BerandaCurrent ReportFansmeeting Amburadul, Whitelab Banjir Sentimen Negatif

Fansmeeting Amburadul, Whitelab Banjir Sentimen Negatif

Published on

Whitelab mendapat serangan dari fanbase Sehun EXO setelah fanmeeting yang diselenggarakannya pada Minggu, 6 November 2022 lalu dinilai gagal. Puluhan ribu twit yang mencatut kata kunci whitelab didominasi oleh sentimen negatif. Kritik dan tuntutan permintaan maaf santer disuarakan warganet terutama dari fanbase Sehun kepada pihak Whitelab.

Media Monitoring Netray memantau ramainya serangan fans Sehun terhadap Whitelab pada kanal Twitter. Menggunakan satu kata kunci, yakni whitelab, Netray menemukan 52,2 ribu twit dalam periode pemantauan 31 Oktober – 8 November 2022. Peak time perbincangan terjadi pada tanggal 7 Novermber 2022, sehari setelah acara tersebut berlangsung. Dalam satu hari tersebut, bahkan ditemukan sebanyak 35.909 twit yang mencatut kata kunci.

Gambar 1 Peak Time dan Sentiment Trend

Dari lebih dari 52 ribu twit yang berhasil dihimpun oleh Netray, 72% di antaranya terindentifikasi sebagai twit bersentimen negatif. Sedangkan hanya 14% di antaranya yang memuati twit bersentimen positif.

Perbincangan terkait ‘carut marutnya’ fansmeeting yang diadakan Whitelab ini menyita perhatian warganet. Terlihat dari jumlah impresi yang didapat dari topik ini yakni mencapai 129,7 juta impresi. Twit yang digaungkan kurang lebih 9 ribu akun ini bahkan mampu mencapai potential reach sebanyak 82,2 juta akun.

Gambar 2 Statistik Topik Fansmeeting Whitelab

Mulai dari Giveway Hingga Fansmeeting, Whitelab Dihujani Kritikan

Pengumuman giveaway ‘golden ticket‘ yang diberikan oleh Whitelab sempat menuai cacian dari warganet yang merupakan peserta giveaway dan juga EXO-L. Hal ini karena pemenang giveaway tersebut bukan datang dari EXO-L, namun dari fanbase lain. Inilah yang menjadi pemantik EXO-L menghujani kritikan terhadap Whitelab.

Gambar 3 Twit Pengumuman Pemenang Giveaway

Terlihat dari gambar di bawah ini sentimen negatif mendominasi perbincangan topik di hari tersebut. Grafik perbincangan mulai merangkak naik sejak pukul 12.00 WIB setelah Whitelab memberikan nama pemenang golden ticket tersebut.

Gambar 4 Peak Time dan Sentiment Trend Tanggal 31 Oktober 2022

Seruan protes terus disuarakan oleh EXO-L yang juga menjadi konsumen produk Whitelab lantaran idolanya, Sehun menjadi BA Whitelab. Warganet merasa kecewa dengan putusan tersebut. Bahkan tak sedikit warganet yang mengecam keputusan pemenang yang diundi oleh Whitelab tersebut.

Gambar 5 Sampel Twit
Gambar 6 Sampel Twit

Sempat reda menjelang hari H, topik ini kembali mendapat perhatian warganet setelah acara tersebut berjalan tak semulus dugaan fans Sehun. Kemunculan Sehun yang hanya berlangsung 10 menit membuat penggemar kecewa dengan sikap Whitelab. Warganet menilai pihak penyelenggara kurang kompeten dalam membuat sebuah acara dengan artis ternama. ‘Kurang riset’ digemakan beberapa warganet yang turut mengkritik kegagalan event tersebut.

Gambar 7 Sampel Twit
Gambar 8 Sampel Twit

Banjir kritik dan komplain, Whitelab mendulang sentimen negatif lantaran hal ini. Komplain kecewa hingga cacian seperti ‘bego’ dilayangkan warganet yang menilai acara ini gagal dalam penyelenggaraannya. Bahkan, seruan boikot pun juga dilayangkan warganet imbas kejadian tersebut.

Gambar 9 Jajaran Top Complaints

Gambar 10 Sampel Twit
Gambar 11 Sampel Twit

Kekecawaan tak berhenti pada pengumuman giveaway dan teknis cara, staf Whitelab juga menjadi sasaran warganet terutama EXO-L. Sikap staf Whitelab dinilai kurang beretika lantaran salah satu staf ‘tertangkap basah’ membuat snapgram yang diisi dengan kata-kata yang menyakiti EXO-L. Mengecap fanbase Sehun sebagai ‘fanatik’ memantik sejumlah EXO-L untuk turut mengkritik sikap staf tersebut. Terlebih lagi, setelah membuat snapgram tersebut sang staf justri berfoto menggunakan karangan bunga yang seharusnya untuk Sehun.

Gambar 12 Unggahan @OhSehunGlobal
Gambar 13 Sampel Twit

Akibat kekesalan ini, seruan boikot terhadap brand lokal ini juga membanjiri topik. Bahkan warganet juga mengklaim bahwa produk ini ‘laris manis’ hanya karena mempunyai brand ambassador Sehun sehingga para EXO-L turut membeli produk tersebut. Twit boikot ini mendapat atensi warganet. Bahkan dalam satu twit, seperti twit milik akun @baekyeolpups terdeteksi memperoleh ribuan impresi.

Gambar 14 Sampel Twit

Melalui akun resminya, 7 November 2022 pukul 21.59 WIB, Whitelab menggunggah permintaan maaf atas ketidaknyamanan para penonton terutama penggemar Sehun dalam acara tersebut. Dalam permintaan maaf tersebut, Jessica Lin selaku Co Founder juga mengungkapkan bahwa pihaknya juga tengah menindak tegas oknum-oknum yang dinilai berkomentar ‘tidak berkenan’.

Meski demikian, masih banyak warganet yang kecewa atas dengan kejadian tersebut. Berharap mendapat impresi positif dengan menggandeng personil boyband Korea ternama, justru hal ini menjadi bumerang setelah event yang digawanginnya dinilai ‘amburadul’ oleh penggemar Sehun yang tak lain juga merupakan konsumen Whitelab.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Menyelisik Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI, Status Tersangka dan Langkah Polisi Mencari Fakta

Perkembangan kasus tabrak lari yang menewaskan seorang mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Athalla...

Sedih JD.ID Tutup, Warganet Bagikan Pengalaman Berbelanjanya

Situs belanja online JD.ID resmi mengumumkan akan berhenti beroperasi per 31 Maret 2023. Anak...

Produk Skincare dengan Retinol dalam Perbincangan Warganet

Retinol bahan aktif vitamin A belakangan menjadi salah satu kandungan skincare yang populer. Dikenal...
%d blogger menyukai ini: