata sudah ditempati orang lain yang juga memiliki nomor kursi yang sama di tiket mereka. Ia lantas disarankan oleh usher untuk mencari tempat duduk yang kosong. Akan tetapi semua tempat sudah terisi penuh dan @rizkypepew dengan sejumlah orang lainnya terpaksa duduk di pagar pembatas.

Isu lain yang mendulang sentimen negatif adalah kasus penipuan jual beli tiket konser. Antusiasme penggemar Blackpink yang sangat tinggi dimanfaatkan sejumlah oknum untuk melakukan penipuan. Seperti akun @danielhermans10 yang membagikan pengalaman temannya yang menjadi korban penipuan. Kasus-kasus ini kabarnya sedang didalami pihak yang berwajib.

Gambar 9. Kasus penipuan jual beli tiket

Di tengah sejumlah permasalahannya, konser Blackpink di Jakarta akhir pekan lalu terpantau sangat sukses. Penggemar girl group tersebut mengaku terpuaskan dengan sebagian besar elemen konser yang disajikan. Twit dengan sentimen positif pada pemantauan ini sebagian besar berisi ungkapan kebahagiaan para fans Blackpink atau yang kerap disebut BLINK.

Gambar 10. Ungkapan kegembiraan penggemar Blackpink

Total perbincangan warganet Twitter selama sepekan lalu setidaknya meraup impresi sebesar 72,5 juta kali dalam bentuk reply, retweet, dan favorite. Secara potensial twit dengan kata kunci tersebut dapat menjangkau 264,5 juta akun Twitter berbahasa Indonesia. 

Gambar 11. Statistik pemantauan topik Blackpink

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Kontroversi Film Kiblat, Kenapa Rumah Produksi Gemar Bikin Film Horor Religi?

Film Kiblat yang baru rilis trailer pada Kamis, 21 Maret 2024 lalu sudah menuai...

Polemik Jersei Timnas dalam Pantauan Perbincangan Media Sosial X

Seragam (jersei) resmi tim nasional Indonesia terbaru untuk 2024 telah dirilis oleh PSSI. Seperti...

Protes Warganet atas Aturan Pajak PPh 21, Tak Sepadan dengan Layanan dan Soroti Perilaku Oknum

Penyaluran THR pada lebaran 2024 ini diwarnai dengan cerita yang berbeda. Pasalnya warganet menemukan...
%d bloggers like this: