Home#Membaca2024Pemantauan Medsos X Cawapres Cak Imin, Mahfud MD, dan Gibran Rakabuming

Pemantauan Medsos X Cawapres Cak Imin, Mahfud MD, dan Gibran Rakabuming

Published on

Ketiga cawapres pada Pemilu 2024 nanti, diketahui aktif bergerak di kancah dunia maya media sosial Twitter (X). Baik Gibran Rakabuming, Mahfud MD, hingga Muhaimin Iskandar kerap berkomunikasi dengan publik atau melaporkan kegiatan dan program pemerintah yang sedang berjalan.

Cawapres termuda, Gibran Rakabuming Raka, menggunakan akun dengan nama user @gibran_tweet yang mulai aktif sejak Februari 2021. Cawapres Anies Baswedan, Cak Imin, sudah ‘bermain’ Twitter sejak Juni 2013 menggunakan nama user @cakiminow. Yang paling senior adalah cawapres Mahfud MD dengan nama akun @mohmahfudmd karena sudah aktif sejak April 2011.

Untuk mengetahui perkembangan yang terjadi pada masing – masing akun cawapres, Netray Media Monitoring coba memantau ketiga akun medsos X cawapres dengan menggunakan fitur account monitoring selama sepekan yakni tanggal 13 – 19 Desember 2023.

Pemantauan Akun Medsos X Cawapres Pilpres 2024

Pada akun Gibran @gibran_tweet yang saat ini masih menjadi Walikota Solo terpantau hingga tanggal 19 Desember, ia telah mengunggah 6,5 ribu twit serta 1,2 juta pengikut. Uniknya gibran hanya mengikuti satu akun selama ini yakni @Edhie_Baskoro atau Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas. 

Gambar 1. Statistik media sosial akun @gibran_tweet

Gibran akhir-akhir ini lebih sering mempromosikan tempat wisata dan hiburan yang ada di Solo. Terpantau selama tujuh hari, Gibran hanya membuat 4 unggahan. Ia mengajak warganet untuk mengunjungi Solo Safari, Rock in Solo, Solo Art Market, hingga peluncuran tim basket baru Kesatria Benyanggawan Solo. 

Dari unggahan yang ada yang terpopuler jatuh kepada acara Rock in Solo yang berhasil digelar pada 10 Desember 2023 di Benteng Vastenburg. Unggahan yang ditulis pada 17 Desember ini berhasil meraih 559 balasan, 1.356 likes serta di-retweet sebanyak 230 kali

Gambar 2. Unggahan terpopuler akun @gibran_tweet dalam periode

Melalui unggahannya selama sepekan, akun medsos X cawapres Gibran mampu meraih total repost sebanyak 582 kali dan mendapat balasan sebanyak 2.104 kali. Selain itu warganet ternyata aktif menyebut (mention) akun @gibran_tweet sebanyak 16 ribu kali.

Unggahan warganet yang menyebut akun Gibran memiliki beragam maksud. Mulai sindiran, hujatan, hingga opini terhadap putra presiden tersebut. Seperti unggahan terpopuler yang datang dari akun @ZulkifliLubis69. Ia mempertanyakan soal kelebihan apa yang dimiliki Gibran sehingga terpilih menjadi cawapres Prabowo. Ia tampak meragukan Gibran dengan kembali bertanya mau dibawa kemana arah negara ini bila dipimpin Prabowo-Gibran.

Gambar 3. Sentimen mention yang diterima akun medos X cawapres Gibran

Maka tak ayal apabila sentimen dari mentions warganet banyak ditemukan ujaran yang cenderung bersifat negatif, atau memiliki sentimen negatif. Terpantau pada tanggal 13, 14, 16, 17, dan 19 Desember 2023, mentions dengan sentimen negatif terpantau lebih banyak jumlahnya daripada mentions dengan sentimen positif. Lantas apa saja yang dibicarakan warganet terkait Gibran bisa diamati pada grafik kosakata populer (top words) di bawah ini .  

Gambar 4. Kata yang kerap muncul dalam perbincangan warganet terkait Gibran

Terlihat kata mahasiswa, indonesia, dan debat menjadi kata yang paling disebut warganet ketika menyebut akun medsos X cawapres Gibran. Hal ini terkait dengan Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa menantang Gibran untuk debat melalui unjuk rasa yang dilakukan di depan Balaikota Solo pada Senin lalu (18/12).

Kemudian kata samsul juga sering digunakan warganet dalam menyapa Gibran. Samsul sendiri merupakan singkatan dari asam sulfat merujuk pada kesalahan ucapan Gibran yang seharusnya menyebut asam folat menjadi asam sulfat, tak ayal hal ini banyak menjadi ejekan bagi publik. Meski menuai banyak hujatan melalui kata samsul. Gibran justru memperoleh pembelaan dari akun @xquitavee bahwa Gibran berhasil membawa Solo masuk dalam kota kreatif versi UNESCO.

Gambar 5. Contoh unggahan warganet yang menyebut akun @gibran _tweet

Kemudian untuk akun milik Mahfud MD di @mohmahfudmd terpantau selama sepekan ini ia hanya menuliskan 2 unggahan. Unggahannya yang terpopuler mengenai penyelesaian terhadap warganet @Nyi_Maheswari yang mengadu kepada Mahfud terkait nasib adik yang seharusnya dilantik menjadi menjadi staf Kemendagri namun malah digantikan oleh nama lain. Usut punya usut adik yang bersangkutan ternyata mengalami salah input undangan yang mana seharusnya dilantik di Kabupaten Rokan Hilir bukan Jakarta.

Akun medsos X cawapres Mahfud hingga hari periode pemantauan berakhir telah mengunggah sebanyak 26,1 ribu unggahan dengan pengikut 4,4 juta follower. Mahfud sendiri cukup banyak mengikuti akun lain yakni sebanyak 645 akun.

Gambar 6. Profil akun Mahfud MD

Dari unggahan yang ada @mohmahfudmd mampu meraih ratusan tanggapan dari warganet sebanyak 822 balasan, dan 1,1 ribu retweets. Di luar itu @mohmahfudmd bahkan mampu meraih penyebutan dari warganet lainnya sebanyak 4,3 ribu kali. Mention terpopuler datang dari akun @99kacangtanah yang meretweet unggahan @Nyi_Maheswari soal status staf baru Kemendagri.

Gambar 7. Unggahan terpopuler yang menyebut akun @mohmahfudmd
Gambar 8. Statistik impresi warganet terhadap akun @mohmahfudmd

Ribuan unggahan dari warganet perbincangannya tercermin dalam kosakata populer. Kata program, ganjar, prof, hingga sakti mendominasi jajaran top words. Hal ini terkait dengan akun-akun pendukung Ganjar-Mahfud yang menggaungkan rencana program bila jadi pasangan presiden dan wakil presiden kelak. Program tersebut antara lain KTP Sakti yang diklaim mampu mengatasi permasalahan bansos yang selama ini sering kali salah sasaran. Tagar #BansosKTPSakti pun turut tercantum dalam setiap unggahan terkait program ini. Akibat dari banyak cuitan serupa sentimen positif tampak mendominasi mentions warganet ketimbang mentions negatif 

Kemudian kata kampanye muncul cukup populer memberi sentimen positif terkait tanggapan Mahfud MD terhadap adanya laporan kejanggalan dana kampanye ilegal untuk Pilpres 2024. Melalui video yang disematkan Mahfud mengatakan bahwa KPK dan Bawaslu harus segera menyelidiki dan mengungkapkannya kepada publik. Namun ada pula sentimen negatif dari warganet @TeddGus jubir Partai Garuda yang mengoceh bahwa Ganjar – Mahfud tak memiliki prestasi, maka dari itu TKN Ganjar-Mahfud sibuk mengomentari pernyataan Prabowo ‘ndasmu etik’

Gambar 9. Sentimen mention yang diterima akun medsos X cawapres Mahfud MD
Gambar 10. Top Words perbincangan warganet X atas akun Mahfud MD

Sedangkan akun medsos X cawapres Muhaimin Iskandar @cakiminow menjadi aku yang paling aktif mengunggah dibanding kedua cawapres lainnya. Tercatat selama sepekan ini ia telah menuliskan 30 unggahan pada akunnya. Setiap harinya Cak Imin cukup rajin menulis lebih dari satu unggahan, paling banyak terjadi pada Kamis, 14 Desember 2023 sebanyak 7 unggahan muncul pada hari tersebut

Gambar 11. Peak time mention akun @cakiminnow

Unggahan terpopuler tampak dari unggahan 16 Desember, Cak Imin tampak berkelakar melalui pertanyaannya “Emangnya etik punya ndas ya?”. Unggahan ini menuai 2,621 komentar, 15.110 likes, serta 3.381 retweets.

Melalui unggahan yang ada akun @cakiminow berhasil memperoleh reaksi yang begitu masif dari warganet berupa 23,5 ribu retweets serta 5.077 balasan. Selain itu akun medsos X cawapres Cak Imin juga mendapat penyebutan dari warganet dalam 7,342 unggahan. Mention terpopuler datang dari @ugieeeeee yang tampak membandingkan tanggapan Cak Imin dengan Ridwan Kamil terkait tukang becak yang mengeluh tak bisa menikmati jalan tol.

Selain itu warganet yang menyebut akun medsos X cawapres Muhaimin Iskandar, didominasi oleh dukungan bagi paslon nomor 1. Terlihat kata swadaya dan yogyakarta muncul cukup menonjol. Kosakata tersebut merujuk pada Gerakan Swadaya dari segelintir masyarakat Yogyakarta yang membuat poster dukungan dengan foto Anies dan Cak Imin. Dukungan dari Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, Banyuwangi pimpinan Hasyim Syafa’at juga tercermin dari kata populer syafaat dan hasyim terlihat diunggah akun @yaniarsim. 

Banyaknya dukungan ini memberi banyak sentimen positif bagi akun medsos X cawapres Cak Imin terlihat pada grafik sentimen di bawah, unggahan positif lebih banyak meningkat dibanding unggahan negatif. Sementara itu sentimen negatif untuk Cak Imin muncul terkait Anies menerima Cak Imin sebagai pasangannya atas dasar rasa kasihan bukan kebutuhan serta soal perangkat desa yang dipaksa menjadi buzzer gratisan dan mendapat ancaman mutasi bila menolaknya

Gambar 12. Sentime mention yang diterima akun milik Cak Imin
Gambar 13. Contoh mention yang diterima oleh akun @cakiminnow

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Ananditya Paradhi

More like this

Melacak Perkembangan Wacana Hak Angket Ganjar, dari Koalisi hingga Pemakzulan

Pasca Pemilu 2024, wacana hak angket muncul sebagai manuver politik guna merespons isu kecurangan...

Fenomena 5 Tahunan Akibat Kalah di Pemilu: Caleg Stres hingga Depresi

Calon legislatif mengalami stres atau depresi akibat tak mampu meraup suara seolah menjadi fenomena...

Beras Mahal dan Langka, Silang Sengkarut Kebijakan Impor dan Bansos Pemerintah

Beras mahal dan kian langka, kini mulai diteriakkan oleh warganet. Kenaikan harga bahan pokok...
%d bloggers like this: