Home#Membaca2024Popularitas Capres Cawapres di Media Sosial & Media Massa Online Periode 22-28...

Popularitas Capres Cawapres di Media Sosial & Media Massa Online Periode 22-28 Januari 2024

Published on

Tiga pasang calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) definitif secara resmi akan bertarung dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Mereka antara lain adalah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang diusung oleh koalisi Partai Nasdem, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming yang diusung koalisi Partai Gerindra, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang diusung oleh koalisi PDIP.

Netray memantau popularitas ketiga pasangan capres cawapres menggunakan kata kunci ganjar&mahfud, prabowo&gibran, dan anies&muhaimin. Sementara popularitas capres cawapres secara individu dipantau dengan kata kunci ganjar pranowo, mahfud md, prabowo subianto, gibran, anies baswedan, dan muhaimin iskandar.

Berdasarkan pemantuan Netray Media Monitoring terkait popularitas capres cawapres, paslon Ganjar-Mahfud kembali merebut posisi pertama dengan mengantongi total mention sebanyak 255.970. Sedangkan Prabowo-Subianto harus turun peringkat setelah pekan lalu sempat ada di urutan pertama. Bersaing ketat dengan Ganjar-Mahfud, Prabowo-Gibran pekan ini memperoleh penyebutan sebanyak 252.687. Sedangkan paslon Anies-Muhaimin tetap berada di urutan terakhir karena hanya memperoleh 73.548 kali penyebutan.

Sementara itu, jika dilihat dari popularitas individu capres cawapres pada pekan ini Gibran Rakabuming masih jadi yang populer. Selanjutnya disusul Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang masing-masing naik satu peringkat. Anies Baswedan yang pekan lalu di urutan dua kini turun di urutan empat. Prabowo Subianto dan Cak Imin sama seperti pekan lalu, menempati peringkat dua terbawah.

Sentimen Penyebutan dalam Popularitas Capres-Cawapres

Dengan rasio sentimen positif sebesar 83%, paslon Ganjar-Mahfud masih menjadi peserta Pilpres 2024 yang mendapat banyak impresi positif dari warganet. Kemudian disusul Anies-Muhaimin di urutan kedua dengan persentase sentimen positif di angka 52%. Prabowo-Gibran di urutan terbawah dengan sentimen positif sebesar 46%. Prabowo-Gibran sekaligus menjadi paslon dengan sentimen negatif terbanyak dengan perolehan sebesar 19% disusul Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud sebesar 9%.

Proporsi sentimen positif negatif paslon juga tercermin pada perolehan impresi individu capres dan cawapres. Ketika proporsi sentimen positif Ganjar dan Mahfud masih yang tertinggi, perolehan sentimen negatif Prabowo dan Gibran juga menjadi yang paling banyak. Bahkan 40,5% dari 331.631 impresi yang diterima Gibran merupakan unggahan dengan sentimen negatif.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

More like this

Pembahasan Pasca Pemilu di Media Sosial dan Pemberitaan, Isu Kecurangan Jadi Perhatian

Momentum pesta demokrasi yang ditunggu-tunggu alias pemilihan umum (Pemilu) 2024 telah dilaksanakan pada 14...

Popularitas Capres Cawapres di Media Sosial & Media Massa Online Periode Januari 2024

Netray melakukan pemantauan media massa online dan media sosial (media sosial X, TikTok, Instagram,...

Popularitas Partai Politik di Twitter & Media Massa Online Periode Januari 2024

Netray melakukan pemantauan media massa online dan Twitter untuk melihat popularitas partai politik (parpol)...
%d bloggers like this: