BerandaTerkiniPerayaan Hari Ibu, Banjir Ucapan dari Warganet

Perayaan Hari Ibu, Banjir Ucapan dari Warganet

Published on

Hari ini, 22 Desember 2021 merupakan momen special bagi seluruh ibu di Indonesia. Yaps, Hari Ibu adalah sebuah hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya (wikipedia).

Sejarah Singkat

Momen Hari Ibu lahir dari penyelenggaraan Kongres Perempuan Indonesia. Tanggal peringatan ini dipilih berdasarkan tanggal penyelenggaran Kongres Perempuan I, yakni 22 Desember 1928. Dalam kongres yang dihadiri oleh 30 organisasi wanita dari kota-kota di Jawa dan Sumatra tersebut para wanita yang tergabung bermaksud untuk membangun kembali kesadaran para perempuan untuk memperjuangkan hak-haknya. Setelah melalui perjalanan panjang, melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 Presiden Ir. Soekarno meresmikan tanggal 22 Desember sebagai peringatan nasional hari ibu.

Kongres Perempuan Indonesia (1928)
sumber wikipedia

Warganet; Selamat Hari Ibu

Sesuai dengan perkembangan zaman, momen perayaan hari ibu diperingati masyarakat dengan gaya mereka masing-masing. Seperti, memberikan penghargaan/hadiah, merayakan dengan keluarga, memberikan kejutan, ataupun berbagi cerita/gambar yang kemudian diunggah ke akun media sosial. Untuk melihat antusiasme warganet dalam menyambut momen Hari Ibu ini, Media Monitoring Netray turut memantau seperti apa momen yang dibagikan warganet untuk mendeskripsikan peringatan ini?

tweet topik Hari Ibu
sumber dashboard Netray

Di tanggal 22 Desember ini, media sosial Twitter dibanjiri dengan ucapan hingga cerita pengguna Twitter tentang sosok ibu mereka. Dari pantauan Netray sejak tanggal 20 hingga 22 Desember siang, terhimpun belasan ribu tweet yang turut membagikan ucapan bahkan cerita terkait diksi ibu di momen khusus Hari Ibu ini. Bukan hanya sosok ibu kandung yang mereka sanjung, tetapi banyak juga warganet yang membagikan tweet-nya tentang sosok wanita-wanita hebat yang mereka kenal. Bahkan momen ini tak hanya menarik perhatian masyarakat awam pengguna Twitter, namun akun resmi milik pemerintah ataupun swasta pun turut ikut menyemarakkan momen bahagia ini.

tweet topik Hari Ibu
sumber akun @DivHumas_Polri
tweet topik Hari Ibu
sumber akun @avoskinbeauty

Kisah Inspiratif Seorang Ibu

Tak hanya berbagi momen ucapan selamat hari Ibu, beberapa warganet pun juga membagikan cerita inspiratif dari sosok seorang ibu yang mereka kenal. Salah satunya ialah Ibu Surati, yakni ibu dari Arhan Pratama, salah satu pemain Timnas Indonesia. Tweet dari akun @ainurohman tentang kisah Ibu Surati yang membelikan sepatu dari hasil jualan sayurnya tersebut berhasil menyedot ribuan impresi dari warganet. Melansir dari laman Bolatimes, yang menjadi haru dalam kisah ini ialah perjuangan Bu Surati yang rela menjadi tulang punggung dengan menjadi penjual sayur. Hingga pada suatu hari di saat Arhan akan menjalani latihan bersama dengan Sekolah Sepakbola Terang Bangsa, Bu Surati hanya mampu membelikan sepasang sepatu bola dengan harga 25 ribu rupiah. Dan yang paling mengenang dalam kisah itu ialah sepatu yang baru dibeli tersebut langsung rusak alias jebol saat digunakan latihan untuk pertama kalinya. Namun, kejadian tersebut tak lantas menjadi hal yang memalukan bagi Arhan bahkan kisah tersebut menjadi kenangan manis perjuangan ibunya.

tweet topik Hari Ibu
sumber dashboard Netray

Tak hanya itu, kisah lain yang menjadi cerita haru dari seorang ibu ialah kisah yang dibagikan oleh salah satu media massa Indonesia lewat akun Twitter resmi milik mereka. Nurmia Indo Tang yang berusia 65 tahun hingga sekarang masih setia merawat putranya (27 tahun) yang mengidap autis. Meski diselimuti dengan keterbatasan ekonomi, ibu yang telah memasuki usia senja tersebut dengan penuh kasih sayang terus menjaga putra semata wayangnya.

tweet topik Hari Ibu
sumber dashboard Netray

Ibu Hebat, Terima Kasih Ibu

Momen yang penuh kasih sayang ini juga dijadikan ajang untuk berbagi cerita tentang betapa hebatnya sosok ibu yang mereka miliki. Rasa syukur memiliki sosok ibu yang kuat, sabar, dan tegar menjadi suatu kebanggaan bagi beberapa netizen Indonesia. Tak ayal, bahkan beberapa di antaranya terutama bagi perempuan juga menjadikan sosoknya sebagai panutan sehingga ia berharap di masa depan akan menjadi seperti ibunya.

tweet topik Hari Ibu
sumber dashboard Netray

Ibu adalah sosok perempuan dalam keluarga yang tak akan pernah tergantikan jasanya. Hari Ibu menjadi momen terbahagia bagi ibu ataupun calon ibu di seluruh Indonesia. Bagaimana tidak? Di momen ini, sebagian besar publik sudah menyadari betapa besar peran seorang ibu sehingga mereka turut merayakan hari bahagia ini dengan memberikan suatu bentuk kasih sayang lebih kepada sosok ibu mereka.

Di hari bahagia ini, Media Monitoring Netray turut mengucapkan Selamat Hari Ibu bagi Seluruh Ibu di Indonesia.

More like this

Jalan Tol Jadi Fasilitas Paling Banyak Disebut dalam Perbincangan Soal Mudik

Mudik atau pulang ke kampung halaman jadi perbincangan warganet menjelang Idul Fitri 2022. Dalam...

Bukber dan Fenomena Flexing Jadi Sambatan Warganet

Bukber alias Buka Bersama adalah kegiatan yang kerap dilakukan oleh masyarakat saat bulan Ramadhan...

Vaksin Kanker Serviks Gratis, Warganet Bersukacita

Belum lama ini lini massa media sosial Twitter diramaikan dengan perbincangan terkait vaksin kanker...
%d blogger menyukai ini: