BerandaCurrent ReportIsu Pelecehan di Lingkungan Kerja, Warganet Serang Kawan Lama Group

Isu Pelecehan di Lingkungan Kerja, Warganet Serang Kawan Lama Group

Published on

Belum lama ini topik pelecehan seksual kembali menjadi perbincangan warganet. Dugaan pelecehan seksual ini menjadi ramai setelah @jerangkah membuat sebuah utas di Twitter. Ia menceritakan pelecehan verbal yang diterima istrinya setelah menjadi model foto produk kantor. Disampaikan bahwa pelecehan tersebut dilakukan oleh sesama karyawannya via WhatsApp Grup.

Utas tersebut kemudian mendapat banyak respons dari sesama warganet yang turut prihatin hingga menyeret perusahaan Kawan Lama Group yang menjadi tempat bekerja istri @jerangkah. Untuk melihat bagaimana respons warganet, Netray melakukan pemantauan terkait topik ini di media sosial Twitter dengan hasil sebagai berikut.

pelecehan seksual
Gambar 1. Infografik Twitter

Netray melalukan pemantaun topik ini sejak 13 Agustus 2022 sampai dengan 16 Agustus 2022 dengan menggunakan kata kunci kantor && pelecehan, kawan lama, kawan lama && pelecehan. Hasilnya, tampak cuitan pada topik ini mencapai 1.006 cuitan dengan didominasi oleh cuitan bersentimen negatif. Adapun jumlah impresi pada topik ini mencapai 14,8 ribu yang berpotensi menjangkau 74,6 juta akun pengguna Twitter.

Selain melakukan pemantauan dengan beberapa kata kunci, Netray juga melakukan monitoring account untuk mengetahui lebih jauh perbincangan warganet terkait topik ini. Adapun akun yang dimonitoring oleh Netray adalah akun @jerangkah yang merupakan akun suami korban.

Melalui akunnya @jerangkah membuat utas terkait dugaan pelecehan yang dilakukan oleh rekan-rekan kerja istrinya tersebut. Ia juga membeberkan awal mula persoalan tersebut yakni saat istrinya menjadi model untuk foto produk dari kantornya yang justru berakhir dengan pelecehan yang terjadi di chat grup pertemanan kantornya.

Gambar 2. Monitoring Account @jerangkah

Sontak utas yang dicuitkan pada 13 Agustus 2022 tersebut dibanjiri oleh berbagai reaksi warganet, mulai dari komentar, like, hingga retweet. Sebagaimana tampak pada akun monitoring Netray utas tersebut di-retweet hingga 37 ribu kali dan disukai sebanyak 97 ribu pengguna Twitter.

Gambar 3. Kosa kata populer

Sementara berdasarkan kosa kata populer dapat diamati berbagai kosa kata yang kerap digunakan warganet dalam menanggapi topik ini, seperti gila, mesum, pelaku, jokes, dan berbagai kosa kata lainnya. Sebagai peristiwa yang rentan terjadi, pelecehan seksual memang selalu mampu memantik emosi warganet. Tak heran bila persoalan ini kemudian menarik respons warganet.

Dinilai Tidak Ditindak Tegas, Warganet Menyayangkan Sikap Kawan Lama Group

Warganet yang merasa geram dengan kasus ini pun meminta perusahaan menindak tegas para pelaku. Warganet juga menyayangkan persoalan yang masih saja kerap terjadi di lingkungan kerja ini. Padahal lingkungan kerja seharusnya menjadi lingkungan yang sehat agar setiap karyawan dapat bekerja dengan baik sehingga perusahaan dinilai harus bersikap tegas terhadap persoalan seperti ini.

Gambar 4. Komentar warganet

Warganet mengutuk perbuatan para pelaku dan menyayangkan sikap dari perusahaan tersebut yang dikabarkan hanya menindak dengan SP3. Meski sebagian warganet cukup merasa puas dengan sanksi sosial yang diterima oleh para pelaku, tidak sedikit warganet yang menilai perusahaan kurang tegas padahal pelecehan seksual bukan merupakan perbuatan yang dapat ditoleransi.

Gambar 5. Komentar warganet

Akibat persoalan ini Kawan Lama Group menjadi sasaran kemarahan warganet, tak hanya reputasi bahkan nama baik perusahaan ini pun tercoreng. Ditambah dengan sikap yang diambil oleh perusahaan tersebut dinilai tidak memihak korban. Sebagaimana tampak pada cuitan warganet pada Gambar 5, mulai dari warganet yang menjadi enggan berbelanja produk dengan naungan perusahaan tersebut hingga merasa bersyukur ditolak saat melamar di Kawan Lama Group.

Gambar 6. Media populer
Gambar 7. Media populer

Perusahaan ternama tersebut kini pun terancam mendapat sanksi moral dari warganet. Hal ini berdampak pada popularitas perusahaan yang menaungi berbagai perusahaan lainnya tersebut. Terutama karena warganet menilai lingkup pelecehan yang dialami oleh korban berada pada ranah lingkungan pekerjaan dan antarkaryawannya. Sehingga perusahaan harus menindak tegas para pelaku.

Gambar 8. Top People dan Top Organizations

Akun @jerangkah pada topik ini menjadi akun yang paling populer karena merupakan pemantik perbincangan yang dalam hal ini juga sekaligus sebagai suami korban. Selain itu, pada kategori Top Organizations tampak akun @asumsico menjadi akun paling populer yang merupakan akun portal media pemberitaan daring yang banyak menyoroti persoalan ini.

Demikian hasil analisis Netray simak informasi terkini lainnya melalui https://analysis.netray.id/

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Kritik Warganet Menyoal Fenomena Bandara Mati Suri

Hari Perhubungan Nasional yang jatuh pada 17 September 2022 belum lama berlalu. Menteri Perhubungan...

Melihat Impresi Mi Instan Favorit Warganet; Indomie vs Lemonilo

Praktis dan mudah disajikan membuat mi instan banyak digandrungi masyarakat. Tak heran bila kemudian...

Popularitas Tonight Show, Talkshow Favorit Warganet

Tonight Show merupakan salah satu program di Net TV yang telah tayang sejak 27...
%d blogger menyukai ini: