BerandaCurrent ReportSempat Trending, Keberadaan Mobil Esemka Masih Jadi Magnet Perdebatan Warganet

Sempat Trending, Keberadaan Mobil Esemka Masih Jadi Magnet Perdebatan Warganet

Published on

Baru-baru ini mobil Esemka ramai dibicarakan warganet. Edi Hermanto, seorang pengusaha emas, melalui akunnya @BangEdiii mengkritik keberadaan mobil Esemka yang tak tampak batang hidungnya pada 11 November 2022. Edi mengomentari unggahan @JulBayur3 yang tampak memamerkan mobil Esemka terbaru model SUV (Sport Utility Vehicle). Lalu ia pun menantang @JulBayur3 untuk mengirimkan 5 unit mobil Esemka ke rumahnya langsung.

mobil esemka debat
Gambar 1. Twit @BangEdiii Kritik Mobil Esemka
Gambar 2. Twit @BangEdiii Kritik Mobil Esemka

Keinginan Edi untuk membeli mobil Esemka pun ditanggapi oleh akun @irwanka yang menanyakan alamat dan nomor kontak Edi guna dikirimi mobil tersebut. Akhirnya pada 13 November 2022 @BangEdiii mencuitkan telah menerima mobil itu sambil menyematkan video yang menunjukkan mobil yang tidak terlihat wujudnya.

Gambar 3. Twit Pemantik Perbincanagan Mobil Esemka

Seperti diketahui, mobil Esemka merupakan mobil karya anak bangsa yang telah diluncurkan Jokowi pada 2019. Mobil ini merupakan buatan siswa Jurusan Otomotif Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Trucuk, Klaten, Jawa Tengah. Selanjutnya mobil ini diproduksi oleh PT Solo Manufaktur Kreasi, Boyolali, Jawa Tengah.

Mengutip gooto.com. Mobil Esemka ini berupa pikap dengan varian Bima 1.2 dan Bima 1.3 dengan harga Rp125 juta. Total penjualan pikap Esemka antara tahun 2019 hingga 2020 ditaksir mencapai 300 unit. Kabarnya produksi mobil terhenti akibat pandemi Covid-19.

Netray ingin mengetahui perbincangan warganet soal mobil Esemka ini. Menggunakan kata kunci esemka dengan periode pemantauan 11-15 November 2022, Netray menemukan sebanyak lebih dari 4.499 akun membicarakan topik ini dalam 9.090 twit.

Gambar 4. Statistik Perbincangan Twitter Isu Mobil Esemka

Sentimen negatif mewarnai perbincangan isu ini sebanyak 5.088 twit dibanding dengan sentiment positif yang hanya berjumlah 1.538 twit. Tampak Top Complaints menunjukan kata ‘goblok’ menjadi yang sering disebut sebanyak 104 kali. Goblok ditujukan kepada akun yang bersikukuh soal keberadaan mobil dan keotentikan Esemka yang dinilai produksi indonesia 100% namun pada kenyataannnya masih mengimpor dari luar negeri seperti China. Bahkan ada pula kata ‘goblok‘ yang ditujukan kepada Presiden Jokowi.

Gambar 5. Sampel Twit kata ‘Goblok’
Gambar 6. Sampel Twit kata ‘Goblok’

Akun yang paling banyak membahas mobil Esemka berasal dari @firzahusainInc yang memiliki pengikut cukup banyak, yakni sebesar 37 ribu seperti yang terlihat pada grafik Top Accounts di bawah. Dari beberapa twitnya ia terlihat ingin membuktikan bahwa keberadaan mobil Esemka nyata adanya. Akun ini menjelaskan panjang lebar soal mobil Esemka. Salah satunya, ia mengatakan bahwa proyek tersebut merupakan proyek Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dari tahun 2009 dan Jokowi hanya mendukung sebagai Wali Kota Solo saat itu.

Gambar 7. Jajaran Top Account Isu Mobil Esemka
Gambar 7. Sampel Twit akun Top Account @firzahusaininc

Perdebatan Warganet Twitter Soal Mobil Esemka

Keberadaan mobil Esemka ini terlihat menjadi perdebatan antara kadrun dan cebong. Setelah sebelumnya @BangEdiii- disebut sebagai kadrun (kadal gurun, bukan pendukung Jokowi) oleh warganet- membuktikan keberadaan mobil Esemka yang nihil. Kemudian muncul akun @firzahusainInc yang diidentifikasi oleh warganet sebagai cebong (pendukung Jokowi) iyang ngin membuktikan eksistensi mobil karya anak bangsa ini sambil menyematkan video mobil dengan disertai suara yang menjelaskan fisik mobil.

Gambar 9. Opini Warganet

Cuitan @firzahusainInc menuai banyak sentimen negatif dari warganet karena banyak yang tidak percaya terhadap keberadaan mobil Esemka. Mereka menilai video yang diunggah tersebut adalah video lama yang diupload ulang. Bahkan Akun @firzahusainInc mendapat serangan secara pribadi seperti dihujat sebagai cebong yang tolol dan goblok seperti yang tertulis pada akun @irfanrbs dan @pria_iwan.

Gambar 10. Opini Warganet

Di balik perdebatan itu muncul pula opini warganet yang menyatakan bahwa mobil yang pertama kali diresmikan Jokowi dan diproduksi pabrik merupakan mobil yang berbeda. Seperti yang tampak @AloysiusCandraan dan @kasamago.

Gambar 12. Opini Warganet

Tokoh-tokoh terkemuka juga turut berkomentar soal topik ini. Ekonom senior, Rizal Ramli melalui akunnya @RamliRizal ia merasa dibohongi oleh Jokowi karena pernah memuji mobil Esemka saat awal kemunculannya. Muhammad Said Didu, pegiat media sosial yang juga mantan Sekretaris BUMN menyampaikan komentar satirenya melalui akun @msaid_didu.

Gambar 13. Opini Warganet

Warganet juga sempat membandingkan mobil Esemka dengan Mobil Nasional Timor yang pernah rilis pada tahun 1996. Seperti yang dicuitkan oleh akun @baiou_2829 dan @prayogayuliano. Mobil Timor diakui memakai mobil KIA asal korea Selatan yang kemudian diganti dengan onderdil lokal. Mobil ini memiliki pabrik, ruang pameran (showroom) dan pembelinya, sedangkan Esemka dinilai belum jelas keberadaannya hingga saat ini.

Gambar 14. Opini Warganet

Meskipun penuh dengan hujatan meragukan ada pula warganet yang membela mobil Esemka meski jumlahnya tak begitu banyak. Seperti yang tertulis pada akun @romistsuT. Ada pula warganet yang memberi solusi agar pemerintah segera buka suara soal kejelasan mobil Esemka seperti yang dicuitkan @hadycrbn yang membalas akun berita @republikaonline soal berita mobil Esemka.

Gambar 15. Opini Warganet

Pantauan Pemberitaan Media Daring Isu Mobil Esemka

Netray juga memantau isu mobil Esemka pada pemberitaan media online dengan kata kunci dan periode yang sama. Isu ini ternyata tidak menghasilkan begitu banyak berita. Sebanyak 20 berita dari 10 media tercatat membahas isu ini. Berita didominasi soal dengan sentimen negatif yang menunjukan bahwa mobil Esemka memang tak tampak batang hidungnya. Berita – berita yang muncul juga hanya mengambil dari cuitan Twitter mulai dari Edi Hermanto hingga Rizal Ramli.

Gambar 16. Statistik Pemberitaan Media Online Isu Mobil Esemka
Gambar 17. Sampel Berita Isu Mobil Esemka

Namun ada berita dari Detik yang memberi sentimen positif yang tampak ingin membuktikan keberadaan mobil Esemka. Dari berita ini Detik melakukan penelusuran melalui aplikasi e- Samsart Banten mobil Esemka melalui plat nomor yang viral di media sosial (B 9016 WAI). Ditemukan bahwa mobil tersebut masih aktif lengkap dengan informasi pajak.

Gambar 17. Sampel Berita Isu Mobil Esemka

Dari pemantauain ini, sentimen negatif yang mendominasi dan sejumlah opini kontra terhadap Esemka menunjukkan bahwa hingga saat ini mayoritas warganet Indonesia masih tertarik mempertanyakan keberadaan dan produksi mobil Esemka. Belum lagi sejumlah cerita-cerita sulitnya mendapatkan mobil ini hingga tak pernah terdengar gaungnya apalagi melintas di jalanan. Wajar jika banyak warganet meragukan atau merasa jengah ketika membicarakan keberadaan Esemka, yang kerap kali berujung pada adu argumen antara warganet pro dan kontra pemerintah.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Respons Warganet Tanggapi Kenaikan UMP 2023

Pemerintah di tiap provinsi resmi mengumumkan besaran Upah Minimum Provinsi atau UMP 2023 pada...

Respons Warganet atas Pencopotan Label Gereja Tenda Pengungsian Cianjur

Pada 26 November lalu, tenda pengungsian gempa Cianjur mendadak viral di sosial media seperti...

Warganet Kecam Aspirasi Benny Rhamdani Pasca Acara Nusantara Bersatu

Acara Nusantara Bersatu yang digelar Aminuddin Ma'aruf pada Sabtu, 26 November 2022 lalu telah...
%d blogger menyukai ini: