BerandaOpini NetizenIndeks Kebahagiaan Jadi Perbincangan, Seberapa Bahagia Provinsimu

Indeks Kebahagiaan Jadi Perbincangan, Seberapa Bahagia Provinsimu

Published on

Indeks Kebahagiaan Menurut Provinsi 2021 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) pada Senin 27 Desember 2021 memantik berbagai reaksi dari warganet. Sebagian warganet bahkan mengaitkan tingkat kebahagiaan satu daerah dengan kepemimpinan kepala daerah yang sedang menjabat.

Indeks kebahagiaan menurut BPS merupakan ukuran pembangunan yang bersifat subjektif yang ditawarkan untuk melihat persepsi masyarakat tentang apa yang dirasakan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu topik ini menjadi begitu dekat dengan masyarakat sehingga menjadi perbincangan.

Netray mengamati laju perbincangan warganet sejak 27 Desember 2021 sampai dengan 02 Januari 2022. Hasilnya tampak pada statistik Gambar 1, dengan total tweets mencapai 464 topik ini didominasi oleh tweets bersentimen negatif.

Sementara impresi pada perbincangan warganet mencapai 114 ribu dengan menjangkau lebih dari 48,7 juta akun pengguna Twitter.

kebahagiaan
Gambar 1. Statistik Respons Warganet
Sumber Dashboard Netray

Kemudian pada Gambar 2 tampak statistik perbandingan indeks kebahagiaan pada tahun 2017 dan tahun 2021 dengan Maluku Utara menempati urutan teratas sebagai provinsi paling bahagia. Perbandingan antara tahun 2021 dan 2017 ini salah satu yang ramai diperbincangkan warganet.

Gambar 2. Indeks Kebahagiaan menurut Provinsi 2017 dan 2021

Berdasarkan data BPS, pada tahun 2021, Maluku Utara menempati urutan teratas provinsi paling bahagia diikuti Kalimantan Utara dan Maluku. Sedangkan provinsi dengan indeks kebahagiaan terandah adalah Banten.

Dilansir melalui laman nasional.kontan.co.id, BPS telah melaksanakan kajian tentang tingkat kebahagiaan beberapa kali, yakni uji coba tahun 2012 dan 2013. Kemudian, Survei Pengukuran Tingkat Kebahagiaan tiga kali: 2014, 2017, dan 2021. Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan bahwa pendekatan yang digunakan adalah kepuasan hidup, afeksi (perasaan), dan eudaimonia (makna hidup).

Indeks Kebahagiaan Masyarakat DKI Jakarta Menurun, Anies Jadi Sasaran Warganet

Berdasarkan Survei Pengukuran Tingkat Kebahagiaan, Indeks Kebahagiaan di Indonesia pada 2021 naik 0,8 menjadi 21,79 dibanding 70,69 di 2017. Beberapa provinsi mengalami penurunan dan menjadi perbincangan hangat, diantaranya DKI Jakarta dan DI Yogyakarta. Hal ini memantik komentar pedas dari berbagai kalangan yang menilai indeks kebahagiaan juga dipengaruhi oleh siapa pemimpin dari wilayah provinsi tersebut.

DKI Jakarta mengalami penurunan signifikan. Pada 2017 indeks kebahagiaan DKI Jakarta 71,33 kemudian pada 2021 turun jadi 70,68. Dengan penurunan 0,65, DKI Jakarta menempati urutan ke-27 dari 34 provinsi di Indonesia..

Gambar 3. Tanggapan Negatif Warganet
Sumber Dashboard Netray

Turunnya indeks kebahagiaan DKI Jakarta menjadi bahan kritik bagi warganet yang kontra dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Warganet menilai hal ini merupakan sebuah kontradiktif antara kenyataan dengan slogan yang diterapkan oleh Anies. Data BPS dinilai sebagai tamparan bagi pemerintah DKI Jakarta yang tidak mampu membahagiakan warganya.

Bahkan warganet pun membandingkan DKI Jakarta dengan Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Di bawah kepemimpinan Gubernur Ganjar Pranowo, Jateng dinilai berhasil mendongkrak kebahagiaan warganya.

Gambar 4. Dukungan Warganet untuk Ganjar
Sumber Dashboard Netray

Tampak melalui beberapa tweets pada Gambar 4 suara yang berbeda dari warganet yang mengaitkan persoalan kebahagiaan warga juga berkaitan dengan kualitifikasi dari pemimpinnya. Tak tanggung-tanggung hal ini bahkan semakin menguatkan dukungan warganet untuk Ganjar maju pada Pilpres 2024 mendatang.

Gambar 5. Top Locations
Sumber Dashboard Netray
Gambar 6. Top People
Sumber Dashboard Netray

Menariknya, meski Banten berada di urutan terbawah dalam Indeks Kebahagiaan Menurut Provinsi Tahun 2021, Banten justru berada di urutan terbawah kategori Top Locations (Gambar 5). Artinya, Banten justru tidak meraih atensi yang besar menjadi fokus atau perhatian. Warganet justru fokus membahas dan mengomentari peringkat DKI Jakarta dan Anies Baswedan sebagai gubernur. Tak heran bila pada Top Words (Gambar 7) nama Anies Baswedan muncul sebagai kata kunci yang paling banyak disebutkan dalam perbincangan warganet terkait Indeks Kebahagiaan Menurut Provinsi.

Gambar 7. Top Words
Sumber Dashboard Netray

Daftar 10 Provinsi dengan Indeks Kebahagiaan Tertinggi dan Terendah Tahun 2021

Untuk mengetahui dengan mudah urutan terkait indeks kebahagiaan berdasarkan provinsi 2021, Netray telah merangkum data yang berasal dari BPS dengan mencovertnya pada grafik berikut.

Grafik 1. 10 Provinsi dengan Indeks Kebahagiaan Tertinggi 2021

Sebagaimana tampak pada Grafik 1 Maluku Utara menjadi provinsi dengan tingkat kebahagiaan tertinggi di Indonesia pada tahun 2021. Meski mengalami penurunan pada skor tahun 2017 Maluku Utara masih berhasil mempertahankan kedudukannya di urutan pertama pada indeks kebahagiaan di tahun 2021.

Sayangnya, tak ada satu pun provinsi di Pulau Jawa yang masuk dalam 10 besar provinsi paling bahagia. Lalu provinsi mana kah yang masuk dalam kategori provinsi dengan indeks kebahagiaan terendah di tahun 2021. Simak Grafik 2 di bawah ini.

Grafik 2. 10 Provinsi dengan Indeks Kebahagiaan Terendah 2021

Secara umum tak berbeda jauh dengan indeks kebahagiaan pada tahun 2017, pada tahun 2021 Banten masih harus berada di urutan terbawah provinsi dengan indeks kebahagiaan terendah. Tak hanya Banten, 9 provinsi lainnya yang berada pada indeks kebahagiaan terendah seharusnya dapat berbenah agar dapat mengalami peningkatan pada tahun berikutnya.

Indeks kebahagiaan merupakan topik yang menarik untuk menyulut beragam komentar dan tanggapan dari warganet. Tak heran bila hal ini memantik perdebatan hingga tanggapan dari berbagai kalangan. Adanya data yang resmi ini seharusnya dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk setiap pemimpin daerah untuk dapat meningkatkan lagi pelayanannya terhadap publik hingga dapat menciptakan masyarakat yang sejahtera dan berbahagia tentunya.

Demikian hasil analisis Netray, simak analisis Netray terkait topik terkini secara lebih mendalam melalui https://medium.com/@netrayID

Editor: Irwan Syambudi

More like this

TikTok: Medan Laga Baru Politisi Jelang Tahun Politik 2024

TikTok menjadi aplikasi media sosial dengan perkembangan paling pesat, mampu menyaingi Instagram dan YouTube....

Menilik Impresi Film KKN di Desa Penari di Twitter

Film horor KKN di Desa Penari akhirnya tayang di bioskop. Meski penayangannya sempat tertunda...

Hepatitis Akut Misterius, Akankah Menjadi Pandemi Kecil?

Belum selesai bergelut dengan permasalahan pandemi virus corona, kini dunia kembali bertarung dengan munculnya...
%d blogger menyukai ini: