Home#Membaca2024Popularitas Capres Cawapres di Media Sosial & Media Massa Online Periode 2...

Popularitas Capres Cawapres di Media Sosial & Media Massa Online Periode 2 – 7 Januari 2024

Published on

Tiga pasang calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) definitif secara resmi akan bertarung dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Mereka antara lain adalah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang diusung oleh koalisi Partai Nasdem, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming yang diusung koalisi Partai Gerindra, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang diusung oleh koalisi PDIP.

Netray memantau popularitas ketiga pasangan capres cawapres menggunakan kata kunci ganjar&mahfud, prabowo&gibran, dan anies&muhaimin. Sementara popularitas capres cawapres secara individu dipantau dengan kata kunci ganjar pranowo, mahfud md, prabowo subianto, gibran, anies baswedan, dan muhaimin iskandar.

Berdasarkan pemantuan Netray Media Monitoring terkait popularitas capres cawapres, paslon Ganjar-Mahfud kembali menduduki peringkat pertama popularitas capres cawapres hasil pemantauan antara tanggal 2 – 7 Januari 2024. Paslon ini mendapatkan setidaknya 151.592 kali mention di media massa daring dan unggahan media sosial. Jumlah ini hampir 2 kali lipat dari penyebutan popularitas capres cawapres yang diterima Ganjar Mahfud pada pekan lalu.

Paslon Prabowo-Gibran masih menempati posisi kedua karena secara sekilas jumlah penyebutan paslon ini tidak banyak mengalami peningkatan. Dari yang awalnya sebanyak 89.519 penyebutan, menjadi 107.500 mentions pada pekan ini. Sedangkan Anies -Cak Imin masih menepati urutan terakhir popularitas capres cawapres dengan mengantongi 42.692 mentions yang bahkan lebih sedikit daripada perolehan pekan lalu.

Gambar 1. Tren sentimen yang diterima paslon, capres, dan cawapres

Dari pembacaan sentimen, paslon Ganjar-Mahfud terlihat mendapat impresi positif lebih banyak baik dari segi jumlah maupun rasio. 73% penyebutan dengan sentimen positif yang artinya paslon Ganjar-Mahfud mendapat 123.385 kali mentions. Rasio sentimen positif paslon Anies-Cak Imin juga tinggi. Hanya saja secara jumlah, paslon ini cuma mendapat 30.037 kali penyebutan positf.

Jumlah mention positif Anies-Cak Imin masih kalah dengan paslon Prabowo-Gibran yang mendapat 37.738 mentions positif. Akan tetapi rasio yang dihasilkan tercatat paling rendah karena hanya diangka 35%. Paslon ini bahkan mendapat penyebutan dengan sentimen negatif terbanyak yakni 29.384 mentions, atau sekitar 28% dari total penyebutan yang mereka terima.

Popularitas individu capres cawapres pada pekan ini kembali dipegang oleh Gibran Rakabuming dari tangan Anies Baswedan. Anies sendiri turun di posisi ketiga ketika posisi kedua ditempati Ganjar Pranowo yang juga mengalami peningkatan total mentions. Mahfud MD masih menempati peringkat empat. Begitu juga dengan Prabowo dan Cak Imin yang tidak mengalami perubahan posisi.

Gambar 1. Top Words perbincangan paslon capres-cawapres
Gambar 2. Unggahan populer warganet terkait pasangan capres

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

More like this

Pembahasan Pasca Pemilu di Media Sosial dan Pemberitaan, Isu Kecurangan Jadi Perhatian

Momentum pesta demokrasi yang ditunggu-tunggu alias pemilihan umum (Pemilu) 2024 telah dilaksanakan pada 14...

Popularitas Capres Cawapres di Media Sosial & Media Massa Online Periode Januari 2024

Netray melakukan pemantauan media massa online dan media sosial (media sosial X, TikTok, Instagram,...

Popularitas Partai Politik di Twitter & Media Massa Online Periode Januari 2024

Netray melakukan pemantauan media massa online dan Twitter untuk melihat popularitas partai politik (parpol)...
%d bloggers like this: