Home#Membaca2024Topik Sindiran Anies ke Ganjar Ramai di Twitter Sepi di Pemberitaan Media...

Topik Sindiran Anies ke Ganjar Ramai di Twitter Sepi di Pemberitaan Media Massa

Published on

Anies Baswedan disinyalir memberikan sindiran kepada Ganjar Pranowo saat berpidato di perayaan Milad Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ke 21 pada Sabtu 20 Mei 2023. Anies berujar bahwa ia akan kalah adu lari keliling Indonesia, akan tetapi ia siap untuk adu gagasan. Pernyataan ini membuat gaduh publik dan memanaskan situasi politik menjelang Pemilu 2024. Hal ini mengingat Ganjar Pranowo yang kerap membagikan potretnya kala sedang melakukan aktivitas lari pagi.

Kegaduhan tersebut Netray potret melalui pemantauan linimasa Twitter. Pemantauan dilakukan selama sepekan, yakni dalam periode 17 Mei hingga 23 Mei 2023. Untuk menjaring unggahan twit dan berita dalam topik sindiran Anies ke Ganjar, Netray Media Monitoring menggunakan kata kunci “anies”, “ganjar”, dan “lari pagi”. Hasilnya bisa disimak di bawah ini.

Selama sepekan, twit warganet yang berhasil dikumpulkan Netray terhitung cukup tinggi, yakni sebanyak 2.618 twit dengan kata kunci. Sedangkan pekan sebelumnya hanya ada 503 twit. Artinya, perbincangan terkait topik sindiran Anies melonjak secara signifikan dengan kisaran persentase sebesar 420%.

sindiran
Gambar 1. Total twit dan Peak Time

Dari grafik pada Gambar 1 di atas juga terlihat bahwa terdapat lonjakan intensitas perbincangan pada tanggal 17 Mei, 21 Mei dan 23 Mei. Lebih jelas lagi, lonjakan tersebut terjadi pada satu hari sebelum pidato Anies di acara PKS, bertepatan dengan acara, serta dua hari setelahnya.

Netray menemukan kurang lebih 1,8 juta impresi terkumpul dalam bentuk reply, retweet, dan favorites (Gambar 2). Dengan tingkat impresi sebesar ini, perbincangan tersebut secara potensial dapat menjangkau 59,5 juta akun berbahasa Indonesia.

Gambar 2. Impresi dan jangkauan potensial perbincangan

Saat perbincangan meningkat pada tanggal 17 Mei, perbincangan lebih banyak dikuasai oleh twit dengan sentimen negatif. Tampaknya, masing-masing pendukung Anies maupun Ganjar sudah saling serang menggunakan topik kebiasaan olahraga lari tersebut. Perbincangan lantas meredup hingga mendekati hari saat Anies memberi pidato. Pada tanggal 20 Mei, perbincangan mulai meningkat dan twit dengan sentimen negatif mendominasi linimasa Twitter.

Gambar 3. Sentimen unggahan warganet
Gambar 4. Contoh twit sebelum pidato Anies

Jumlah twit dengan sentimen positif sempat mengimbangi pada tanggal 21 Mei. Akan tetapi intensitas twit dengan sentimen positif justru menurun dan hingga akhir periode pemantauan didominasi penuh oleh twit dengan sentimen negatif. Total terdapat 1.476 twit sentimen negatif berbanding 544 twit positif.

Perbincangan Publik Tentang Sindiran Anies ke Ganjar

Akun media massa menjadi semacam ruang bagi pro dan kontra warganet terkait sindiran yang dilayangkan Anies Baswedan untuk Ganjar Pranowo. Antara lain akun milik @CNNIndonesia dan @KompasTV. Masing-masing akun meraup impresi tertinggi dalam pemantauan ini, yakni 19.608 impresi untuk @CNNIndonesia dan 11.531 impresi bagi @KompasTV.

Gambar 5. Akun dengan impresi terbanyak
Gambar 6. Perbincangan warganet pada unggahan akun media massa

Kubu-kubuan warganet juga ditemukan dari akun-akun populer di Twitter yang mengisi grafik Top Accounts. Akun seperti @ch_chotimah2, @Paltiwest, dan @yusuf_dumdum adalah akun yang memiliki sikap kontra dengan Anies Baswedan.

Akun @ch_chotimah2 menyebut bahwa memang betul bahwa Ganjar suka lari pagi sedangkan Anies suka lari dari janji. Sedangkan akun @Paltiwest mencibir bahwa Anies bukan adu gagasan tetapi adu membohongi rakyat. Hal ini diperinci oleh twit @yusuf_dundum lewat sejumlah fakta ingkar janji Anies seperti rumah DP 0 dan janji tolak reklamasi.

Gambar 7. Twit dari akun kontra pidato Anies sindir Ganjar

Sejumlah akun yang mendukung Anies juga memperoleh impresi yang tinggi. Dari daftar di atas (Gambar 5 ) terpantau akun @HensuAja dan @marlina_idha melihat sindiran Anies sebagai hal yang positif. Bagi mereka Anies tidak perlu lari-lari dan selfie di medsos untuk pencitraan semata seperti yang biasa dilakukan oleh Ganjar.

Gambar 8. Twit dari akun pro pidato Anies

Meskipun ramai di media sosial, pemantauan kanal berita daring justru menunjukkan fakta yang sebaliknya. Dengan periode dan kata kunci yang sama, Netray hanya menemukan 142 artikel di kanal media massa. Termasuk hanya 48 kantor berita yang mengolah isu ini.

Gambar 9. Statistik pemantauan media massa

Tribun Network menjadi grup media massa yang paling sering memberitakan cerita kontroversial ini. Media utama mereka di Tribunnews.com memuat 16 artikel, sedangkan portal Wartakota.tribunnews.com memuat 10 berita. Belum termasuk portal-portal mereka yang berada di daerah seperti Tribunnews Medan atau Tribunnews Manado.

Gambar 10. Intensitas pemberitaan media massa

Media massa yang memiliki unggahan twit yang meraup impresi terbanyak justru hanya merilis sedikit artikel. CNNIndonesia.com hanya menerbitkan 5 artikel saja. Sedangkan Kompas.tv hanya mengunggah 4 artikel yang membahas sindiran Anies ke Ganjar.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Kontroversi Film Kiblat, Kenapa Rumah Produksi Gemar Bikin Film Horor Religi?

Film Kiblat yang baru rilis trailer pada Kamis, 21 Maret 2024 lalu sudah menuai...

Polemik Jersei Timnas dalam Pantauan Perbincangan Media Sosial X

Seragam (jersei) resmi tim nasional Indonesia terbaru untuk 2024 telah dirilis oleh PSSI. Seperti...

Protes Warganet atas Aturan Pajak PPh 21, Tak Sepadan dengan Layanan dan Soroti Perilaku Oknum

Penyaluran THR pada lebaran 2024 ini diwarnai dengan cerita yang berbeda. Pasalnya warganet menemukan...
%d bloggers like this: