Home#Membaca2024Resmi Gabung PPP, Topik Sandiaga Bakal Cawapres Ganjar Ramai Diberitakan

Resmi Gabung PPP, Topik Sandiaga Bakal Cawapres Ganjar Ramai Diberitakan

Published on

Sandiaga Uno resmi bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada 14 Juni 2023. Sebelumnya, Sandiaga merupakan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra. Ia mengundurkan diri pada April 2023. Kini, di PPP ia menjabat sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) 2023. Bergabungnya Sandi ke PPP ini menarik perhatian publik.Tak hanya di media pemberitaan daring, di YouTube langkah manuver politik Sandi ini banyak dibahas.

Memantau dengan kata kunci sandiaga && ppp di kanal news dan YouTube, Netray Media Monitoring menemukan 1.091 artikel dan 472 video yang memuat kata kunci dalam periode pemantauan selama 12-18 Juni 2023.

sandiaga gabung ppp
Gambar 1. Statistik pemberitaan di news dan unggahan video di Youtube tentang topik Sandiaga

Puncak pemberitaan topik ini berbeda di masing-masing kanal. Di news, peak time terjadi di tanggal 17 Juni dengan total 282 artikel dalam satu hari sedangkan di kanal YouTube peak time terjadi di tanggal 14 Juni dengan unggahan sebanyak 102 video. Meski demikian, di dua tanggal tersebut intensitas pembahasan topik di masing-masing kanal meningkat signifikan.

Portal berita Indonesia yang paling banyak mengunggah artikel terkait kata kunci ialah Tribun News dengan total 95 artikel. Di kanal YouTube, Tribunnews menduduki peringkat keenam sebagai channel yang banyak memperoleh impresi. Sedangkan di urutan pertama adalah channel miliki METRO TV yang mendapat 164,2 ribu impresi.

Gambar 2. Media yang paling banyak menerbitkan topik sandi gabung ppp
Gambar 3. Kanal YouTube yang paling banyak mendapat impresi

Hot Issue Media Berita

Isu merapatnya Sandiaga ke PPP telah muncul sejak awal pemantauan. Beragam asumsi terkait bergabungnya Sandiaga Uno ke PPP banyak muncul dalam pemberitaan. Salah satunya ialah asumsi bahwa manuver Sandi ke PPP merupakan strategi mendongkrak elektabilitas. Sandiaga yang dikenal dekat dengan generasi milenial dan emak-emak disinyalir dapat menaikkan elektabilitas partai sehingga PPP dapat lolos parliamentary threshold setidaknya 4 persen dan jumlah kursi di DPR RI pun bertambah signifikan.

Gambar 4. Berita tentang Sandiaga pendongkrak elektabilitas
Gambar 5. Berita tentang isu pengusungan bacawapres Ganjar

Selain itu, isu bahwa Sandiaga Uno akan ‘didapuk’ menjadi bakal cawapres pendamping Ganjar juga santer diberitakan media. Namun, isu ini segera ditepis oleh Ketua DPP PPP Achmad Baidowi yang mengatakan bahwa asumsi bergabungnya Sandiaga hanya demi tiket cawapres merupakan pandangan yang dangkal. Menurut Awiek, hal ini justru dapat melebarkan jalan politik Menparekraf di Pemilu 2024.

Hot issue pada puncak pemberitaan 17 Juni ialah seputar hasil Rapimnas VI PPP. Diberitakan bahwa Sandiaga resmi diusulkan sebagai bacawapres untuk mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Menurut Sekjen PPP Arwani Thomafi, usulan tersebut akan langsung disampaikan kepada Ketum PDI-P Megawati sebagai rekan koalisi partai.

Gambar 6 . Hot issue pemberitaan tanggal 17 Juni 2023
Gambar 7. Berita tentang hasil Rapimnas
Gambar 8. Berita tentang isu Sandiaga dicalonkan sebagai pendamping Ganjar

Konten di Kanal YouTube Soal Sandiaga Uno Gabung PPP

Di YouTube, topik ini juga ramai dibahas oleh portal media berita. Terlihat dari jajaran Top Channel sebelumnya (Gambar 3) channel-channel yang paling banyak mendapat impresi didominasi oleh channel portal berita seperti Metro TV, Kompas TV, Tribun News, hingga SINDOnews.

Tak hanya lewat portal berita daring, media juga meramaikan isu ini di kanal YouTube. Tidak jauh berbeda, bergabungnya Sandi secara resmi ke PPP dan isu pengusungan Sandi sebagai bakal cawapres pendamping Ganjar juga menjadi konten yang paling banyak diunggah di kanal ini. Hal tersebut dapat dilihat dari jajaran Top Words di bawah ini yang menunjukkan beberapa kosakata seperti gabung, ganjar, pranowo, cawapres, bacawapres, dan lain sebagainya yang dikutip dalam judul atau deskripsi video YouTube.

Gambar 9. Kosakata yang paling banyak muncul dalam judul dan deskripsi video di Youtube

Topik peresmian Sandiaga Uno ke PPP ini memuncak pada tanggal 14 Juni dengan video paling banyak diunggah pada pukul 17.00 WIB. Hal ini bertepatan dengan hari peresmian Sandiaga bergabung ke PPP.

Gambar 10. Grafik peak time tanggal 14 Juni 2023

Channel MerdekaDotCom yang mengunggah konten dengan judul ‘Rommy PPP Blak-blakan: Arahan Jokowi, Ganjar-Sandiaga dan Prabowo-Thohir‘ terpantau menjadi video terpopuler pada tanggal tersebut. Video ini telah ditonton sebanyak 66,5 rib kali dengan total 501 komentar dan 485 likes. Sedangkan dua video populer selanjutnya merupakan unggahan dari channel METRO TV dengan topik yang hampir sama, yakni terkait isu menjadi bacawapres Ganjar.

Gambar 11. Jajaran video terpopuler di tanggal 14 Juni 2023

Dua hari berikutnya, unggahan terkait kata kunci ini menurun dan kembali naik di tanggal 17 Juni 2023. Sama halnya dengan portal media berita online, konten yang diunggah pada tanggal tersebut didominasi dengan video yang berisi soal isu Sandiaga Uno sebagai bacawapres Ganjar di Pilpres 2024. Kanal terpopuler di tanggal tersebut ialah SEWORD TV yang mengunggah video dengan tagline ‘Sandi Resmi Dukung Ganjar’. Video berdurasi 12 menit 4 detik ini telah ditonton sebanyak 155,8 ribu kali dengan 5,5 ribu likes.

Gambar 12. Jajaran video terpopuler di tanggal 17 Juni 2023

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Beras Mahal dan Langka, Silang Sengkarut Kebijakan Impor dan Bansos Pemerintah

Beras mahal dan kian langka, kini mulai diteriakkan oleh warganet. Kenaikan harga bahan pokok...

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar...

Puluhan Petugas KPPS Tumbang, Warganet Tepis Tudingan Kecurangan

Pra pemilu, publik sempat terhibur atas lelucon petugas KPPS yang ‘naik kelas’ dari honorer...
%d bloggers like this: