BerandaHiburanUsung Konsep Hybrid dan NFT, Tiket Prambanan Jazz Sold Out

Usung Konsep Hybrid dan NFT, Tiket Prambanan Jazz Sold Out

Published on

Pegelaran musik jazz berskala internasional, Prambanan Jazz Festival (PJF) akan hadir kembali di tahun ini. Antusiasme warganet Twitter pun pecah ketika line-up PJF 2022 resmi diumumkan oleh akun @PrambananJazz . Apalagi, kini Prambanan Jazz mengusung konsep hybrid dan menawarkan NFT. Meski masih terhitung 4 bulan lagi, tiket konser PJF kini sudah terjual habis.

Media Monitoring Netray melakukan pantauan dengan menggunakan kata kunci prambanan jazz selama periode 1-21 Maret 2022. Hasilnya, Netray menemukan sebanyak 2.078 twit yang membubuhkan kata kunci tersebut dengan dominasi sentimen positif.

Dari ribuan twit ini, 796 di antaranya merupakan twit yang memuat sentimen positif, sedangkan 385 lainnya memuat sentimen positif. Artinya, sambutan positif terhadap Prambanan Jazz memang tinggi. Meski demikian ada juga hal negatif yang mengisi opini warganet ketika membicarakan topik ini.

Gambar 1. Statistik Report Kata Kunci “prambanan jazz”

Konsep Hybrid dan Tiket NFT Prambanan Jazz Jadi Sorotan

Festival musik jazz yang akan diselenggarakan di pelataran Candi Prambanan, Jawa Tengah ini rencananya akan digelar mulai tanggal 1-3 Juli 2022. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya diselenggarakan secara virtual, kali ini PJF 2022 diadakan secara hybrid yakni menggabungkan konsep daring dan luring.

Dengan adanya konsep ini, panitia berharap kapasitas terbatas menonton secara offline tidak mengurangi antusiasme PJF Lovers. Tema Sewindu Merayakan Rindu pun dipilih untuk mewakili perasaan penggemar Prambanan Jazz yang rindu suasana menyaksikan konser secara langsung.

Benar saja, kehadiran konser luring musik jazz ini disambut meriah oleh pencintanya. Banyak warganet yang menyatakan kerinduannya menyaksikan konser tersebut. Bahkan kehadiran konser virtual pun juga masih diminati penggemar PJF yang tak bisa hadir ke Jogja.

This image has an empty alt attribute; its file name is virtual.png
This image has an empty alt attribute; its file name is offline.png

Selain mengusung konsep hybrid, kebaruan lain yang diusung Prambanan Jazz adalah memanfaatkan Non-Fungible Token (NFT) sebagai tiket masuk pertunjukan, yakni sebanyak 1.000 collection item. Kehadiran Prambanan Jazz NFT ini merupakan pioner NFT di dunia festival musik Indonesia.

manfaat nft prambanan jazz
Gambar 2. Prambanan Jazz NFT dan Manfaat yang Didapat

Berdasarkan rilis resmi yang diunggah oleh akun Prambanan Jazz, para pemilik Prambanan Jazz NFT akan mendapatkan manfaat yang terbilang eksklusif. Di antaranya adalah akses untuk menonton Prambanan Jazz seumur hidup, mendapatkan merchandise gratis, bebas antre, meet and greet eksklusif dengan para artis, hingga mendapat posisi VVIP di area konser. Usungan ini pun sontak menyedot perhatian warganet yang bahkan berharap bisa mendapatkan kesempatan emas tersebut.

This image has an empty alt attribute; its file name is nft-3.png
This image has an empty alt attribute; its file name is nft-2.png

Tiket Sold Out Meski Mahal

Menghadirkan musisi kawakan Tanah Air, PJF 2022 telah menyediakan 2.500 tiket. Meski masih H-4 bulan penyelenggaraan, tiket PJF 2022 yang sudah dapat dipesan sejak 3 Maret 2022 lalu dikabarkan telah ludes dibeli oleh penggemarnya, PJF Lovers.

Musisi Tulus yang baru saja mengeluarkan album terbarunya, yakni Manusia merupakan salah satu guest star yang paling ditunggu-tunggu oleh warganet. Terlihat kosakata tulus bertengger dalam jajaran Top Words Netray. Kehadiran Tulus dalam dua hari pagelaran membuat warganet semakin antusias menantikan festival musik ini.

Gambar 3. Daily line-up Prambanan Jazz

Line-up hari kedua yang mempersembahkan penampilan musisi Tulus dan Kunto Aji bahkan sudah mencuri perhatian warganet. Selanjutnya di hari ketiga Tulus kembali dihadirkan bersama dengan musisi legendaris Kahitna sehingga membuat tiket day-3 semakin banyak diserbu dan membuat beberapa warganet kehilangan kesempatan untuk mendapatkan tiket menonton secara offline.

This image has an empty alt attribute; its file name is tulus-2.png
This image has an empty alt attribute; its file name is tulus-2-1.png

Keterbatasan tiket yang disediakan oleh penyelenggara menimbulkan keluhan dari warganet yang selama ini menantikan Prambanan Jazz. Tak sedikit warganet yang mengungkapkan kekesalan bahkan kekecewaannya lantaran kesulitan mendapatkan tiket offline tersebut.

Tidak hanya perihal tiket yang terbatas, harga tiket PJF 2022 juga menjadi sorotan lantaran dinilai mahal dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Melansir dari akun Twitter Prambanan Jazz, tiket PJF 2022 dibagi menjadi 3 kelas, yakni Roro Jonggrang Pass dengan harga 750 ribu, Hanoman Pass 500 ribu, dan tiket virtual (online) 50 ribu.

Gambar 4. Perbincangan Topik Prambanan Jazz yang Diisi Sentimen Negatif

Kehadiran Prambanan Jazz 2022 yang mengusung konsep dan penawaran terbaru di tahun ini berhasil menyedot kembali animo pencinta musik jazz tanah air yang telah lama menantikan festival ini. Hadirnya bintang tamu, jajaran musisi besar Indonesia juga menjadi daya tarik festival yang menawarkan tiket NFT ini. Meski masih dalam kondisi pandemi, pagelaran yang diklaim ketat prokes tersebut diharap mampu memuaskan kerinduan para pencintanya.

Simak analisis lainnya melalui https://analysis.netray.id/ dan analisis mendalam Netray melalui https://medium.com/@netrayID

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Aksi Tak Senonoh Musisi Pamungkas Hebohkan TikTok dan Twitter

Nama musisi Pamungkas sedang menjadi bahan pergunjingan publik Indonesia yang diwakili oleh suara warganet....

Melihat Citra Polisi di TikTok yang Dominan dengan Kasus Ferdy Sambo

Kasus pembunuhan yang menyeret Irjen Pol Ferdy Sambo sebagai tersangka jadi perbincangan hampir di...

Kategori Entertainment Dominasi Berita Perayaan HUT RI ke-77 di Istana Negara

Kemeriahan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Istana Negara menggema...
%d blogger menyukai ini: