HomeCurrent Report5 Rekomendasi Resto All You Can Eat ala Warganet TikTok

5 Rekomendasi Resto All You Can Eat ala Warganet TikTok

Published on

Restoran all you can eat (AYCE) atau makan sepuasnya sepertinya menjadi destinasi yang trendi bagi para pecinta kuliner. Restoran AYCE juga terlihat semakin menjamur terutama setelah masa pandemi berakhir. Seperti data tren pariwisata 2022/2023 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menunjukan bahwa perkembangan tren restoran AYCE ini diprediksi akan terus tumbuh. Hal ini disebabkan kemampuan restoran menyajikan pilihan dan inovasi yang beragam bagi konsumen. Tren restoran AYCE bukan hanya identik akan kemewahan namun menjadi massal dan dapat dijangkau oleh semua kalangan.

Gambar 1. Tren Industri Pariwisata Kemenparkraf

Konsep all you can eat sendiri sebenarnya sudah ada sejak abad ke 16. Dilansir dari validnews menunjukan bahwa Swedia sebagai negara yang mengawali konsep ala prasmanan ini. Konsep prasmanan ini disebut dengan nama brannvinsboard di kalangan masyarakat Swedia. Beragam makanan yang tersaji seperti roti, mentega, keju, ikan, daging, hingga buah-buahan.

Selanjutnya konsep AYCE semakin populer pada pertengahan abad ke 20 di Amerika Serikat. Konsep ini diadopsi oleh restoran-restoran buffet yang menghadirkan berbagai jenis hidangan dalam jumlah yang berlimpah kepada konsumen dengan harga tetap. Restoran buffet pertama yang terkenal bernama “Horn & Hardart Automat” didirikan di Philadelphia pada tahun 1902.

Di Indonesia sendiri, eksistensi resto AYCE meningkat salah satunya karena menjamurnya rekomendasi warganet TikTok. Warganet pecinta kuliner di Indonesia memberi rekomendasi restoran all you can eat yang menyajikan menu makanan Jepang, Korea, Thailand, hingga western style.

Netray coba melakukan pemantauan resto AYCE mana saja yang populer sekaligus diminati oleh warganet. Dengan menggunakan kata kunci all you can eat, all u can eat, dan ayce, Netray menemukan sebanyak 193 video Tiktok diunggah selama periode dua minggu yakni tanggal 11 September hingga 24 September 2023. Video dengan kata kunci telah diputar 8,4 juta kali, dengan total impresi mencapai 385,2 ribu kali yang berupa 358,2 ribu likes, 6.028 komentar dan dibagikan ulang sebanyak 21 ribu kali.

Gambar 2. Statistik unggahan TikTok Resto AYCE

Rekomendasi Populer Resto All You Can Eat

  1. Membara Grill 
Gambar 3. Rekomendasi Membara Grill @lordjajanofficial

Resto yang menyediakan menu grill (panggang) dan shabu-shabu; sajian irisan daging dan sayuran rebus ala Jepang terlihat direkomendasikan oleh akun @lordjajanofficial. LORD JAJAN sendiri dalam unggahannya memilih hidangan steamboat berupa bakso, sosis, crabstick, jamur enoki, jamur kancing, sayur, keju mozarella, mie dan bihun hingga daging. Ia juga memilih makanan manis seperti wafel dan Marshmallow yang disiram coklat.

Hidangan all you can eat seperti yang ditampilkan Lord Jajan dapat dimakan hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 78.000 dengan durasi makan sepanjang 90 menit. Membara Grill berada di beberapa lokasi seperti Condet, Depok dan Pamulang. Video yang diunggah akun ini menjadi video terpopuler sepanjang periode pemantauan hingga mampu memperoleh 79.9 ribu likes, 473 komentar, dan dibagikan ulang sebanyak 784 kali.

  1. Cinmoi Restoran – Golden Tulip Hotel
Gambar 4. Rekomendasi Cinmoi Restoran @ka.keju.kulineran

Hotel pun kini juga tak hanya jadi tempat menginap, namun juga menyajikan konsep AYCE untuk sarapan, makan siang, makan malam atau momen tertentu seperti buka puasa. Seperti dari akun @kak.keju.kulineran yang terlihat merekomendasikan all you can eat di Golden Hotel Tulip Pontianak seharga Rp 98.000 tanpa batas waktu makan.

Sajian yang dihidangkan pun begitu beragam berupa makanan utama prasmanan ala Indonesia, nasi hainan, mie ayam bakso, bubur. Kemudian appetizer atau makanan pembuka berupa dimsum, salad buah. Lalu disajikan pula dessert atau makanan penutup seperti cupcake, donat, pudding, kue, serta buah-buahan.

Hidangan Sunday brunch Cinmoi restoran ini dapat dinikmati setiap hari Minggu dari pukul 09.00 – 14.30 WITA. Video yang diunggah KAK KEJU ini menjadi populer hingga mampu menarik reaksi warganet 27.6 ribu likes, 796 komentar, dan dibagikan ulang sebanyak 3,3 ribu kali.

  1. Kong Mekarwangi
Gambar 5. Rekomendasi Kong @bettyagustina

Resto AYCE Kong yang terletak Mekarwangi, Bandung bertemakan grill & shabu direkomendasikan oleh akun @bettyaugustina. Kong mematok harga mulai Rp 98.000 untuk dapat memakan semua hidangan yang disajikan. Seperti daging sapi wagyu, saikoro, tenderloin hingga sirloin. Kemudian daging ayam, hingga sate dan seafood seperti dori, cumi , udang, dan kerang  juga tampak melimpah. Aneka jamur dan sayuran juga tersaji lengkap untuk mendampingi makan daging.

Tersedia pula makanan lainnya seperti pasta, gyoza, bubur, croffle, pancake, dimsum, dan tempura. Aneka makanan penutup juga disiapkan resto ini seperti buah, pudding, serta es krim enam rasa. Betty Agustina mengaku merogoh kocek Rp 123.500 untuk memakan hampir semua sajian. Video rekomendasi yang diunggahnya ini berhasil menarik impresi warganet dengan 15, 2 ribu likes, 301 komentar, dan dibagikan ulang sebanyak 1,6 ribu kali.

  1. Super Yakiniku
Gambar 6. Rekomendasi Super Yakiniku @suryaadhisaputra

Super Yakiniku yang berlokasi di Pondok Indah Mall, Kebayoran Lama Jakarta terlihat direkomendasikan akun @suryaadhisaputra. Dengan harga Rp 155.000, pembeli sudah bisa menikmati berbagai pilihan daging dan makanan pelengkapnya. Tersedia juga berbagai macam salad, sup, gorengan, hingga minuman.

Tak hanya itu, ada pula menu all you can eat lainnya yang disajikan seperti gyoza, chicken karage, hingga ramen. Dari berbagai makanan yang ada akun @suryaadhisaputra tampak menonjolkan berbagai jenis daging yang dapat dinikmati dengan saus yang diracik sendiri. Ia juga menyukai sayuran yang dapat diminta untuk menemani makan daging seperti selada hingga kimchi.

Menu makanan penutup juga disoroti oleh akun ini karena rasanya yang enak seperti milk pudding caramel dan buah-buahan segar. Unggahan resto AYCE Jepang ini berhasil menarik perhatian warganet dengan 8,6 ribu likes, 95 komentar, dan dibagikan ulang sejumlah 1,1 ribu kali.

  1. Genki Sushi
Gambar 7. Rekomendasi Genki Sushi @walidaika

Restoran bertema Jepang yang khusus menyajikan sushi ini juga mulai mengadopsi konsep AYCE. Meskipun begitu, layanan AYCE tak tersedia setiap hari. Hanya pada tanggal tertentu setiap bulan. Para konsumen harus bersedia untuk melihat sosial media resto ini jika sewaktu-waktu pengumuman all you can eat dibuka.

Akun @walidaika pun telah mencoba hidangan AYCE yang disediakan. Konsumen dapat menikmati AYCE dengan membayar mulai Rp 128.000 dalam waktu 75 menit. Sushi yang disediakan pun begitu beragam mulai dari telur, salmon, tuna, hingga gurita. Namun jika konsumen tak mampu menghabiskan hidangan yang telah dipilihnya maka akan dikenakan denda sebesar Rp 25.000.

Walidaika melalui unggahannya merekomendasikan salmon cheese nigiri, salmon salad, mala fire roll menjadi makanan terfavoritnya. Genki Sushi sendiri sudah memiliki banyak cabang di kota besar seperti Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Surabaya hingga Batam. Video unggahan rekomendasi AYCE di Genki Sushi ini berhasi meraih 9 ribu likes, 45 komentar, dan dibagikan ulang sejumlah 193 kali.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Ananditya Paradhi

More like this

Beras Mahal dan Langka, Silang Sengkarut Kebijakan Impor dan Bansos Pemerintah

Beras mahal dan kian langka, kini mulai diteriakkan oleh warganet. Kenaikan harga bahan pokok...

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar...

Puluhan Petugas KPPS Tumbang, Warganet Tepis Tudingan Kecurangan

Pra pemilu, publik sempat terhibur atas lelucon petugas KPPS yang ‘naik kelas’ dari honorer...
%d bloggers like this: