BerandaCurrent ReportReview Kereta Panoramic, Warganet Soroti Harga Tiket dan Fasilitas

Review Kereta Panoramic, Warganet Soroti Harga Tiket dan Fasilitas

Published on

Kereta Panoramic resmi beroperasi sejak 24 Desember 2022. Menyuguhkan fasilitas terbarunya, KAI mempersembahkan kereta panoramic dengan gerbong mewah yang dapat digunakan untuk menikmati pemandangan secara luas. Meski banyak menuai sentimen positif, kritik atas kehadiran gerbong glamor ini masih mengiringi perbincangan. Namun, tidak sedikit juga warganet yang tetap tertarik mencoba dan membagikan ulasannya di media sosial.

Untuk melihat seperti apa impresi warganet terkait kehadiran kereta baru ini, Media Monitoring Netray memantau perbincangan warganet Twitter dan unggahan video TikTok (VT) dalam periode 22-28 Desember 2022.

Hasilnya ialah dalam kanal Twitter ditemukan sebanyak 2.533 twit yang menggunakan kata kunci kereta && panoramic dan tagar keretapanoramic. Topik ini menarik perhatian publik, terutama warganet. Terlihat dari jumlah akun yang mencuitkan kata kunci tersebut ialah sebanyak 1.334 akun dengan potensi jangkauan yang mampu mencapai 85,5 juta akun.

Gambar 1 Statistik Perbincangan

Perbincangan tentang kata kunci ini mulai santer dicuitkan sejak 23 Desember 2022, sehari sebelum kereta tersebut resmi beroperasi. Lalu, puncak perbincangan terjadi pada tanggal 25 Desember 2022 dengan total 862 twit perhari. Meski sempat ramai menjadi pembahasan warganet Twitter, topik ini kemudian terus mengalami penurunan pembicaraan setelah peak time hingga akhir pemantauan.

Gambar 2 Peak Time dan Sentiment Trend

Cuitan tentang fasilitas, harga tiket, hingga rute perjalanan mendominasi perbincangan warganet terkait kedua kata kunci tersebut. Bahkan sebelum dioperasikan, informasi terkait rute ataupun harga tiket dari kereta ini sudah banyak dibagikan oleh warganet. Tak heran jika kemudian banyak yang tertarik dalam topik perbincangan karena penasaran.

Gambar 3 Top Words
Gambar 4 Sampel Twit
Gambar 5 Sampel Twit

Meski menawarkan pemandangan yang dapat dilihat lebih leluasa karena desain gerbong yang hanya terlapisi kaca, namun harga yang ditawarkan kereta panoramic masih banyak mendapat kritik dari warganet. Demi mendapat sensasi menikmati pemandangan indah sepanjang perjalanan, penumpang diharuskan merogoh kocek senilai 750 ribu rupiah selama masa promo. Lalu, tiket di luar masa tersebut akan dijual seharga satu juta rupiah.

Tak sedikit warganet yang menilai harga tiket yang dijual KAI ini terbilang mahal. Bahkan dengan harga tersebut warganet justru mengira penumpang akan mendapatkan fasilitas yang lebih mewah, seperti seat sleeper.

Gambar 6 Sampel Twit
Gambar 7 Sampel Twit

Tak hanya itu, penawaran terkait dapat menikmati pemandangan indah dan secara leluasa sepanjang perjalanan juga disangsikan warganet. Bagaimana tidak, dalam realitanya masih banyak pemukiman ‘kumuh’ yang berjejer-jejer di sepanjang hamparan rel kereta api.

Gambar 8 Unggahan @arungbudoyo

Seperti yang diunggah oleh akun @arungbudoyo dalam cuitannya. Ia membagikan sebuah gambar pemandangan rumah di pinggir rel kereta api yang dilewati oleh kereta panoramic. Hal tersebut ternyata juga telah disampaikan oleh beberapa warganet yang menilai kereta ini justru akan menyajikan pemandangan ketimpangan sosial ekonomi sepanjang perjalanan.

Gambar 9 Sampel Twit
Gambar 10 Sampel Twit

Kereta Panoramic Ramai Dipromosikan di TikTok

Dari kanal lain, Netray mencoba memantau topik ini pada kanal TikTok. Dengan menggunakan kata kunci dan periode pemantauan yang sama dengan Twitter, Netray menemukan 54 video yang diunggah oleh 49 akun. Video-video tersebut telah ditonton sebanyak 4,5 juta kali dengan raihan 392,5 ribu impresi.

Gambar 11 Statistik TikTok

Akun yang paling banyak mendapat impresi dari video TikTok (VT) yang diunggah menggunakan kata kunci ini ialah akun Andriawan Pratikto. Konten kreator yang memiliki konsentrasi sebagai pengulas transportasi, khususnya bus dan kereta api ini mendapat impresi sebanyak 174.252 reaksi dari VT yang diunggahnya pada 24 Desember 2022. Selain Andriawan, Decky Tri yang merupakan travel vlogger menduduki peringkat kedua setelah VT hasil review kereta panoramicnya mendapat 162.580 reaksi dari warganet TikTok.

Gambar 12 Jajaran Top Users

Kumpulan VT (Gambar 13) di bawah menunjukkan review positif terhadap kereta panoramic. Para penumpang menikmati fasilitas yang disajikan terutama gerbong yang full terlapis kaca sehingga dapat menikmati pemandangan lebih luas. Tak hanya itu, dalam beberapa VT ini ditunjukkan jika penumpang juga akan dimanjakan fasilitas tempat duduk yang dapat diputar hingga menghadap jendela.

Gambar 13 Kumpulan VT by Popular

Diluncurkan dalam rangka menemani libur Nataru, kereta panoramic yang juga memberikan harga tiket spesial di masa promonya ternyata tak lepas dari kritik warganet Twitter. Alasannya adalah harganya yang terlampau mahal dan tidak sebanding dengan fasilitas yang disuguhkan. Namun, apabila dilihat dari konten populer di TikTok terkait topik kereta panoramic, banyak warganet yang tertarik mencoba dan mengunggah hasil ulasan positifnya. Potret kursi penumpang terisi penuh dalam video juga memperlihatkan bahwa antusiasme masyarakat terkait kehadiran kereta ini cukup tinggi.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Menyelisik Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI, Status Tersangka dan Langkah Polisi Mencari Fakta

Perkembangan kasus tabrak lari yang menewaskan seorang mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Athalla...

Sedih JD.ID Tutup, Warganet Bagikan Pengalaman Berbelanjanya

Situs belanja online JD.ID resmi mengumumkan akan berhenti beroperasi per 31 Maret 2023. Anak...

Produk Skincare dengan Retinol dalam Perbincangan Warganet

Retinol bahan aktif vitamin A belakangan menjadi salah satu kandungan skincare yang populer. Dikenal...
%d blogger menyukai ini: