BerandaCurrent ReportIsu Negatif Topik Piala Dunia 2022: Aturan LGBT hingga Dugaan Pelanggaran HAM

Isu Negatif Topik Piala Dunia 2022: Aturan LGBT hingga Dugaan Pelanggaran HAM

Published on

Piala Dunia 2022 resmi digelar pada 20 November 2022 lalu hingga 18 Desember 2022 mendatang. Ajang pesta sepak bola dunia empat tahunan ini diadakan di Qatar sebagai tuan rumah. Hal ini menjadi pertama kali dalam sejarah Jazirah Arab sebagai tuan rumah dengan negara berpenduduk mayoritas Muslim.

Didapuknya Qatar sebagai tuan rumah juga diliputi oleh berbagai kontroversi dan kabar miring yang sempat terjadi, mulai dari korupsi hingga isu kerja paksa yang berujung pada pelanggaran HAM. Meski demikian, pada 20 November 2022 lalu opening ceremony berhasil digelar dengan berbagai suguhan pertunjukan.

Untuk mengetahui ragam perbincangan warganet terkait Piala Dunia 2022 Netray melakukan monitoring sejak 16 November 2022 sampai dengan 22 November 2022 dengan kata kunci “piala dunia”. Dari kosakata populer di bawah (Gambar 1) tampak berbagai kata yang kerap digunakan warganet dalam perbincangan terkait Piala Dunia, seperti streaming, opening, jungkook, fifa, ayat, islam, pembukaan, dan berbagai kata lainnya.

Piala Dunia
Gambar 1. Kosa kata populer

Selama periode tersebut Netray mendapati 59,4 ribu total cuitan warganet yang didominasi oleh perbincangan bersentimen negatif. Jumlah impresi warganet mencapai 122,8 juta dengan berpotensi menjangkau 302,1 juta akun pengguna Twitter. Topik ini pun lebih banyak dicuitkan oleh akun-akun yang terdeteksi bergender laki-laki sebanyak 17,8 ribu.

Gambar 2. Infografik warganet

Perbincangan warganet terkait Piala Dunia mulai melonjak sejak 19 November 2022 lalu dan mencapai puncaknya pada 22 November 2022. Selain pada tanggal tersebut perbincangan warganet juga sempat mengalami peningkatan saat upacara pembukaan berlangsung, yakni pada 20 November 2022.

Gambar 3. Grafik perbincangan warganet

Selama periode pantauan Netray terdapat berbagai cuitan populer yang menjadi topik perbincangan warganet. Sebagaimana tampak pada Gambar 4, beberapa cuitan warganet menyoroti official song Piala Dunia 2022 yang dibawakan oleh Jungkook. Popularitas Jungkook sebagai member BTS turut mendulang tingginya antusiasme warganet akan lagu yang dinyanyikannya saat upacara pembukaan tersebut.

Gambar 4. Cuitan populer warganet

Selain itu, warganet juga menyoroti pembacaan Q.S Al-Hujurat saat pembukaan berlangsung. Sebagai negara dengan mayoritas berpenduduk muslim, Qatar memamerkan identitas tersebut sebagai suatu kebanggaan. Hal ini pun mendapat apresiasi dari warganet Indonesia yang turut merasa senang akan hal tersebut.

Piala Dunia 2022 dan Impresi Negatif Warganet

Seperti yang telah disinggung di awal, statistik kata kunci “piala dunia” selama periode pantauan Netray didominasi oleh sentimen negatif. Terlepas dari banyaknya apresiasi positif yang dilemparkan untuk pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar, perbincangan soal Piala Dunia tahun ini banyak diisi opini negatif dengan total 14.016 twit.

Gambar 5. Grafik sentimen negatif warganet

Mulai dari isu terkait official song yang dibawakan oleh Jungkook, pelarangan atribut LGBT, terbatasnya minuman beralkohol, hingga isu pelanggaran HAM turut menjadi sorotan warganet. Sebagian warganet menyoroti isu LGBT yang dilarang keras di Qatar, hal ini lantas menjadi kritik negara-negara lain yang membebaskan hal tersebut.

Gambar 6. Cuitan negatif warganet

Sebagai negara Muslim Qatar juga sangat memperketat peredaran alkohol di negaranya. Hal ini juga turut menjadi kontroversi mengingat tamu mereka kali ini datang dari berbagai negara dengan budaya yang berbeda. Sehingga mau tidak mau para suporter dan tamu yang tiba di Qatar harus patuh mengikuti aturan yang berlaku di negara tersebut.

Selain itu, isu terkait pelanggaran HAM juga beredar menjadi perbincangan luas warganet. Adanya dugaan Qatar melakukan pelanggaran HAM terhadap pekerja migran menjadi isu kontroversi yang turut menyumbang sentimen negatif dari perhelatan akbar ini. Isu tersebut berkembang di media sosial setelah diduga terdapat 6.500 pekerja migran yang mengalami pelanggaran HAM saat pengerjaan proyek untuk Piala Dunia 2022 tersebut. Namun, kabar miring ini masih menjadi bola liar di berbagai media yang belum diketahui kebenarannya.

Gambar 7. Media populer

Top media populer yang banyak mendapat perhatian warganet dalam perbincangan ini adalah pernyataan dari Kepala Keamanan Piala Dunia Qatar 2022 Abdullah Nasari. Ia menyampaikan pendapatnya terkait aturan ketat LGBT selama Piala Dunia berlangsung di Qatar. Qatar menolak dengan tegas segala aktivitas dan atribut LGBT selama Piala Dunia di Qatar berlangsung. Selain itu, warganet tampak mengunggah foto dari ayat Al Quran yang dibacakan saat opening ceremonial pada Minggu, 20/11/22 lalu.

Selanjutnya dapat diamati Top Kategori (Gambar 8) dari topik perbincangan warganet terkait Piala Dunia. Pada kategori akun populer tampak @bts_bighit menjadi akun paling populer pada topik ini. Jungkook yang tampil di upacara pembukaan membawakan official song World Cup 2022 bersama Fahad Al Kubaisi berhasil menarik perhatian warganet secara luas hingga @bts_bighit menjadi akun paling populer pada topik ini karena kerap mendapat mentions.

Gambar 8. Top kategori

Sementara pada kategori Tokoh Populer tampak nama @Husen_Jafar menjadi tokoh paling populer. Hal ini pun dipengaruhi oleh cuitannya yang mengingatkan warganet untuk tidak berjudi saat pesta sepak bola dunia berlangsung. Cuitan tersebut pun mendapat sambutan luas warganet hingga cuitannya masuk dalam kategori cuitan populer.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Respons Warganet Tanggapi Kenaikan UMP 2023

Pemerintah di tiap provinsi resmi mengumumkan besaran Upah Minimum Provinsi atau UMP 2023 pada...

Respons Warganet atas Pencopotan Label Gereja Tenda Pengungsian Cianjur

Pada 26 November lalu, tenda pengungsian gempa Cianjur mendadak viral di sosial media seperti...

Warganet Kecam Aspirasi Benny Rhamdani Pasca Acara Nusantara Bersatu

Acara Nusantara Bersatu yang digelar Aminuddin Ma'aruf pada Sabtu, 26 November 2022 lalu telah...
%d blogger menyukai ini: