Home#Membaca2024Popularitas Partai Politik di Media Massa Online dan Media Sosial Periode 4...

Popularitas Partai Politik di Media Massa Online dan Media Sosial Periode 4 – 10 Desember

Published on

Netray melakukan pemantauan popularitas partai politik (parpol) berdasarkan penyebutan atau mention nama parpol di media massa online dan media sosial Twitter. Parpol yang dipantau merujuk pada putusan KPU terkait partai-partai yang lolos verifikasi sebagai peserta Pemilu 2024.

Terdapat 15 parpol terpopuler selama periode pemantauan sepekan dari 4 – 10 Desember 2023. Berdasarkan pantauan Media Monitoring Netray, PKS menjadi partai yang paling banyak meraup impresi di lini masa media sosial dan pemberitaan media massa daring.

Sejak pekan lalu, posisi PKS selalu naik hingga akhirnya menggantikan posisi PDIP pada pekan ini. PDIP sendiri bahkan melorot cukup drastis di posisi kelima. Tak hanya PKS, posisi PSI dalam popularitas partai juga mengalami peningkatan yang signifikan di tempat kedua setelah pekan lalu berada di posisi enam.

Topik yang mengangkat intensitas penyebutan PKS pada pekan ini adalah penolakan partai tersebut atas UU Daerah Khusus Jakarta. DPR RI diketahui sedang menggodok rancangan undang-undang tersebut sebagai aturan pasca DKI Jakarta tak lagi menjadi ibukota negara. PKS menolak UU ini karena salah satu pasal menyebut bahwa pemimpin Jakarta akan diangkat langsung oleh presiden, alih-alih melalui pemilihan daerah.

Gambar 1. Top Words perbincangan warganet X
Gambar 2. PKS tolak UU Daerah Khusus Jakarta

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

More like this

Pembahasan Pasca Pemilu di Media Sosial dan Pemberitaan, Isu Kecurangan Jadi Perhatian

Momentum pesta demokrasi yang ditunggu-tunggu alias pemilihan umum (Pemilu) 2024 telah dilaksanakan pada 14...

Popularitas Capres Cawapres di Media Sosial & Media Massa Online Periode Januari 2024

Netray melakukan pemantauan media massa online dan media sosial (media sosial X, TikTok, Instagram,...

Popularitas Partai Politik di Twitter & Media Massa Online Periode Januari 2024

Netray melakukan pemantauan media massa online dan Twitter untuk melihat popularitas partai politik (parpol)...
%d bloggers like this: