HomeCurrent ReportRamai Ulasan Positif Film Oppenheimer, Warganet Bandingkan dengan Film Barbie

Ramai Ulasan Positif Film Oppenheimer, Warganet Bandingkan dengan Film Barbie

Published on

Oppenheimer, film biopik garapan sutradara kenamaan Amerika, Christopher Nolan mulai jadi perbincangan warganet setelah kemunculannya di layar bioskop pada Rabu (19/7) lalu. Film ini berkisah tentang kehidupan seorang fisikawan, Julius Robert Oppenheimer, terutama dalam menciptakan bom atom pertama di dunia dalam Proyek Manhattan. Film berlatar Perang Dunia II ini diangkat dari buku biografi berjudul “American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer” karya Kai Bird dan Martin J. Sherwin.

Gambar 1. Cover buku American Prometheus (sumber: Goodreads)

Netray memantau respons yang muncul dari warganet Twitter terhadap film ini. Dengan menggunakan kata kunci oppenheimer selama periode 19 – 25 Juli 2023 ditemukan 5.527 twit dari 2.937 akun memperbincangkan film ini. Topik ini tampak menarik perhatian warganet jika dilihat dari impresi yang dihasilkan mencapai angka sebanyak 14,7 juta kali serta mampu menjangkau hingga 89,6 juta akun.

Gambar 2. Statistik perbincangan Twitter film Oppenheimer

Intensitas perbincangan pada awal pemantauan (19/7) yang bertepatan dengan tanggal rilis film ini menunjukan masih sangat landai. Perbincangan baru meningkat drastis empat hari kemudian yakni pada tanggal 24 Juli 2023. Kemudian memuncak pada tanggal 25 Juli 2023 yang menghasilkan percakapan warganet Twitter sebanyak 2.881 cuitan.

Gambar 3. Tren peak time dan sentimen Twitter

Film Oppenheimer berhasil meraih sentimen bernada positif lebih banyak dibandingkan dengan sentimen negatif. Tercatat 2.050 cuitan bersentimen positif muncul selama periode pemantauan. Twit dengan sentimen positif didominasi oleh warganet yang memuji sekaligus terkagum akan jalan cerita serta sinematografi film berdurasi 3 jam ini.

Pujian dengan sentimen positif terpopuler datang dari akun @adriandanarw yang memaparkan bahwa Oppenheimer merupakan film yang seru sekaligus membuka wawasan soal perkembangan ilmu fisika khususnya pembuatan bom nuklir. Di sisi lain sentimen negatif juga membayangi film ini. Warganet mengganggap durasi film ini terlalu lama sehingga menimbulkan kantuk dan rasa bosan. Keluhan ini seperti yang dicuitkan oleh akun @gyrowayne berikut.

Gambar 4. Sampel twit bersentimen positif
Gambar 5. Sampel twit bersentimen negatif

Netray juga mengamati kosakata apa saja yang sering digunakan warganet dalam memperbincangkan film ini. Seperti yang terlihat pada Gambar 6 di bawah ini, nama sang sutradara Christoper Nolan mendominasi perbincangan warganet.

Gambar 6. Jajaran kata yang sering digunakan

Namanya mendapat pujian dari warganet karena mampu meramu film biopik ini menjadi sedemikian menarik. Pujian terpopuler datang dari akun @HabisNontonFilm yang menyatakan bahwa Nolan bukanlah sembarang sutradara karena ia mengatur jadwal syuting berdasarkan pergantian potongan rambut aktor utama Cillian Murphy. Hal ini berkaitan dengan Nolan yang tak ingin menggunakan rambut palsu karena alergi terhadap benda tersebut. Kemudian akun @SukaFilmID lebih memuji Nolan dari segi sinematografi dan tata suara yang dinilai sebagai film berkelas dunia.

Gambar 7. Sampel twit kata ‘nolan’

Selanjutnya, kata atom juga mendominasi percakapan warganet lantaran Oppenheimer merupakan pencipta bom atom. seperti yang dicuitkan akun @moviemenfes yang memaparkan sekelumit fakta bahwa Oppenheimer merasa bersalah bahkan dihantui oleh ciptaannya sendiri karena sudah membuat bom atom yang merusak dunia. Di sisi lain akun @dinikopi13 tampak memaparkan bahwa film ini tidak cocok untuk semua orang karena banyak menampilkan teknis bom atom dengan banyak dialog Fisika Kuantum.

Gambar 8. Sampel twit kat ‘atom’

Selain itu, mengingat tanggal rilis film Oppenheimer bersamaan dengan film Barbie, kata barbie terlihat cukup mendominasi perbincangan. Beberapa warganet membandingkan manakah yang lebih menarik untuk ditonton. Akun @dewe terlihat membandingkan rating dua film itu dari situs rottentomatoes.com. Sementara akun @arjunaskykok melontarkan cuitan bahwa Oppenheimer hanya menjadi perbincangan populer di Yogyakarta berdasarkan situs Google Trends.

Gambar 9. Sampel twit kata ‘barbie’

Kata indonesia juga banyak diperbincangkan warganet selama periode pemantauan. Warganet menghubungkan pembuatan bom atom yang mampu meledakan Hiroshima dan Nagasaki dengan terwujudnya kemerdekaan Indonesia. Ihwal ini seperti yang dituliskan akun @sebutsajacakto dan @jukihoki pada Gambar 10. Akun @moviemenfes juga menyoroti cuplikan credit scene di akhir film ini yang menampilkan Presiden Indonesia pertama, Soekarno ketika berpidato.

Gambar 10. Sampel twit kata ‘indonesia’

Akun yang mendapat reaksi (impresi) terbanyak dari warganet datang dari @moviemenfess sebanyak 78.200 reaksi. Akun untuk berbagi info dunia perfilman ini mencuitkan beragam perbincangan warganet yang membagikan pengalaman menonton Oppenheimer. Pada urutan kedua, tampak akun @adriandanarw dengan perolehan impresi sebanyak 53.693 kali. Kemudian posisi selanjutnya diduduki akun @zamirmohyedin, Fisikawan Melayu, yang dengan panjang lebar mencuitkan nama-nama saintis yang hadir dalam film tersebut.

Gambar 11. Jajaran akun populer
Gambar 12. Sampel twit akun terpopuler @moviemenfess

Lalu di posisi keempat terdapat akun selebtwit @handokotjung yang meraup impresi sejumlah 16.334 kali. Cuitannya berupa candaan percakapan antara anak SMA dari jurusan IPA, IPS dan Bahasa. Terpaut tipis, akun @HabisNontonFilm berada di peringkat kelima dengan raihan impersi sebanyak 15.671 kali.

Gambar 13. Sampel twit akun populer @handokotjung

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Beras Mahal dan Langka, Silang Sengkarut Kebijakan Impor dan Bansos Pemerintah

Beras mahal dan kian langka, kini mulai diteriakkan oleh warganet. Kenaikan harga bahan pokok...

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar...

Puluhan Petugas KPPS Tumbang, Warganet Tepis Tudingan Kecurangan

Pra pemilu, publik sempat terhibur atas lelucon petugas KPPS yang ‘naik kelas’ dari honorer...
%d bloggers like this: