HomeCurrent ReportPemberitaan Soal Haji Indonesia 2023: Jumlah Usia Lansia dan Jemaah Meninggal Dunia...

Pemberitaan Soal Haji Indonesia 2023: Jumlah Usia Lansia dan Jemaah Meninggal Dunia Meningkat

Published on

Pemberangkatan haji gelombang pertama 2023 bagi warga Indonesia telah dimulai sejak 23 Mei 2023. Kini, perjalanan haji telah sampai pada gelombang kedua yang pemberangkatannya sudah mulai dilaksanakan sejak 8 Juni hingga 22 Juni 2023 mendatang. Di media pemberitaan, selain mengabarkan keberangkatan jemaah haji asal Indonesia, jemaah lansia dan jemaah yang meninggal dunia juga banyak diberitakan karena jumlahnya lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya.

Dengan menggunakan kata kunci haji&&indonesia selama periode 8 – 14 Juni 2023, Netray menemukan 1.807 artikel dari 216 media membahas topik ini. Kategori yang mendominasi kata kunci antara lain pemerintahan dengan 35,1 persen dari total pemberitaan atau sebanyak 623 artikel, lalu disusul kategori transportasi dengan 12,9 persen atau 230 artikel dan kategori kesehatan sebanyak 11, 7 persen atau 208 artikel.

Gambar 1. Statistik pemberitaan topik haji Indonesia

Intensitas pemberitaan topik haji di media cenderung fluktuatif. Selalu ada pemberitaan terkait topik ini setiap harinya. Adapun puncak pemberitaan terjadi pada 9 Juni 2023 atau sehari setelah pemberangkatan gelombang kedua dilaksanakan. Setelah itu pemberitaan naik turun hingga akhir pemantauan.

Gambar 2. Tren peak time pemberitaan

Isu pemberitaan dari kata kunci haji indonesia didominasi berita soal proses keberangkatan para jemaah haji. Hal ini terlihat dari kata bandara mendapat porsi paling besar di antara kumpulan kata lain yang banyak digunakan dalam artikel. Proses keberangkatan gelombang pertama tahap akhir hingga dimulainya keberangkatan gelombang kedua banyak diliput oleh media terkait topik haji selama periode pemantauan.

pemberitaan soal haji indonesia 2023
Gambar 3. Kumpulan kata yang banyak digunakan
Gambar 4. Sampel berita kata ‘bandara’

Kata selanjutnya yang cukup mendominasi adalah lansia seperti yang terlihat pada kumpulan kata jemaah lansia dan usia lansia. Mengutip okezone.com jumlah jemaah lansia dengan usia 65 tahun ke atas kurang lebih mendapat porsi 30 persen dari keseluruhan jemaah atau sekitar 66.943 orang. Pada tahun ini pemerintah Indonesia mengusung slogan haji ramah lansia. Sebab, selama pandemi covid para lansia belum mendapat kesempatan untuk melaksanakan haji karena adanya pembatasan.

Gambar 5. Sampel berita kata ‘lansia’

Selain itu, kata meninggal dan wafat juga terpantau mendapat porsi yang besar pada kumpulan kata yang banyak digunakan. Hal ini terkait jemaah haji yang meninggal saat menjalankan ibadah haji di Arab Saudi Makkah, Madinah, maupun Jeddah. Kabar terakhir pada Rabu (14/6) tercatat 60 orang wafat. Angka ini menjadi yang tertinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Berdasarkan data di Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama. Pada tahun 2022, tercatat 11 jemaah meninggal. Pada 2019 sejumlah 20 jemaah, tahun 2018 sebanyak 34 jemaah, tahun 2017 sebanyak 32 jemaah, dan pada 2016 sebanyak 35 jemaah. Artikel terkait wafatnya para jemaah ini sekaligus memberi sentimen negatif bagi pemberitaan topik ini.

Gambar 6. Sampel berita kata ”haji meninggal’

Tribun News menjadi portal berita yang paling banyak menerbitkan berita soal haji selama periode pemantauan, yakni sebanyak 102 artikel. Kemudian disusul oleh Kompas sebanyak 79 artikel dan Times Indonesia sebanyak 72 artikel.

Gambar 7. Portal populer

Sementara itu, lembaga yang paling banyak disorot terkait pemberitaan topik ini adalah Kementerian Agama (Kemenag), Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dan lain sebagainya. Berita terbaru terkait Kemenag adalah soal pembentukan Satuan Operasional Armina sebagai persiapan menyambut puncak ibadah haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina seperti yang dituliskan portal Elshinta.

Gambar 8. Lembaga yang banyak disebut
Gambar 9. Sampel berita kemenag

Selanjutnya terdapat PPIH, lembaga yang menjadi sorotan kedua dalam pemberitaan. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) merupakan petugas pendukung (non-ASN) yang diperlukan dalam penyelenggaraan ibadah haji baik di Indonesia maupun Arab Saudi. PPIH betugas untuk mengurus operasional ibadah haji warga Indonesia mulai dari jadwal keberangkatan hingga keamanan para rombongan.

Gambar 10. Sampel berita PPIH

Pada posisi ketiga terlihat PT. Garuda Indonesia menjadi sorotan pembahasan media. Hal ini terkait penerbangan beberapa kloter jemaah haji yang sempat tertunda karena kerusakan pesawat. Selain itu berita terkait DPR yang meminta disiapkan sebanyak 80 kursi business class untuk anggota DPR berangkat haji juga cukup banyak diberitakan.

Gambar 11. Sampel berita Garuda Indonesia

Sementara entitas top facilities topik ini adalah Masjidil Haram. Seperti diketahui, masjid yang berada di pusat Kota Mekah ini merupakan tempat suci bagi umat Islam dan menjadi lokasi pelaksanaan ibadah haji. Kemudian Masjid Nabawi di Madinah berada di posisi kedua penyebutan terbanyak. Sedangkan pada urutan ketiga terdapat Bandara Internasional King Abdul Aziz sebagai tempat pendaratan para jemaah haji.

Gambar 12. Jajaran tempat yang banyak disebut

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar...

Puluhan Petugas KPPS Tumbang, Warganet Tepis Tudingan Kecurangan

Pra pemilu, publik sempat terhibur atas lelucon petugas KPPS yang ‘naik kelas’ dari honorer...

Pembahasan Pasca Pemilu di Media Sosial dan Pemberitaan, Isu Kecurangan Jadi Perhatian

Momentum pesta demokrasi yang ditunggu-tunggu alias pemilihan umum (Pemilu) 2024 telah dilaksanakan pada 14...
%d bloggers like this: