HomeCurrent ReportIsrael Serang RS Indonesia di Gaza, Menlu Retno dan MER-C Ramai Disebut...

Israel Serang RS Indonesia di Gaza, Menlu Retno dan MER-C Ramai Disebut di Media

Published on

RS Indonesia (RSI) di Bait Lahia, Gaza Utara, menjadi salah satu fasilitas kesehatan untuk warga Palestina yang menjadi sasaran serangan militer Israel (IDF) sejak 7 Oktober 2023. Selama 45 hari serangan, militer Israel juga menyasar tempat lain seperti Rumah Sakit Al Ahli dan Rumah Sakit Al Shifa.

Rumah Sakit Al Ahli dibom pada 17 Oktober lalu mengakibatkan ratusan warga Palestina meninggal dunia. Sedangkan Rumah Sakit Al Shifa, yang menjadi rumah sakit terbesar di Gaza, terkena serangan rudal pada 15 November yang menyebabkan beberapa orang tewas dan puluhan lainnya terluka.

RS Indonesia sendiri dikepung Israel sejak Minggu (19/11). Hingga akhirnya pada Senin (20/11) terkena gempuran serangan udara yang menyebabkan 12 orang tewas dan setidaknya 120 orang terluka parah. Korban tewas tersebut merupakan tim medis dan warga sipil yang sedang berlindung di RSI.

Serangan yang menyasar rumah sakit di jalur Gaza ini disebabkan karena Israel menduga tempat-tempat tersebut merupakan tempat bersembunyinya Hamas. Padahal hukum humaniter Internasional atau hukum perang (laws of war) mengatur bahwa warga sipil, tenaga medis dan rumah sakit termasuk dalam objek yang tidak boleh diserang dalam perang meskipun menjadi target pembalasan.

Pemantauan Perbincangan Warganet X dan TikTok

Terkait situasi ini, Netray ingin mengetahui bagaimana wacana serangan Israel atas RS Indonesia berkembang dan beredar di publik dalam negeri. Pemantauan dilakukan untuk melihat aktor atau akun yang paling berpengaruh dalam memberikan informasi terkait situasi RS Indonesia di Gaza pada sosial media X dan TikTok. 

Dengan menggunakan kata kunci rs indonesia selama periode 16-22 November 2023 ditemukan 76,6 ribu unggahan warganet X dari 14,4 ribu akun yang mampu meraup reaksi (impresi) hingga 130 juta. Sedangkan di TikTok ditemukan 113 unggahan video TikTok yang telah diputar sebanyak 944,2 ribu kali serta memperoleh impresi dari warganet sebanyak 139,5 ribu.

Gambar 1. Statistik perbincangan X topik penyerangan RS Indonesia
Gambar 2. Statistik unggahan video TikTok

Intensitas unggahan terkait topik ini di TikTok di awal pemantauan terhitung cukup rendah. Akan tetapi pada 20 November atau saat hari penyerangan RS Indonesia, intensitas unggahan melonjak tinggi. Begitu pula di sosial media X. Pada hari penyerangan unggahan yang dikirim warganet begitu masif. Pada tanggal 20 November terpantau 31,7 ribu unggahan memperbincangkan topik ini. 

Gambar 3. Intensitas unggahan video TikTok
Gambar 4. Intensitas unggahan perbincangan X

Sentimen unggahan X didominasi oleh nada negatif yang menggambarkan keadaan yang mengerikan. Hal ini seperti unggahan dari akun @tanyarlfess tampak melaporkan bahwa IDF mengumumkan bahwa lokasi sekitar RSI akan menjadi daerah zona tempur. Unggahannya menjadi terpopuler dengan impresi 694 komentar, 24.674 likes, dan 7.496 repost. Selain itu ada pula akun @bangonim seorang content creator yang tinggal di Palestina beropini bahwa dunia seolah tak peduli saat RSI digempur. Unggahan ini 296 komentar, 10.909 likes dan 9.461 repost.

Gambar 5. Tren sentimen X
Gambar 6. Sampel opini warganet

Kemudian jika dilihat berdasarkan perolehan impresi terbanyak pada sosial media X terlihat akun @mercindonesia menjadi yang paling banyak mendapat reaksi dari warganet sebanyak 51,9 ribu impresi. Akun organisasi sosial yang bergerak pada bidang kegawatdaruratan medis ini tampak mengunggah keadaan Rumah Sakit Indonesia saat terjadi penyerangan oleh Israel.

Gambar 7. Jajaran akun popule X
Gambar 8. Sampel unggahan akun terpopuler

Unggahan tersebut berdasarkan info Wartawan Al Jazeera, Anas Syarief. Melalui unggahannya tersebut @mercindonesia menyerukan penghentian genosida di Gaza melalui tagar #STOPGENOCIDE. Unggahan ini mampu meraih perhatian warganet sebanyak 534 komentar, 15.294 likes dan 16.280 repost. Akun ini juga telah mengabarkan keadaan peperangan di sekitar RSI seperti Tali Za’atar sejak 15 November.

Di posisi kedua terdapat @CNNIndonesia dengan perolehan impresi yang terpaut jauh yakni sebanyak 37 ribu reaksi. Akun berita ini melaporkan berbagai informasi keadaan RS usai digempur serta dampaknya. Tampak pula tanggapan dari WHO terhadap insiden ini.

Gambar 9. Sampel unggahan skun populer

Sedangkan di TikTok terdapat akun personal yang khusus mengunggah ulang konten terkait perang Israel Palestina, yakni akun @miasony988. Karena tema unggahannya, akun iini menjadi yang paling populer sekaligus memperoleh impresi terbanyak dengan 52.893 reaksi. Akun ini tampak mengunggah video pernyataan Jurnalis Anas Al-Sharif dari Rumah Sakit Indonesia bahwa situasi semakin sulit karena Israel langsung menyerang rumah sakit yang akan menyebabkan koneksi telepon, listrik akan terputus.

Gambar 10. Jajaran akun populer TikTok
Gambar 11. Unggahan miasony988

Di posisi kedua terdapat akun @menujuindonesiamaju yang memperoleh 38.182 reaksi. Akun yang sering menampilkan kegiatan presiden Joko Widodo ini tampak mengunggah keterangan pers Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi atas perkembangan situasi di RS Indonesia dan mengutuk sekeras-kerasnya serangan Israel ke RSI yang menewaskan sejumlah warga sipil.

Gambar 12. Unggahan @menujuindonesiamaju

Pemberitaan Media Daring atas Situasi Terkini RS Indonesia

Selain dari sosial media, Netray juga coba memantau melalui pemberitaan media daring. dengan menggunakan kata kunci dan periode yang sama. Hasilnya terdapat 263 artikel dari 68 media yang memberitakan keadaan Rumah Sakit Indonesia dan topik terkait.

Gambar 13. Statistik pemberitaan isu penyerangan RS Indonesia di Gaza

Selain memberitakan serangan RS Indonesia, media daring Indonesia juga tampak menyoroti soal Kelompok Milisi Hamas dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di jalur Gaza. Hal ini tercermin dalam jajaran kata populer terlihat kata serangan, hamas dan warga mendominasi.

Gambar 14. jajaran kosakata populer

Sebelum RS Indonesia diserang, sejak seminggu lalu tepatnya pada 17 November RS ini berhenti tak berfungsi secara maksimal terkena dampak serangan Israel di sekitar wilayah ini. Hal ini terjadi karena pihak rumah sakit kehabisan BBM untuk pasokan listrik dan kapasitas yang sudah melebihi seharusnya yang hanya mampu menampung 150 pasien, kini harus diisi 500 pasien. Akibatnya banyak pasien yang tergeletak di lantai. Hal ini seperti yang dituliskan oleh CNN Indonesia, IDN Times, dan Kilas Jatim pada gambar di bawah ini

Gambar 15. Sampel berita

Kata serang mewakili kronologi terjadinya penyerangan RSI. Akibatnya tidak hanya bagian luar rumah sakit  yang terdampak, ruangan perawatan pasca operasi pun ikut rusak. IDF pun berdalih penyerangan diluncurkan karena rumah sakit tersebut dianggap sebagai tempat persembunyian Hamas. Mereka melakukannya untuk menanggapi serangan teroris yang lebih dulu dilakukan dari dalam rumah sakit tersebut. Informasi ini seperti yang diterbitkan portal Katadata dan Tribun Bali.

Gambar 16. Sampel berita kata ‘serang’

Kemudian kata warga banyak muncul terkait 3 WNI yang merupakan relawan MER-C di RS Indonesia. Akibat serangan tersebut pemerintah Indonesia sempat hilang kontak dengan para relawan ini. Namun sehari setelah penyerangan yakni pada 21 November, meski belum bisa berkomunikasi secara langsung. Berdasar informan di Palestina ketiga relawan tersebut masih dalam keadaan sehat dan selamat. Portal Viva, Antara Aceh dan Go Riau terlihat menerbitkan informasi tersebut.

Sedangkan kata Hamas muncul sehubungan adanya kesepakatan antara Hamas dan Israel untuk gencatan senjata pasca RS Indonesia diserang. Israel setuju untuk melakukan gencatan senjata selama empat hari bila Hamas membebaskan 50 sandera dari total 200 orang yang ditahan oleh Hamas. Sebaliknya Israel juga akan 150 warga Palestina yang dipenjara di Israel. Gencatan senjata tersebut akan dimulai 24 jam setelah selesainya kesepakatan. Warta ini seperti yang dituliskan situs CNN Indonesia dalam beberapa artikel di bawah ini.

Selama periode pemantauan, Retno Marsudi Menteri Luar Negeri menjadi entitas people yang paling banyak disebut. Namanya banyak disebut usai ia mengeluarkan pernyataan bahwa Indonesia mengutuk serangan Israel terhadap Rumah Sakit Indonesia di Gaza yang telah menewaskan sejumlah warga sipil. Menurutnya serangan itu merupakan pelanggaran terhadap hukum humaniter internasional.

Gambar 19. Jajaran entitas populer kategori people
Gambar 20. Sampel berita ‘Retno’

Di posisi selanjutnya terdapat Sarbini, Ketua Presidium MER-C.Usai serangan, Sarbini sudah mendesak Israel segera pergi dari sekitar fasilitas tersebut. Ia juga mengutuk perbuatan tersebut dan meminta Israel tidak menjadikan RS sebagai zona perang. Selain itu, Sarbini juga meminta Menlu Retno untuk bertemu dengan para menteri luar negeri Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Ia berharap OKI dapat menekan Amerika Serikat (AS) untuk mendesak Israel menghentikan serangan. Berita ini seperti yang diterbitkan Medcom dan Inews Id.

Gambar 21. Sampel berita ‘Sarbini’

Pada posisi ketiga, terdapat Al-Kahlout. Direktur RS Indonesia Atef al-Kahlout banyak disebut terkait operasional RS Indonesia saat dan setelah serangan terjadi. Selain tak mampu melayani pasien yang terus bertambah, Layanan RS ini otomatis berhenti pasca serangan karena mengalami krisis persediaan bahan bakar serta medis. Hal ini seperti yang diberitakan oleh Medcom, dan Hallo Riau.

Gambar 22. Sampel berita ‘Al-kahlout’

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Ananditya Paradhi

More like this

Beras Mahal dan Langka, Silang Sengkarut Kebijakan Impor dan Bansos Pemerintah

Beras mahal dan kian langka, kini mulai diteriakkan oleh warganet. Kenaikan harga bahan pokok...

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar...

Puluhan Petugas KPPS Tumbang, Warganet Tepis Tudingan Kecurangan

Pra pemilu, publik sempat terhibur atas lelucon petugas KPPS yang ‘naik kelas’ dari honorer...
%d bloggers like this: