Home#Membaca2024Popularitas Capres Cawapres di Media Sosial & Media Massa Online Periode 29 Januari...

Popularitas Capres Cawapres di Media Sosial & Media Massa Online Periode 29 Januari – 4 Februari 2024

Published on

Tiga pasang calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) definitif secara resmi akan bertarung dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Mereka antara lain adalah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang diusung oleh koalisi Partai Nasdem, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming yang diusung koalisi Partai Gerindra, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang diusung oleh koalisi PDIP.

Netray memantau popularitas ketiga pasangan capres cawapres menggunakan kata kunci ganjar&mahfud, prabowo&gibran, dan anies&muhaimin. Sementara popularitas capres cawapres secara individu dipantau dengan kata kunci ganjar pranowo, mahfud md, prabowo subianto, gibran, anies baswedan, dan muhaimin iskandar.

Berdasarkan pemantuan Netray Media Monitoring terkait popularitas capres cawapres, paslon Prabowo-Gibran kembali merebut posisi pertama dengan mengantongi total mention sebanyak 189.563. Sedangkan Ganjar-Mahfud harus turun peringkat setelah pekan lalu sempat naik ke urutan pertama. Bersaing ketat dengan Prabowo-Gibran, Ganjar-Mahfud pekan ini memperoleh penyebutan sebanyak 174.875. Sedangkan paslon Anies-Muhaimin tetap berada di urutan terakhir karena hanya memperoleh 80.906 kali penyebutan.

Sementara itu, jika dilihat dari popularitas individu capres cawapres pada pekan ini Gibran Rakabuming masih jadi yang populer. Selanjutnya disusul Anies Baswedan yang berhasil menggeser posisi Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang masing-masing turun satu peringkat. Prabowo Subianto dan Cak Imin sama seperti pekan lalu, menempati peringkat dua terbawah.

Sentimen Penyebutan dalam Popularitas Capres Cawapres

Meski rasio sentimen positif paslon Ganjar-Mahfud turun di angka 65,96%, paslon ini masih menjadi peserta Pilpres 2024 yang mendapat banyak impresi positif dari warganet. Kemudian disusul Prabowo-Gibran di urutan kedua dengan persentase sentimen positif di angka 49,21%. Anies-Muhaimin di urutan terbawah dengan sentimen positif sebesar 44,83%%. Prabowo-Gibran sekaligus menjadi paslon dengan sentimen negatif terbanyak dengan perolehan sebesar 24,25% disusul Anies-Muhaimin 15,21% dan Ganjar-Mahfud sebesar 12,48%.

Proporsi sentimen positif negatif paslon sedikit banyak tercermin pada perolehan impresi individu capres dan cawapres. Seperti proporsi sentimen positif Ganjar masih yang tertinggi. Meski begitu perolehan sentimen Mahfud pada pekan ini terhitung cukup merata. Sentimen positif Mahfud masih kalah dibandingkan dengan Prabowo dan Anies Baswedan. Sedangkan Gibran masih menjadi cawapres dengnan sentimen negatif tertinggi.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

More like this

Pembahasan Pasca Pemilu di Media Sosial dan Pemberitaan, Isu Kecurangan Jadi Perhatian

Momentum pesta demokrasi yang ditunggu-tunggu alias pemilihan umum (Pemilu) 2024 telah dilaksanakan pada 14...

Popularitas Capres Cawapres di Media Sosial & Media Massa Online Periode Januari 2024

Netray melakukan pemantauan media massa online dan media sosial (media sosial X, TikTok, Instagram,...

Popularitas Partai Politik di Twitter & Media Massa Online Periode Januari 2024

Netray melakukan pemantauan media massa online dan Twitter untuk melihat popularitas partai politik (parpol)...
%d bloggers like this: