HomeCurrent ReportRekomendasi Tempat Bukber ala Warganet TikTok dan Instagram

Rekomendasi Tempat Bukber ala Warganet TikTok dan Instagram

Published on

Buka bersama atau bukber menjadi salah satu momen yang dinantikan umat muslim dalam menyambut Ramadan. Momen ini tak hanya dirayakan di rumah, namun sering kali diadakan di rumah makan atau resto pilihan. Kini, bukan hanya menu dan harga yang menjadi pertimbangan publik dalam memilih tempat bukber, tetapi tempat yang instagramable juga menjadi alasan pemilihan.

Untuk melihat tempat makan mana saja yang menjadi rekomendasi warganet, Netray Media Monitoring memantau melalui kanal Instagram dan TikTok dalam periode pemantauan sepekan terakhir (21 Maret-27 Maret 2023). Kata kunci yang digunakan adalah #rekomendasibukapuasa dan #rekomendasibukber di Instagram dan rekomendasi && buka puasa, rekomendasi && bukber, dan #rekomendasibukber di TikTok.

Hasilnya, ditemukan sebanyak 95 post dengan total impresi mencapai 5,6 ribu reaksi di Instagram dan 79 post dengan total impresi mencapai 136,1 ribu reaksi pada kanal TikTok. Selengkapnya dapat dilihat pada gambar berikut.

Lalu, tempat makan mana saja yang telah direkomendasikan oleh warganet untuk melengkapi acara berbuka bersama teman atau keluarga? Yuk kita lihat rekomendasi tempat bukber di berbagai kota ala Netray.

Rekomendasi Tempat Bukber di Jakarta

1. Dago Restaurant

Resto yang menyajikan makanan khas Korea yang terletak di daerah Jakarta Selatan menjadi rekomendasi pertama ala warganet TikTok. Tempat makan ini direkomendasikan oleh akun @greencafelatte. Makanan khas Korea bersertifikasi halal yang disajikan oleh Dago Restaurant menjadi daya tarik penikmat makanan Negeri Ginseng. Selain menu utama, seperti buldak, japchae, atau jajangmyeon resto ini juga menawarkan minuman ataupun side dish gratis untuk menarik pelanggan.

2. Collage All Dining

Tempat berbuka puasa dan hiburan eksklusif seperti Sufi Danca dan Gambus Music menjadi daya tarik Collage All Dining. Resto yang terletak di Pullman Hotel Jakarta Central Park ini menyuguhkan nuansa Timur Tengah untuk memikat pelanggan. Masakan internasional, Asia, hingga Barat menjadi menu andalan di resto tersebut. Meski dibanderol dengan harga yang tidak murah, Collage All Dining juga menawarkan promo untuk Ramadan buffet.

3. Chill Rooftop

Chill Rooftop menjadi rekomendasi teratas di kanal Instagram untuk daerah Banten. Food court dan kafe yang menyajikan berbagai menu pilihan dari beberapa tenant ini terletak di daerah Kota Tangerang. Tak hanya itu, tempat yang cocok untuk nongkrong ini juga menawarkan live music di tiap akhir pekan. Jika sebelum bulan Ramadan tempat makan ini buka jam 12 siang, kini di bulan puasa Chill Rooftop buka pukul 15.00-pesanan terakhir.

Rekomendasi Tempat Bukber di Jawa Barat

1. Lor-in Sentul Hotel

All you can eat di Lor-in Sentul Hotel dibanderol dengan harga 138 ribu per pack. Dengan harga tersebut, pelanggan akan disuguhi lebih dari 70 item makanan. Tempat makan yang direkomendasikan oleh akun TikTok bernama @tukangvisit_ ini mendapat 2,1 ribu likes dan telah dibagikan ulang ke akun lainnya sebanyak 399 kali. Tak hanya menawarkan puluhan jenis makanan nusantara, resto ini juga menampilkan live cooking untuk menarik minat pelanggan.

2. The Luxton Cirebon

Paket berbuka bersama yang ditawarkan oleh The Luxton Hotel Cirebon dibanderol dengan harga 178 ribu rupiah per nett. Mengusung tema Kumpul Ramadan Bersama (Kurma) all you can eat di tempat ini menyajikan berbagai macam jenis makanan mulai dari tradisional hingga western food. Tempat yang berlokasi di Kota Cirebon ini direkomendasikan oleh akun TikTok bernama @geewss dan telah mendapat 1,1 ribu likes.

3. Loonar

Tak jauh dari pusat Kota Bandung terdapat rekomendasi tempat bukber yang juga instagramable, yakni Loonar. Kafe yang mengusung konsep minimalis modern dengan dominasi warna putih ini menawarkan paket berbuka mulai dari 65 ribu rupiah. Tempat ini direkomendasikan oleh akun Instagram milik @indrigrg. Menurut Indri, selain menyuguhkan tempat yang estetik kafe ini juga menyediakan makanan dan minuman yang lezat.

Rekomendasi Bukber di DIY dan Jawa Tengah

1. Obelix Village

Obelix Village menjadi tempat bukber yang tidak hanya menyajikan menu berbuka namun juga bisa dijadikan spot ngabuburit yang ramah anak. Dengan harga mulai dari 85 ribu rupiah per pack, pengunjung tak hanya akan disuguhi makanan namun juga bisa menikmati beberapa spot, seperti mini farm, little zoo, flower garden, dan juga secret river deck. Tidak hanya murah, Obelix Village juga masih menawarkan promo, yakni pembelian 10 pack gratis 1 pack.

2. Solo’s Bistro

Restoran Thai ini berlokasi di Jalan Slamet Riyadi No.183, Kota Surakarta. Rumah makan yang direkomendasikan oleh akun TikTok bernama @cartennia tersebut menawarkan paket Ramadan Hemat (Rahmat) dengan harga 50 ribu rupiah. Menariknya, hanya dengan membayar goban, pengunjung sudah bisa mendapatkan makanan utama, dessert, dan juga minuman.

3. WOK Pakuwon Mall Solo Baru

House of Wok yang berlokasi di Pakuwon Mall Solo Baru menawarkan paket berbuka dengan harga mulai 180 ribu rupiah yang bisa dinikmati berempat. Resto Chinese food ini memiliki banyak cabang di berbagai daerah, salah satunya ialah di Solo. Bagi pecinta Chinese food cocok banget untuk mencoba berburu menu buka di tempat ini.

Rekomendasi Tempat Bukber di Jawa Timur

1. Warmindo Noodle King

Tidak hanya resto dan juga kafe yang menawarkan paket menu berbuka, warung makan Indomie (Warmindo) juga turut merayakan momen Ramadan. Warmindo Noodle King yang terletak di Tulungagung menyuguhkan berbagai macam menu berbuka, seperti paket ayam krispi, ayam bakar, paket nasi bento, hingga chicken steak. Bagi pecinta Indomie juga disediakan menu baru di bulan Ramadan, yakni mie hot plate steak.

2. Ayam Bakar Pak D

Tidak hanya menawarkan menu andalannya yakni ayam bakar, rumah makan ini juga memberikan kupon berhadiah iPhone 14 bagi konsumennya. Hanya dengan pembelian sebesar 50 ribu rupiah, pengunjung bisa mendapat satu kupon undian dan hal tersebut berlaku untuk kelipatan. Rumah makan yang terletak di Jalan Rungkut Madya ini memiliki tempat yang luas sehingga cocok untuk acara buka bersama keluarga ataupun teman.

3. Ayam Goreng Roker

Rumah makan dengan menu utama ayam goreng ini telah hadir sejak 2006. Ayam Goreng Roker hingga saat ini masih menjadi tempat bukber yang direkomendasikan warganet. Salah satu akun TikTok yang merekomdasikan tempat ini ialah @anggra_29. Menurut akun tersebut cita rasa ayam goreng yang juicy dan krutuk atau kremesannya yang super renyah serta harganya yang ramah di kantong menjadikan tempat makan ini recommended untuk buka puasa.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Beras Mahal dan Langka, Silang Sengkarut Kebijakan Impor dan Bansos Pemerintah

Beras mahal dan kian langka, kini mulai diteriakkan oleh warganet. Kenaikan harga bahan pokok...

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar...

Puluhan Petugas KPPS Tumbang, Warganet Tepis Tudingan Kecurangan

Pra pemilu, publik sempat terhibur atas lelucon petugas KPPS yang ‘naik kelas’ dari honorer...
%d bloggers like this: