HomeCurrent ReportEksistensi Superindo dan Transmart di Mata Warganet; Mana yang Lebih Menarik?

Eksistensi Superindo dan Transmart di Mata Warganet; Mana yang Lebih Menarik?

Published on

Superindo dan Transmart menjadi perbincangan warganet beberapa waktu lalu. Keduanya menduduki deretan trending topik Twitter dengan beragam topik pembahasan mulai dari harga, promo, diskon, dan berbagai aspek lainnya yang kerap menjadi pertimbangan warganet dalam memilih supermarket tersebut. Ulasan warganet ini menarik untuk dipantau. Kira-kira dari keduanya mana yang paling banyak dibahas dan apa saja yang menjadi sorotan?

Netray mengamati perbincangan warganet dengan menggunakan kata kunci superindo dan transmart selama sepekan, yakni 19-25 Januari 2023 untuk melihat seperti apa perbincangan warganet terkait dua brand supermarket tersebut.

Selama periode pemantauan, Netray menemukan sebanyak 3.263 twit dari 1,6 ribu akun membicarakan topik ini. Sentimen negatif terpantau lebih tinggi dengan total sebanyak 1.427 sementara sentimen positif hanya di angka 790 twit. Adapun jumlah impresi pada topik ini mencapai 2,8 juta yang berpotensi menjangkau hingga 11,1 juta akun pengguna Twitter.

statistik perbincangan topik superindo dan transmart
Gambar 1. Statistik perbincangan warganet Twitter

Perbincangan topik ini meningkat signifikan pada 25 Januari 2023 sehingga sempat menduduki deretan trending topik. Jika sebelumnya, topik ini hanya dibicarakan di bawah 500 twit perhari, pada tanggal tersebut kata superindo dan transmart muncul dalam 1,8 ribu twit. Dari pantauan Netray, pada tanggal 24 Januari akun @Strategi_Bisnis membuat utas soal kondisi Transmart yang mulai meredup.

Gambar 2. Intensitas perbincangan warganet

Di sisi lain, sejumlah akun menfess membuka obrolan seputar makanan siap saji yang tersedia di Superindo. Hal ini kemudian memantik perbincangan warganet terkait pengalamannya berbelanja dan menjajal makanan di Superindo hingga supermarket lainnya.

Gambar 3. Akun populer dan akun yang paling banyak disebut

Dalam perbincangan topik ini, akun @Strategi_Bisnis menjadi akun yang paling populer dengan sejumlah twitnya soal Transmart yang meredup. Cuitan tersebut menjadi populer hingga akun ini mendapatkan impresi tertinggi dan berhasil menarik interaksi warganet untuk membicarakan soal pengalaman berbelanja di Transmart.

Sementara itu, sejumlah akun menfess seperti @SoloMenfess, @KediriFess hingga @FOOD_FESS masuk dalam deretan akun yang paling banyak disebut dengan topik perbincangan soal makanan siap saji di Superindo. Lalu, seperti apa pengalaman warganet terhadap masing-masing supermarket? Berikut ulasannya.

Superindo dan Makanan Siap Sajinya

Dalam pantauan ini, kata kunci superindo menghasilkan 1,469 twit dengan dominasi perbincangan bersentimen positif. Perbincangan soal Superindo melonjak sejak 24 Januari 2023 dan mencapai puncaknya pada 25 Januari 2023. Melonjaknya perbincangan ini dipicu oleh pembahasan seputar makanan siap saji di Superindo sehingga sentimen positif turut menanjak.

Gambar 4. Intensitas perbincangan warganet terkait Superindo

Selain menyoroti makanan siap saji Superindo, pembahasan warganet soal supermarket tersebut dominan diisi oleh pengalaman positif. Hal ini dapat diamati dari sejumlah kata yang muncul dalam Top Words berikut.

Gambar 5. Kosakata populer Superindo

Berbagai kosakata seperti promo, diskon, murah, dan lengkap masuk dalam deretan kata yang paling banyak ditwit soal Superindo. Pada periode ini warganet tampak lebih mengunggulkan Superindo karena dinilai menawarkan promo menarik dan barangnya dinilai lebih lengkap.

Gambar 6. Opini positif warganet terkait Superindo

Pada periode ini perbincangan warganet terkait Superindo didominasi oleh topik seputar makanan siap saji yang dijual dengan murah oleh Superindo. Menurut warganet diskon yang diberikan di jam-jam tertentu tersebut dapat menjadi alternatif pilihan saat berburu makanan murah. Selain itu, promo berbagai produk lainnya juga turut menjadi daya tarik warganet untuk berbelanja di Superindo.

Sementara sentimen negatif topik Superindo berasal dari ragam komentar warganet yang menilai Superindo terkenal dengan harganya yang mahal. Hal tersebut diungkapkan oleh warganet yang pernah mencoba berbelanja di supermarket yang terkenal di wilayah Solo dan Jogja ini.

Gambar 7. Opini negatif warganet terkait Superindo

Transmart dan Eksistensinya yang Kian Meredup

Selain Superindo, Transmart juga sempat menduduki trending topik Twitter. Kedua topik ini membuat warganet ramai membagikan penilaian mereka terkait kedua supermarket yang menjadi andalan. Berikut grafik perbincangan warganet terkait Transmart.

Gambar 8. Intensitas perbincangan warganet terkait Transmart

Sama seperti Superindo, topik Transmart pada periode ini mengalami kenaikan sejak 24 Januari 2023 dan puncaknya terjadi pada 25 Januari 2023. Namun, berbeda halnya dengan Superindo yang didominasi oleh sentimen positif, topik terkait Transmart pada periode ini justru didominasi oleh cuitan bersentimen negatif. Bahkan jumlah tersebut tampak memiliki ketimpangan yang signifikan. Dari total 1.884 twit yang mencatut kata Transmart, 1.112 di antaranya bersentimen negatif, sedangkan hanya 365 twit yang masih mengandung opini positif.

Gambar 9. Kosakata populer Transmart

Pada kosakata populer Transmart dapat diamati berbagai kata yang kerap digunakan warganet dalam membahas topik seputar Transmart. Kosakata tersebut meliputi murah, lengkap, harga, sepi, mahal, ribet, dan berbagai kosakata lainnya. Dari ulasan warganet yang terangkum dalam twit populer berikut, warganet menyoroti kondisi Transmart yang semakin sepi, kalah dengan supermarket lain.

Gambar 10. Opini warganet terkait Transmart

Akun @himtoya menilai bahwa pencahayaan yang ada di Transmart terkesan agak redup sehingga dirasa kurang nyaman di mata sehingga tidak menarik untuk berbelanja. Selain itu, harganya yang tergolong mahal juga banyak ditemukan. Kata murah dan lengkap yang masuk dalam deretan Top Words soal Transmart setelah ditelusuri pun merujuk ke Superindo, bukan ke Transmart.

Jika dilihat berdasarkan total twit, perbincangan soal Transmart lebih tinggi ketimbang Superindo dengan perbandingan twit 1,8 ribu untuk Transmart dan 1,4 ribu untuk Superindo. Namun, jika dilihat dari kecenderungan sentimen, Superindo lebih unggul dengan sentimen positif yang mendominasi sedangkan Transmart dominan sentimen negatif.

Sebagian besar warganet menilai harga produk di Transmart terlalu mahal. Hal ini bisa menjadi alasan eksistensi Transmart kemudian menurun karena pelanggan di berbagai kota lebih memilih berbelanja di supermarket lainnya termasuk Superindo yang dinilai lebih murah dan lengkap.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Beras Mahal dan Langka, Silang Sengkarut Kebijakan Impor dan Bansos Pemerintah

Beras mahal dan kian langka, kini mulai diteriakkan oleh warganet. Kenaikan harga bahan pokok...

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar...

Puluhan Petugas KPPS Tumbang, Warganet Tepis Tudingan Kecurangan

Pra pemilu, publik sempat terhibur atas lelucon petugas KPPS yang ‘naik kelas’ dari honorer...
%d bloggers like this: