Home#Membaca2024Popularitas Capres Cawapres di Media Sosial & Media Massa Online Periode 15...

Popularitas Capres Cawapres di Media Sosial & Media Massa Online Periode 15 – 21 Januari 2024

Published on

Tiga pasang calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) definitif secara resmi akan bertarung dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Mereka antara lain adalah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang diusung oleh koalisi Partai Nasdem, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming yang diusung koalisi Partai Gerindra, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang diusung oleh koalisi PDIP.

Netray memantau popularitas ketiga pasangan capres cawapres menggunakan kata kunci ganjar&mahfud, prabowo&gibran, dan anies&muhaimin. Sementara popularitas capres cawapres secara individu dipantau dengan kata kunci ganjar pranowo, mahfud md, prabowo subianto, gibran, anies baswedan, dan muhaimin iskandar.

Berdasarkan pemantuan Netray Media Monitoring terkait popularitas capres cawapres, paslon Prabowo-Gibran dapat mempertahankan posisi pertama dengan mengantongi total mention sebanyak 214.441. Perolehan ini bersaing ketat dengan paslon Ganjar-Mahfud di posisi kedua yang mendapatkan 204.694 kali penyebutan oleh warganet dan media massa daring. Sedangkan paslon Anies-Muhaimin tetap berada di urutan terakhir karena hanya memperoleh 80.251 kali penyebutan.

Gambar 1. Top Words perbincangan capres cawapres
Gambar 2. Contoh unggahan warganet dengan kata kunci capres cawapres

Popularitas individu capres cawapres pada pekan ini kembali dipegang oleh Gibran Rakabuming. Begitu juga dengan popularitas Anies dan Ganjar yang masih menempati peringkat yang sama dengan pekan lalu. Peringkat Prabowo yang pekan ini justru turun di posisi lima karena peringkat Mahfud MD naik ke posisi empat. Cak Imin pekan ini masih menempati peringkat terbawah.

Sentimen Penyebutan dalam Popularitas Capres-Cawapres

Dengan rasio sentimen positif sebesar 86%, paslon Ganjar-Mahfud masih menjadi peserta Pilpres 2024 yang mendapat banyak impresi positif dari warganet. Prabowo-Gibran pada pekan ini juga masih menjadi paslon yang meraup impresi dengan sentimen negatif terbanyak.

Gambar 3. Grafik sentimen capres cawapres

Proporsi sentimen positif negatif paslon juga tercermin pada perolehan impresi individu capres dan cawapres. Ketika proporsi sentimen positif Ganjar dan Mahfud masih yang tertinggi, perolehan sentimen negatif Prabowo dan Gibran juga menjadi yang paling banyak. Bahkan 40,5% dari 331.631 impresi yang diterima Gibran merupakan unggahan dengan sentimen negatif.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

More like this

Pembahasan Pasca Pemilu di Media Sosial dan Pemberitaan, Isu Kecurangan Jadi Perhatian

Momentum pesta demokrasi yang ditunggu-tunggu alias pemilihan umum (Pemilu) 2024 telah dilaksanakan pada 14...

Popularitas Capres Cawapres di Media Sosial & Media Massa Online Periode Januari 2024

Netray melakukan pemantauan media massa online dan media sosial (media sosial X, TikTok, Instagram,...

Popularitas Partai Politik di Twitter & Media Massa Online Periode Januari 2024

Netray melakukan pemantauan media massa online dan Twitter untuk melihat popularitas partai politik (parpol)...
%d bloggers like this: