BerandaCurrent ReportPrank KDRT Baim Paula Berbuntut Permintaan Maaf Setelah Dihujani Sentimen Negatif Warganet

Prank KDRT Baim Paula Berbuntut Permintaan Maaf Setelah Dihujani Sentimen Negatif Warganet

Published on

Konten prank KDRT menyeret nama Baim Wong dalam ribuan sentimen negatif. Warganet merasa terusik dengan konten yang diunggah di kanal YouTube Baim Paula tersebut lantaran dinilai tidak memiliki empati kepada korban KDRT. Selain itu, korban prank yang merupakan pihak kepolisian juga menjadi sorotan warganet. Banyak pihak yang menilai Baim telah merendahkan martabat polisi.

Dengan judul ‘BAIM KDRT, PAULA JALANI VISUM. Nonton sebelum video ini di takedown‘ video tersebut berhasil mendapat views sebanyak 391 ribu dan 3,8 ribu sebelum akhirnya benar-benar di-takedown oleh tim Baim. Konten prank yang menyeret pihak kepolisian ini kemudian ramai jadi bulan-bulanan warganet dan sempat trending pada 2 Oktober 2022.

Untuk melihat keramaian topik ini di kanal Twitter, Media Monitoring Netray memantau dengan kata kunci ‘baim && kdrt’, ‘baim && konten’, ‘kdrt && paula”, dan ‘kdrt && prank’ dengan periode pemantauan 28 September-04 Oktober 2022. Hasilnya, lebih dari 14 ribu twit mengandung kata kunci tersebut dengan dominasi twit bersentimen negatif sebesar 77%.

Gambar 1 Statistik Perbincangan

Dengan kata kunci tersebut, perbincangan tentang konten Baim kian santer ditwitkan warganet. Selain membahas isi konten yang dinilai merendahkan martabat kepolisian, perbincangan warganet juga turut mencatut kasus yang tengah terjadi pada Lesti yang dikenal sebagai teman Paula. Banyak warganet menilai akibat dari konten prank tersebut Paula tidak memiliki empati terhadap korban KDRT, yang salah satunya adalah temannya sendiri.

Gambar 2 Kumpulan Top Words

Topik ini ramai dibahas warganet sejak tanggal 2 Oktober setelah adanya konten prank yang diunggah Baim Wong. Puncak perbincangan terjadi pada 3 Oktober 2022 dengan total twit mencapai 11.059 dalam satu hari.

Gambar 3 Peak Time Perbincangan

Akun yang paling banyak mendapat impresi terkait topik ini ialah akun milik @corbuzier dengan capaian impresi sebesar 167.697. Twit Deddy Corbuzier yang berisikan tentang kritik terhadap konten Baim menjadi ajang warganet untuk turut berkomentar. Sedangkan akun yang paling banyak mengetwit kata kunci ini ialah akun @CEOfficialID dengan totalan twit mencapai 70 dalam periode pemantauan tersebut.

Gambar 4 Top Akun Berdasarkan Popularitas
Gambar 5 Top Akun Berdasarkan Jumlah Twit

Isu KDRT Dijadikan Bahan Guyonan; Goblok

Isu KDRT terdengar sangat sensitif bagi masyarakat mengingat angka kasus KDRT di Indonesia hingga saat ini menyentuh angka ribuan. Berdasarkan laporan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), jumlah kasus kekerasan yang terjadi di dalam rumah tangga yakni sebesar 11.355 kasus sejak 1 Januari 2022 hingga sekarang. Dalam kasus KDRT ini jumlah korban yang teridentifikasi mencapai 12.235 dengan total pelaku suami/istri sebanyak 3.348.

Gambar 6 Jumlah Kasus Kekerasan
Gambar 7 Jumlah Pelaku Kekerasan
Gambar 8 Jumlah Korban Kekerasan

Isu yang begitu sensitif ini lantas dijadikan bahan guyonan YouTuber Baim dan istrinya. Sontak saja, Baim dihujani cacian dan juga kritikan dari warganet yang merasa geram dengan konten tersebut. Berdasarkan pantauan Netray, kosakata cacian ‘goblok’ menduduki urutan pertama di jajaran Top Complaints sebagai bentuk ungkapan kekesalan warganet. Bahkan komplain untuk memboikot akun tersebut ramai digaungkan warganet.

Gambar 9 Top Komplain

Cacian yang membodohkan pasangan suami tersebut santer ditwitkan warganet sebagai bentuk kekesalan. Banyak warganet yang tidak menyangka jika isu tersebut akan dijadikan konten prank oleh keduanya. Bahkan warganet juga menilai bahwa Baim ‘miskin ide’ meski keduanya dikenal sebagai YouTuber dengan 20,8 juta subscriber.

Gambar 10 Sampel Twit

Seruan boikot akun YouTube bahkan medsos juga ramai digaungkan warganet. Warganet menilai pasangan Baim dan Paula telah melewati batas dengan adanya konten prank KDRT tersebut.

Gambar 11 Sampel Twit

Sebelumnya, beberapa konten YouTube milik Baim juga mengalami permasalah lantaran dinilai ‘tidak etis’ untuk dijadikan bahan tontonan. Seperti halnya konten Baim yang memarahi Kakeh Suhud lantaran Baim merasa kesal dibuntuti sang kakek yang berujung meminta uang. Yang terbaru dan sempat ramai diperbincangakan ialah konten Citayam Fashion Week yang berkolaborasi dengan Bonge. Warganet dibuat geram setelah adanya pemberitaan bahwa Baim telah mematenkan merek Citayam Fashion Week ke Dirjen HAKI.

Atas beberapa kejadian tersebut, sontak banyak warganet yang menilai bahwa keluarga Baim akan menghalalkan segala cara demi mendapatkan uang. Warganet meluapkan kritikan bahwa tidak semua hal dapat dijadikan konten yang berujung pada pencarian adsense.

Gambar 12 Sampel Twit

Akui Kesalahan atas Konten Prank KDRT, Baim Meminta Maaf

Mendapat banyak hujatan dan kritik atas konten yang baru dibuatnya, pasangan Baim dan Paula meminta maaf melalui video yang diunggah pada akun instagram milik Baim Wong. Dalam video berdurasi 4 menit 41 detik tersebut Baim dan Paula mendatangi Polsek Kebayoran Lama dan mengungkapkan permintaan maafnya lantaran video prank tersebut menjadi kontroversi.

Meski telah mengakui kesalahan dan meminta maaf, namun jejak digital tersebut masih membekas di kacamata warganet. Sentimen negatif warganet terhadap pasangan ini menghujani ketika konten yang dibuatnya acapkali dinilai ‘tak patut’ dipertontonkan.

Demikian hasil pantauan Netray, simak analisis lainnya melalui https://analysis.netray.id/

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Respons Warganet Tanggapi Kenaikan UMP 2023

Pemerintah di tiap provinsi resmi mengumumkan besaran Upah Minimum Provinsi atau UMP 2023 pada...

Respons Warganet atas Pencopotan Label Gereja Tenda Pengungsian Cianjur

Pada 26 November lalu, tenda pengungsian gempa Cianjur mendadak viral di sosial media seperti...

Warganet Kecam Aspirasi Benny Rhamdani Pasca Acara Nusantara Bersatu

Acara Nusantara Bersatu yang digelar Aminuddin Ma'aruf pada Sabtu, 26 November 2022 lalu telah...
%d blogger menyukai ini: