BerandaCurrent ReportTeori Cocoklogi dan Kritik Warganet Mereview Pengabdi Setan 2

Teori Cocoklogi dan Kritik Warganet Mereview Pengabdi Setan 2

Published on

Pengabdi Setan 2: Communion akhirnya rilis pada 4 Agustus 2022. Sebagai salah satu film horor yang paling ditunggu di tahun 2022, Pengabdi Setan 2 berhasil menjadi bahan perbincangan di media sosial Twitter. Film yang diklaim telah menarik penonton sebanyak lebih dari tiga juta dalam 5 hari penayangan berdasarkan laporan twit Joko Anwar ini masih terus ramai dibicarakan hingga artikel ini ditulis. Mulai dari memberi ulasan film hingga berbagi opini soal teori yang dibubuhkan dalam film sekuel tersebut.

Gambar 1 sampel twit

Dari pantauan Media Monitoring Netray, sepanjang 3-8 Agustus 2022, kata kunci ‘joko anwar’ dan ‘pengabdi setan 2’ telah muncul sebanyak lebih dari 44 ribu twit. Adapun perbincangan warganet terkait kata kunci tersebut memuncak di tanggal 8 Agustus 2022 dengan total mencapai 21.678 twit.

perbincangan pengabdi setan 2
Gambar 2 Peak Time Topik Pengabdi Setan 2

Topik ini semakin ramai dibahas terutama setelah Joko Anwar turut membagikan utas “a companion thread ke dunia Pengabdi Setan 2 Communion” yang diperuntukkan bagi para penonton Pengabdi Setan 2 pada 8 Agustus 2022. Banyaknya impresi yang diperoleh, menempatkan akun @jokoanwar sebagai akun paling berpengaruh dalam perkembangan topik ini. Atau dapat dikatakan, twit ini menjadi pemantik diskusi bagi warganet secara lebih luas lagi soal film Pengabdi Setan 2.

Gambar 3 Sampel Twit
Gambar 4 Jajaran Top Accounts

Teori ala Warganet Twitter

Perbincangan mengenai review sebuah film mungkin menjadi hal yang biasa, namun munculnya berbagai teori yang merupakan hasil olah pikir penonton bisa saja menjadi acuan bahwa film tersebut memang memiliki daya tarik. Pengabdi Setan 2 berhasil memunculkan hal tersebut. Berbagai teori mulai ditwitkan oleh warganet. ‘Cocok logi’ warganet tentang film tersebut berhasil menyita perhatian warganet lainnya sehingga hal tersebut dinilai sebagai keberhasilan Joko Anwar dalam menyajikan film.

Gambar 5 Sampel Twit

Pertanyaan-pertanyaan yang masih berkeliaran di pikiran penonton melahirkan spekulasi tentang ‘mengapa Joko Anwar menyuguhkan hal tersebut?’ hingga sampai pada ‘apa yang ingin disampaikan Joko Anwar?’. Warganet pun mencoba membagikan hasil pemikiran mereka berdasarkan pengalaman menonton masing-masing.

Gambar 6 Sampel Twit

Mematikan sosok ustadz dalam film garapannya membuat Joko Anwar dihujani pertanyaan ‘mengapa’. Bahkan warganet menilai bahwa Joko Anwar adalah sosok islamophobic. Namun, pernyataan ini justru menjadi ajang adu argumen warganet yang menilai sebaliknya.

Warganet menilai bahwasannya melalui kematian ustadz-ustadz dalam film garapannya, Joko Anwar ingin menyampaikan sebuah pesan kepada masyarakat. Salah satunya ialah seperti yang disampaikan oleh akun @mauveburgundy yang menyatakan bahwa Joko Anwar ingin menyadarkan penonton jika ustadz merupakan manusia biasa sehingga tidak seharusnya penonton ‘melabeli’ ustadz sebagai orang suci yang tidak bisa dikalahkan.

Gambar 7 Sampel Twit

Teori selanjutnya yang menjadi perhatian warganet ialah adanya sosok Batara dan Darminah yang tidak secara gamblang disajikan Joko Anwar tentang ‘siapa mereka sebenarnya’. Sehingga spekulasi mengenai sosok keduanya pun menjadi perbincangan warganet. Tentang hal tersebut warganet menilai kedua sosok tersebut disajikan sebagai penggambaran bahwasannya ada makhluk lain di dalam kehidupan nyata manusia.

Gambar 8 Sampel Twit

Masih banyak misteri-misteri yang coba dipecahkan oleh warganet ke dalam teori yang merupakan hasil pengamatan mereka. Kejadian-kejadian yang tidak secara gamblang digambarkan menjadi perhatian bahkan malah membikin penasaran warganet terkait apa yang sebenarnya terjadi.

Gambar 9 Sampel Twit

Lokasi Syuting; Proyek 1000 Tower yang Terbengkalai

Selain menjadi ajang adu teori, yang menjadi daya tarik dari film ini ialah pemilihan lokasi syuting. Joko Anwar menjadikan Rusun Sumber Artha sebagai latar pembuatan Pengabdi Setan 2. Mengapa tempat ini menjadi salah satu daya tarik perbincangan warganet?

Gambar 10 Sampel Twit

Usut punya usut, rusun yang memiliki sebutan rusun 1000 tower ini merupakan proyek terbengkalai dari sebuah program era Presiden SBY. Proyek yang diklaim menelan biaya puluhan triliun tersebut mangkrak sejak 2009, dua tahun setelah proyek tersebut berjalan. Maka tak ayal, rusun yang merupakan hasil proyek gagal tersebut menjadi ajang warganet untuk menyampaikan kritik terhadap pemerintahan SBY.

Gambar 11 Sampel Twit

Sebenarnya tidak sedikit juga warganet yang tidak tahu menahu perihal rusun yang gagal dibangun tersebut. Namun, berkat tangan dingin Joko Anwar lokasi ini menjadi viral bahkan menjadi bulan-bulanan warganet yang kecewa dengan gagalnya proyek yang menelan dana puluhan triliunan tersebut. Dalam hal ini, Joko Anwar pun menuai pujian lantaran berhasil mengingatkan masyarakat serta memanfaatkan rusun yang belasan tahun terbengkalai tersebut.

Warganet juga menilai bahwa pemilihan lokasi ini memiliki maksud terselubung. Hal ini disampaikan oleh satu warganet yang menilai Joko Anwar ingin menyampaikan kritik melalui dialog di salah satu scene dalam film ini.

Gambar 12 Sampel Twit

Kritik untuk Pengabdi Setan 2; Soal Flash hingga Review Underexpectacion

Meski ramai mendapat impresi positif, topik ini juga tak lepas dari twit negatif dari warganet. Dari 44,8 ribu twit dengan periode pemantauan 3-9 Agutus 2022, 16,7 ribu di antaranya terindikasi sebagai twit bersentimen negatif. Twit yang terindikasi negatif ini setidaknya terbagi menjadi 2, yaitu efek negatif yang dirasakan seperti takut, seram, tegang dan perasaan berkonotasi negatif lainnya yang barangkali di sisi lain menjadi keberhasilan Joko Anwar dalam mengemas film horornya karena menimbulkan kesan tersebut.

Gambar 13 Sampel Twit
Gambar 14 Sampel Twit

Sedangkan sisanya adalah respons negatif yang merujuk kepada film tersebut, seperti kritik soal penggunaan efek flash berlebihan pada film hingga review-review warganet yang menilai film ini di bawah ekspektasi seperti tidak seram ataupun cerita yang membingungkan. Jadi, sentimen negatif yang mendominasi dalam kata kunci ini sama sekali tidak mutlak hanya mencerminkan kualitas film ini.

Gambar 15 Sampel Twit

Misteri-misteri yang terpecahkan justru memunculkan misteri baru di Pengabdi Setan 2. Cerita bahkan tokoh yang disajikan oleh Joko Anwar membuat penontonnya bertanya-tanya sehingga banyak warganet yang juga merasa bingung dengan film sekuel ini.

Gambar 16 Sampel Twit
Gambar 17 Sampel Twit

Banyaknya sumbangan twit negatif tersebut juga didukung dari kumpulan kosakata komplain yang terjaring oleh Netray. Seperti jelek, kecewa, susah tidur, bahkan susah ditebak. Deretan komplain tersebut disampaikan warganet sehingga menyumbang sentimen negatif pada kedua kata kunci ini.

Kata jelek dan kecewa paling banyak berisi soal penilaian warganet terhadap alur cerita film Pengabdi Setan 2. Warganet menilai alur ceritanya berantakan sehingga tidak sedikit yang kecewa lantaran ekpektasi warganet terhadap garapan Joko Anwar yang diharapkan mampu memberikan suguhan yang lebih apik dan mematahkan stigma film horor asal seram tapi tidak punya cerita yang jelas tidak bisa didapatkan di sini,

Gambar 18 Jajaran Top Complaints
Gambar 19 Sampel Twit

Meski demikian, film yang diklaim telah menyedot lebih dari tiga juta penonton dalam 5 hari penayangan ini mampu menyedot perhatian bahkan melahirkan teori-teori ala penonton sebagai feedback hingga membuka diskusi di antara warganet lainnya. Dengan kata lain, film besutan Joko Anwar kali ini berhasil mencuri perhatian penontonnya. Lalu, bagaimana menurutmu? Teori apa yang ada di pikiranmu setelah menonton film ini?

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Hillary Brigitta Laporkan Mamat Alkatiri, Nasdem Kecipratan Sentimen Negatif

Nama Mamat Alkatiri menjadi trending topik pada 4 Oktober 2022 setelah dirinya dilaporkan oleh...

Tragedi Kanjuruhan dan Carut Marut Sepak Bola Indonesia di Mata Warganet

Setidaknya 125 orang dipastikan tewas di Stadion Kanjuruhan Malang per 3 Oktober 2022 menurut...

Prank KDRT Baim Paula Berbuntut Permintaan Maaf Setelah Dihujani Sentimen Negatif Warganet

Konten prank KDRT menyeret nama Baim Wong dalam ribuan sentimen negatif. Warganet merasa terusik...
%d blogger menyukai ini: