Home#Membaca2024Prabowo Mencuat dalam Perbincangan Soal Pemilih Pemula di Twitter

Prabowo Mencuat dalam Perbincangan Soal Pemilih Pemula di Twitter

Published on

Netray media monitoring melakukan pemantauan soal perbincangan “pemilih pemula” di Twitter untuk melihat bagaimana kosakata tersebut digunakan menjelang tahun politik 2024. Dari hasil pemantauan nama Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dominan muncul dalam perbincangan. Boleh jadi ini merupakan sinyal dari politikus yang kini menjabat Menteri Petahanan ini mengaet suara dari pemilih pemula.

Netray melakukan pemantauan pada awal 2023 dengan rentang waktu 1 Januari hingga 22 Februari 2023 menggunakan kata kunci “pemilih pemula” dan “pemilih muda”. Hasilnya muncul 2.150 twit warganet yang terlibat dalam perbincangan terkait kata kunci pemantauan.

Sebanyak 1.185 twit merupakan twit dengan sentimen positif. Sedangkan 220 twit terindeks merupakan twit bersentimen negatif. Impresi perbincangan diketahui sebanyak 8.503 dan secara potensial dapat menjangkau 49,8 juta akun Twitter berbahasa Indonesia.

Gambar 1. Statistik perbincangan topik pemilih pemula

Selama periode pemantauan, twit yang memperbincangkan topik pemilik pemula terpantau hampir selalu muncul setiap harinya. Akan tetapi intensitas perbincangan ini terhitung rendah ketika per harinya sebagian besar tidak mencapai 50 twit. 

Gambar 2. Peak time perbincangan warganet Twitter

Dari grafik Peak Time terlihat jelas bahwa twit dengan kata kunci mengalir deras hanya pada tanggal-tanggal tertentu. Seperti pada tanggal 20 Januari, 25 Januari, dan 30 Januari 2023. Secara berurutan, intensitas twit pada masing-masing tanggal adalah 332 twit, 283 twit, dan 182 twit. Sehingga puncak perbincangan tertinggi terjadi pada tanggal 20 Januari 2023. 

Opini Populer Warganet Terkait Topik Pemilih Pemula

Dalam perbincangan ini terdapat sejumlah pandangan dari warganet yang meraup dukungan terbanyak dari warganet. Seperti pendapat dari akun @irwan_fecho yang merujuk data Kompas terkait keberadaan pemilih pemula yang akan mendominasi pemilu. Selain itu terdapat pergeseran trend pemilih yang disebut memiliki harapan terhadap sosok AHY.

pemula
Gambar 3. Akun yang meraup impresi terbanyak dalam perbincangan
Gambar 4. Twit dari akun terpopuler

Terdapat pula pendapat anggota KPU August Mellaz yang ditulis melalui akun @KPU_ID. Pendapat yang disampaikan dalam seminar di Fisip UI tersebut melihat bahwa penting bagi anak muda untuk melek politik. Karena Pemilu 2024 nanti akan didominasi pemilih pemula.

Jika dua pandangan tersebut melihat situasi pemilih pemula pada pemilu nanti, terdapat juga pandangan yang lebih bersifat politis dari akun @Chinthya_K dan @AryPrasetyo_85. @Chinthya_K mengklaim bahwa pandangan politiknya terhadap Anies Baswedan bukanlah sebuah character assassination. Tapi lebih kepada edukasi bagi pemilih pemula. Sedangkan @AryPrasetyo_85 melihat bahwa potensi politik Erick Thohir dan PDIP akan semakin besar apabila mereka semakin merapat. Terutama dalam menggaet suara pemilih pemula.

Gambar 5. Twit dari akun terpopuler

Prabowo Terpopuler dalam Perbincangan 

Selama periode pemantauan, perbincangan terkait pemilih pemula banyak beresonansi dengan sejumlah subyek dan entitas yang tercermin pada grafik di bawah ini. Seperti kemunculan nama sejumlah tokoh politik disebut dalam perbincangan warganet.

Gambar 6. Tokoh politik yang paling sering disebut warganet

Prabowo Subianto menjadi sosok politisi yang paling sering disebut warganet Twitter dalam perbincangan topik pemilih pemula. Oleh para pendukungnya, Prabowo merupakan sosok pemimpin yang sesuai dengan keinginan generasi muda dan pemilih pemula menurut sebuah survei. Selain itu, Prabowo disebut sebagai calon pemimpin yang nyata bekerja, fokus melaksanakan kewajiban, hingga memiliki jejak pengabdian terhadap bangsa.

Gambar 7. Twit menyebut Prabowo dalam perbincangan pemilih pemula

Eksistensi Prabowo dalam perbincangan ini juga tidak lolos dari respons yang bersifat negatif. Sejumlah pandangan miring dilontarkan warganet yang sedikit banyak menyumbang sentimen negatif dalam perbincangan. Komentar tersebut antara lain mengingatkan pemilih muda atas sejarah Prabowo dan bukti kerjanya di pemerintahan saat ini.

Gambar 8. Twit kontra eksistensi Prabowo dalam perbincangan

Selain Prabowo, dari grafik di atas juga ditemukan sejumlah nama tokoh politik lain yang kerap disebut warganet di dalam topik pemilih pemula. Seperti nama Erick Thohir yang sebelumnya sudah disitir. Terdapat pula nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang baru-baru ini merapat ke Partai Golkar. Ridwan disebut dapat menarik suara pemilih pemula untuk partai berlambang pohon beringin tersebut.

Gambar 9. Twit yang menyebut nama Ridwan Kamil

Nama Anies Baswedan dan AHY masuk ke dalam daftar tersebut. Mereka juga dianggap mewakili suara kaum pemula oleh warganet. Kedua tokoh ini bahkan digadang-gadang akan berduet dalam Pilpres 2024.

Gambar 10. Twit yang menyebut nama Anies Baswedan

Perbincangan terkait pemilih pemula ini bisa jadi tidak merepresentasikan kondisi di lapangan. Masih banyak sejumlah tokoh politik populer yang tidak muncul selama periode pemantauan. Antara lain seperti Puan Maharani, Airlangga Hartarto, hingga Ganjar Pranowo. Kedepannya, nama-nama tersebut mungkin saja bisa muncul dalam pemantauan perbincangan di linimasa Twitter.

Jika ingin melihat perkembangan isu topik pemula, simak selalu analisis kami di analysis.netray.id, termasuk topik-topik pilihan lainnya. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Irwan Syambudi

More like this

Pembahasan Pasca Pemilu di Media Sosial dan Pemberitaan, Isu Kecurangan Jadi Perhatian

Momentum pesta demokrasi yang ditunggu-tunggu alias pemilihan umum (Pemilu) 2024 telah dilaksanakan pada 14...

Popularitas Capres Cawapres di Media Sosial & Media Massa Online Periode Januari 2024

Netray melakukan pemantauan media massa online dan media sosial (media sosial X, TikTok, Instagram,...

Popularitas Partai Politik di Twitter & Media Massa Online Periode Januari 2024

Netray melakukan pemantauan media massa online dan Twitter untuk melihat popularitas partai politik (parpol)...
%d bloggers like this: