Beranda#Membaca2024Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 30 September-6 Oktober...

Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 30 September-6 Oktober 2022

Published on

Berdasarkan pantauan Netray nama Anies Baswedan, AHY, dan Ganjar Pranowo menjadi 3 besar tokoh politik yang paling banyak disebut di media massa dan media sosial (YouTube, Twitter, Instagram, dan TikTok) selama periode 30 September sd 6 Oktober 2022.

Jika dibandingkan dengan periode sebelumnya, nama AHY dan Anies masih konsisten mengisi dua besar tokoh politik paling populer. Hanya saja, kini Anies lebih unggul dan AHY harus turun satu peringkat setelah sebelumnya berturut-turut duduk di urutan satu. Hal ini dipicu oleh ramainya pemberitaan dan opini publik menanggapi langkah deklarasi capres dari Partai Nasdem yang menunjuk Anies Baswedan.

Hal yang sama juga dialami oleh Ganjar Pranowo. Namanya naik di urutan 3 lantaran deklarasi dukungan dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) kepada dirinya sebagai capres. Dari pantauan Netray, Ganjar dan Anies Baswedan kompak konsisten mengisi dua besar tokoh paling banyak disebut di kanal News, Instagram, YouTube, dan TikTok. Anies pun menguasai Twitter, namun Ganjar masih kalah saing dengan AHY meskipun pada pekan ini penyebutan untuk Ganjar lebih tinggi dari periode sebelumnya.

Sementara itu, Erick Thohir masih bertahan di urutan keempat disusul Moeldoko yang naik 6 peringkat dibanding pekan sebelumnya. Nama Moeldoko banyak dibicarakan terutama di Twitter bersama tagar #MoeldokoPenjagaNKRI dan #TuntaskanKorupsiPapua serta kerap disebut bersama dengan akun @detikcom, Luhut, dan LKPP.

Editor: Irwan Syambudi/ Infografis: Zulfa Mahda

More like this

Popularitas Partai Politik di Media Massa Online & Twitter Periode 25 November-1 Desember 2022

Netray melakukan pemantauan popularitas partai politik (parpol) berdasarkan penyebutan atau mention nama parpol di media massa...

Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 25 November-1 Desember 2022

Berdasarkan pantauan Netray, nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo mengisi...

Merunut Jalan Popularitas Parpol di TikTok

Selama Oktober 2022 Netray memantau ada lima partai politik (parpol) terpopuler di media sosial...
%d blogger menyukai ini: