Home#Membaca2024Popularitas Capres Cawapres di Media Sosial & Media Massa Online Periode 27...

Popularitas Capres Cawapres di Media Sosial & Media Massa Online Periode 27 Desember 2023 – 1 Januari 2024

Published on

Tiga pasang calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) definitif secara resmi akan bertarung dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Mereka antara lain adalah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang diusung oleh koalisi Partai Nasdem, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming yang diusung koalisi Partai Gerindra, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang diusung oleh koalisi PDIP.

Netray memantau popularitas ketiga pasangan capres cawapres menggunakan kata kunci ganjar&mahfud, prabowo&gibran, dan anies&muhaimin. Sementara popularitas capres cawapres secara individu dipantau dengan kata kunci ganjar pranowo, mahfud md, prabowo subianto, gibran, anies baswedan, dan muhaimin iskandar.

Berdasarkan pemantuan Netray Media Monitoring terkait popularitas capres cawapres, paslon Ganjar-Mahfud kembali menduduki peringkat pertama popularitas capres cawapres hasil pemantauan antara tanggal 27 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024. Paslon ini mendapatkan setidaknya 89.519 kali mention di media massa daring dan unggahan media sosial. Angka ini jauh lebih sedikit dibandingkan dengan periode pemantuan sebelumnya.

Pada dasarnya intensitas penyebutan paslon pada periode ini memang lebih sedikit. Paslon Prabowo-Gibran terpaksa masih menempati posisi kedua meski hanya turun menjadi 82.880 dari pekan lalu yang mencapai 119.875 kali penyebutan. Sedangkan Anies -Cak Imin masih menepati urutan terakhir popularitas capres cawapres dengan mengantongi 45.003 mentions.

popularitas capres
Gambar 1. Tren sentimen yang diterima paslon, capres, dan cawapres

Dari kacamata sentimen, paslon Ganjar-Mahfud terlihat mendapat impresi positif lebih banyak baik dari segi jumlah maupun rasio. 73% penyebutan dengan sentimen positif yang artinya paslon Ganjar-Mahfud mendapat 65.338 kali mentions. Rasio sentimen positif paslon Anies-Cak Imin juga tinggi. Hanya saja secara jumlah, paslon ini cuma mendapat 27.890 kali penyebutan positf.

Jumlah ini masih kalah dengan paslon Prabowo-Gibran yang mendapat 31.171 mentions positif. Akan tetapi rasio yang dihasilkan tercatat paling rendah karena hanya diangka 38%. Paslon ini bahkan mendapat penyebutan dengan sentimen negatif terbanyak yakni 24.871 mentions, atau sekitar 32% dari total penyebutan yang mereka terima.

Secara individu, popularitas capres cawapres terbanyak diterima Anies Baswedan setelah beberapa pekan dikuasai oleh cawapres Gibran Rakabuming. Gibran sendiri hanya turun satu peringkat, begitu juga dengan Ganjar Pranowo. Mahfud MD masih menempati peringkat empat. Sedangkan Prabowo naik ke peringkat lima dan meninggalkan Cak Imin di posisi juru kunci.

Gambar 1. Top Words perbincangan paslon capres-cawapres
Gambar 2. Unggahan populer warganet terkait Anies Baswedan

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

More like this

Pembahasan Pasca Pemilu di Media Sosial dan Pemberitaan, Isu Kecurangan Jadi Perhatian

Momentum pesta demokrasi yang ditunggu-tunggu alias pemilihan umum (Pemilu) 2024 telah dilaksanakan pada 14...

Popularitas Capres Cawapres di Media Sosial & Media Massa Online Periode Januari 2024

Netray melakukan pemantauan media massa online dan media sosial (media sosial X, TikTok, Instagram,...

Popularitas Partai Politik di Twitter & Media Massa Online Periode Januari 2024

Netray melakukan pemantauan media massa online dan Twitter untuk melihat popularitas partai politik (parpol)...
%d bloggers like this: