HomeCurrent ReportDapat Golden Buzzer America's Got Talent, Putri Ariani Banjir Apresiasi

Dapat Golden Buzzer America’s Got Talent, Putri Ariani Banjir Apresiasi

Published on

Nama Putri Ariani menghiasi trending topik dan ramai menjadi sorotan setelah ia mengikuti audisi American’s Got Talent (AGT) dan berhasil memukau para juri dengan suara dan permainan piano yang apik. Bahkan, salah satu juri AGT Simon Cowell langsung memberikan tiket golden buzzer yang berhasil membawa Putri ke babak live show tanpa perlu melalui tahap audisi selanjutnya. 

Selain menyanyi dan memainkan alat musik, gadis tunanetra yang kini berumur 17 tahun ini juga telah menelurkan beberapa lagu hasil karyanya sendiri. Berkat prestasi tersebut, nama Putri terus menjadi sorotan di berbagai media massa hingga jadi trending topic di media sosial Twitter dalam beberapa hari terakhir. Kini, konten-konten soal Putri di YouTube pun ramai dikunjungi dan banjir apresiasi.

Dengan menggunakan kata kunci putri ariani ditemukan 9.768 twit dari 4359 akun. Kata kunci tersebut menghasilkan impresi hingga 13,2 juta kali dan berpotensi menjangkau hingga 170,2 juta akun.

putri ariani netray
Gambar 1. Statistik perbincangan Twitter topik Putri Ariani

Perbincangan mengenai Putri terus meningkat dari hari ke hari. Puncak perbincangan tampak terjadi pada tanggal 11 Juni 2023 dengan jumlah 3.580 twit. Seperti yang terlihat pada Gambar 2 di bawah, sentimen positif mendominasi perbincangan selama periode pemantauan.

Gambar 2. Tren peak time dan sentimen

Sebanyak 8.934 twit positif terpantau muncul selama periode pemantauan. Twit positif dengan impresi tertinggi dicuitkan oleh akun menfes @tanyakanrl yang mengapresiasi Putri sekaligus turut mengajak para pengikutnya untuk menonton penampilan Putri di AGT. Pejabat publik pun terpantau turut mewarnai sentimen positif populer seperti yang tampak pada Gambar 3 dan Gambar 4 di bawah ini.

Gambar 3. Sampel twit positif
Gambar 4. Sampel twit positif

Akun Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia Susi Pudjiastuti merasa bangga akan pencapaian Putri. Ia juga menyemangatinya untuk terus melanjutkan cita-cita. Tak hanya Susi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tak ketinggalan untuk memberikan selamat kepada Putri.

Para seniman Indonesia juga turut merayakan pencapaian Putri Ariani. Hal tersebut seperti yang dicuitkan oleh Fiersa Besari, penulis, penyanyi dan juga pegiat media sosial. Fiersa menceritakan bahwa ia pernah berkomunikasi dengan sang ibu karena Putri menyukai karya Fiersa. Sedangkan Addie MS, musikus kenamaan tampak menggunggah video Putri sedang membacakan ayat suci Al-Quran dengan suara merdunya.

Gambar 5. Sampel twit positif
Gambar 6. Sampel twit positif

Meski tidak banyak, sentimen negatif juga ditemukan dalam perbincangan soal Putri. Beberapa di antaranya berisi pendapat warganet yang menganggap media Indonesia sebagai media latah yang dinilai justru akan memberi dampak buruk seperti star syndrome pada Putri. Ada juga warganet yang kesal kepada ibunya karena terus mendengarkan video Putri.

Gambar 7. Sampel twit negatif
Gambar 8. Sampel twit negatif

Netray juga mengamati kosakata apa saja yang banyak digunakan oleh warganet Twitter kala memperbincangkan kata kunci seperti tertera pada Gambar 7 di bawah. Kata yang paling banyak digunakan oleh warganet di antaranya adalah putri, ariani, golden dan buzzer. Hal ini terkait Putri yang mendapat golden buzzer dari Simon Cowell seperti yang dicuitkan akun @ZeroDemoCRAZY pada Gambar 10.

Gambar 9. Kosakata yang banyak muncul dalam twit soal Putri
Gambar 10. Sampel twit

Menariknya, muncul tagar GanjarErickDuetTerbaik dan #DubesRosanDukungPutri dalam kosakata populer paling banyak ditwitkan oleh warganet. Dari pantauan Netray, kedua tagar tersebut berisi narasi dukungan dari Erick dan Rosan Roeslani yang digaungkan oleh para pendukung.

Kemudian, jika dilihat berdasarkan akun yang memperoleh banyak impresi dari warganet Twitter akun @tanyakanrl menjadi yang paling tinggi dengan raihan impresi sebanyak 49.961 kali diikuti akun @TarizSolis dengan impresi sebanyak 20.928 kali. Cuitannya berisi ajakan untuk menonton penampilan Putri di AGT yang telah membuatnya merinding dan terharu.

Gambar 11. Akun yang paling banyak mendapat impresi
Gambar 12. Sampel twit akun populer

Nama Putri Ariani Populer di Youtube

Konten YouTube yang membahas Putri Ariani juga tengah banyak menarik perhatian publik dan kini menjadi konten populer. Dengan menggunakan kata kunci dan periode pemantauan yang sama ditemukan sebanyak 594 video selama periode pemantauan. Video-video tersebut bahkan sudah ditonton hingga 81,5 juta kali oleh warganet dengan total impresi sebanyak 84,4 juta kali.

Gambar 13. Statistik unggahan video Youtube

Peak time unggahan video terjadi pada tanggal 8 Juni 2023, yakni sebanyak 174 video muncul pada hari itu. Kanal yang paling banyak memperoleh impresi warganet berasal dari akun America’s Got Talent, yakni sebanyak 30,8 juta reaksi. Kemudian disusul akun Indonesia’s Got Talent dengan angka yang terpaut jauh, yakni 3 juta reaksi. Peringkat ketiga diraih oleh akun televisi swasta Indoesia, Indosiar dengan impresi terpaut tipis sebanyak 2,6 juta reaksi.

Gambar 14. Tren perbincangan
Gambar 15. Channel yang paling banyak mendapat reaksi

Video terpopuler masih berasal dari akun America’s Got Talent yang menampilkan audisi Putri Ariani. Video yang berjudul “Golden Buzzer: Putri Ariani receives the GOLDEN BUZZER from Simon Cowell” ini memperoleh begitu banyak impresi dari warganet dunia dengan 143,8 ribu komentar, ditonton sebanyak 29,9 juta kali, dan memperoleh 1,4 juta likes. Tampak warganet dunia dan Indonesia merasa terpukau dengan penampilan Putri. Mereka mencurahkan pendapatnya melalui kolom komentar.

Gambar 16. Unggahan America’s Got Talent
Gambar 17. Sampel komentar warganet Youtube

Video populer selanjutnya berasal dari akun Talent Recap yang juga menampilkan proses audisi Putri di AGT. Unggahan ini berhasil meraih 24,2 ribu likes, 1,4 ribu komentar dan telah ditonton sebanyak 1,4 juta kali. Pujian dari warganet dunia juga membanjiri kolom komentar pada unggahan ini.

Gambar 18. Unggahan Talent Recap
Gambar 19. Sampel komentar warganet Youtube

Video populer ketiga datang dari akun Indonesia’s Got Talent 2023 yang diunggah pada tanggal 10 Juni 2023. Unggahan dengan judul “VIRAL! Putri Ariani Kembali Bawakan Lagu LONELINESS di IGT 2023” telah ditonton warganet sebanyak 1,3 juta kali, mendapat komentar sebanyak 3,6 ribu dan 21,7 ribu likes. Pada kolom komentar tampak warganet mengkritisi bagaimana perbedaan warga Indonesia dan luar negeri dalam menghargai bakat Putri.

Gambar 20. Unggahan Indonesia’s Got Talent 2023

Salah satu komentar dari akun Mh Safa mengkritik bagaimana perbedaan orang luar negeri dan orang Indonesia dalam menghargai talenta. Menurutnya, Putri tidak akan menjadi perhatian publik seperti stasiun TV, politikus, para artis, dan warganet Indonesia jika tidak karena golden buzzer di AGT. Padahal, Putri sudah beberapa kali tampil di ajang bakat bahkan memenangkan Indonesia’s Got Talent (IGT) pada 2014. Ia menilai bahwa ruang dan kesempatan tampil Putri sangat terbatas sebelum sepopuler sekarang. Namun, komentar dukungan untuk Putri terus mengalir.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Kontroversi Film Kiblat, Kenapa Rumah Produksi Gemar Bikin Film Horor Religi?

Film Kiblat yang baru rilis trailer pada Kamis, 21 Maret 2024 lalu sudah menuai...

Polemik Jersei Timnas dalam Pantauan Perbincangan Media Sosial X

Seragam (jersei) resmi tim nasional Indonesia terbaru untuk 2024 telah dirilis oleh PSSI. Seperti...

Protes Warganet atas Aturan Pajak PPh 21, Tak Sepadan dengan Layanan dan Soroti Perilaku Oknum

Penyaluran THR pada lebaran 2024 ini diwarnai dengan cerita yang berbeda. Pasalnya warganet menemukan...
%d bloggers like this: