Beranda#Membaca2024Popularitas Partai Politik di Media Massa Online & Twitter Periode 16-22 Desember...

Popularitas Partai Politik di Media Massa Online & Twitter Periode 16-22 Desember 2022

Published on

Netray melakukan pemantauan popularitas partai politik (parpol) berdasarkan penyebutan atau mention nama parpol di media massa online dan Twitter. Merujuk pada putusan KPU terkait partai-partai yang lolos verifikasi pada 14 Desember 2022 lalu, Netray menghilangkan Partai Ummat dari pemantauan dan memasukkan Partau Buruh dan Partai Kebangkitan Nasional (PKN) dalam pemantauan terbaru.

Terdapat 15 parpol terpopuler selama periode pemantauan sepekan dari 16-22 Desember 2022. Berdasarkan pantauan Media Monitoring Netray, periode ini Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) berhasil menyalip Partai Nasdem yang selama beberapa periode berturut konsisten di urutan 1. Meski demikian, Partai Nasdem masih unggul di media pemberitaan. Nasdem hanya kalah dengan PDI-P di Twitter.

Dari pantauan Netray, lonjakan penyebutan untuk PDI-P terjadi pada tanggal 21 Desember 2022 bersamaan dengan naiknya topik Puan Maharani di Twitter dalam narasi “Puan Nomor Satu PDIP Tetap Tiga”. Sementara di media pemberitaan, total artikel topik PDI-P masih kalah dengan Nasdem, Golkar, dan Demokrat.

Di posisi 2-5 diisi oleh Nasdem, Demokrat, PKB dan PKS. Melesatnya penyebutan untuk PDI-P yang sebelumnya di urutan 7 membuat Partai Nasdem, Demokrat, dan PKS harus turun peringkat dari periode sebelumnya. Hanya PKB yang berhasil naik satu peringkat dari periode sebelumnya.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Infografis: Zulfa M./ Editor: Irwan Syambudi

More like this

Popularitas Tokoh Politik di Media Massa Online dan Media Sosial Periode Januari 2023

Netray melakukan pemantauan media online dan media sosial (Twitter, Instagram, TikTok, dan YouTube) untuk melihat...

Popularitas Partai Politik di Media Massa Online dan Twitter Periode Januari 2023

Netray melakukan pemantauan media massa online dan Twitter untuk melihat popularitas partai politik (parpol) selama 1-31 Januari...

Popularitas Partai Politik di Media Massa Online & Twitter Periode 23-29 Januari 2023

Netray melakukan pemantauan popularitas partai politik (parpol) berdasarkan penyebutan atau mention nama parpol di media massa...
%d blogger menyukai ini: