HomeCurrent ReportViral Parodi Jasa Keliling, Indosiar Layangkan Surat Peringatan

Viral Parodi Jasa Keliling, Indosiar Layangkan Surat Peringatan

Published on

Belakangan ramai berseliweran parodi jasa keliling layaknya adegan dalam sinetron Indosiar yang tengah viral. Video-video tersebut diunggah di media sosial TikTok dan menjadi perbincangan hingga ke media sosial Twitter. Mulanya, video ini dianggap sebagai hiburan semata sebelum akhirnya pihak manajemen stasiun televisi Indosiar melayangkan surat peringatan. Pasalnya, dalam video rekaan warga TikTok tersebut, mereka turut membubuhkan logo Indosiar sehingga terlihat seolah cuplikan sinetron asli.

Pihak stasiun televisi lantas melarang penggunaan logo Indosiar di dalam konten unggahan yang memparodikan adegan dalam sinetron mereka seperti yang tersurat dalam unggahan Instagram resmi Indosiar berikut. Indosiar juga akan menempuh jalur hukum sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku apabila masih ditemukan pelanggaran.

Gambar 1. Peringatan dari Indosiar terkait konten jasa keliling

Netray Media Monitoring kemudian memantau sejumlah media sosial untuk melihat bagaimana keriuhan warganet terkait topik parodi jasa keliling Indosiar. Pemantauan dilakukan selama periode 2-8 Juli 2023 menggunakan kata kunci jasa keliling dan indosiar. Hasilnya bisa disimak di bawah ini.

Statistik Topik Jasa Keliling Indosiar di Kanal TikTok

Pada kanal TikTok, Netray menemukan 488 akun telah membuat unggahan dengan menuliskan kata kunci yang dimaksud dalam caption mereka. Adapun total video yang diunggah selama sepekan pemantauan tersebut yakni sebanyak 619 unggahan yang telah ditayangkan 153,5 juta kali.

Gambar 2. Statistik pemantauan di TikTok

Video terkait parodi jasa keliling Indosiar tersebut telah diputar hingga 153,5 juta kali dan mendapat 16,4 juta reaksi dalam bentuk 147,9 ribu komentar, 16,2 juta like, dan dibagikan ulang sebanyak 93,3 ribu kali.

Dari pemantauan selama sepekan tersebut, Netray melihat bahwa pada tanggal 4 Juli 2023, unggahan dengan caption kata kunci mulai beredar di Tiktok dengan jumlah 22 unggahan.

Gambar 3. Intensitas unggahan warganet TikTok

Intensitas unggahan video meningkat drastis keesokan harinya yakni sebanyak 102 unggahan. Unggahan lantas memuncak pada tanggal 7 Juli 2023 dengan jumlah 175 unggahan video. Pada tanggal 8 Juli 2023 intensitas video tampak mulai menurun meskipun masih di atas angka 150 unggahan.

Grafik sentimen unggahan terpantau mengikuti banyaknya video yang diunggah. Sedangkan antara sentimen positif dan negatif terpantau cukup berimbang pada tanggal 4 dan 5 Juli. Perbedaan sentimen baru terasa pada tanggal 6 dan 7 Juli 2023 ketika Netray menemukan unggahan video dengan sentimen positif lebih mendominasi.

Gambar 4. Tren sentimen unggahan TikTok
Gambar 5. Tagar yang paling sering digunakan

Dalam topik ini, tagar #jasakeliling menjadi tagar yang paling banyak digunakan warganet TikTok. Selain itu juga terdapat tagar #indosiar dan #jasakelilingindosiar. Selama sepekan pemantauan, tagar #jasakeliling sudah digunakan sebanyak 284 kali sedangkan tagar #indosiar digunakan sebanyak 210 kali dan #jasakelilingindosiar digunakan sebanyak 159 kali.

Meskipun sudah mendapat peringatan dari Indosiar, di linimasa atau for your page TikTok masih ditemukan unggahan parodi jasa keliling. Namun, beberapa konten kreator tidak lagi mencantumkan logo dan ada juga yang masih dengan diplesetkan. Berikut ini adalah contoh sejumlah unggahan yang berhasil dikumpulkan oleh Netray di TikTok.

Gambar 6. Contoh konten jasa keliling

Pendapat Warganet Twitter Terhadap Viral Jasa Keliling

Produksi konten jasa keliling memang sebagian besar ditemukan di sosial media TikTok, akan tetapi topik lantas menyeberang ke sosial media lain. Contohnya adalah Netray menemukan perbincangan dengan kata kunci jasa keliling di linimasa Twitter.

Perbincangan dengan kata kunci terpantau memiliki volume sebanyak 4.634 twit selama periode 2-8 Juli 2023. Intensitas perbincangan terlihat melonjak drastis pada tanggal 6 Juli sebanyak 1.935 twit. Setelah sehari sebelumnya hanya menghasilkan 34 twit saja selama sehari penuh.

Gambar 7. Peak time dan jumlah twit dengan topik jasa keliling

Intensitas perbincangan lantas berangsur-angsur turun setelah mencapai puncak. Tercatat pada tanggal 7 Juli ditemukan 1.692 twit. Sedangkan pada tanggal 8 Juli Netray hanya bisa mengumpulkan 951 twit dengan kata kunci.

Volume twit yang cukup tinggi diikuti dengan jumlah impresi yang tak sedikit. Netray mendapati perbincangan dengan topik jasa keliling di linimasa Twitter mendapat respons warganet sebanyak 51,2 juta kali dalam bentuk reply, retweet, dan favorites. Secara potensial perbincangan tersebut dapat menjangkau hingga 21,2 juta akun Twitter berbahasa Indonesia.

Gambar 8. Statistik impresi warganet Twitter

Sejumlah akun menjadi pusat perbincangan warganet dengan meraup impresi terbanyak. Antara lain adalah akun menfess @kochengfs yang meraup 86.350 total impresi. Twit yang dikirim warganet pada akun ini berisi parodi jasa keliling yang dilakukan kucing-kucing peliharaan mereka. Seperti jasa cakar sofa keliling hingga jasa ukur tembok keliling.

jasa keliling
Gambar 9. Akun dengan impresi terbanyak
Gambar 11. Twit di akun @kochengfs
Gambar 10. Konten twit di akun @kochengfs

Akun yang meraih impresi terbanyak kedua adalah akun @txtfrombrand yang mengumpulkan 31.596 total impresi. Konten dari twit akun tersebut adalah repost pernyataan Indosiar yang memperingatkan masyarakat untuk tidak lagi membuat parodi jasa keliling dengan menggunakan materi dan logo dari stasiun tersebut.

Gambar 11. Twit dari akun @txtfrombrand

Ketiga terdapat akun @aldapstsr yang mengumpulkan 21.364 total impresi. Keempat terdapat akun fans Kpop di @haechanunpad dengan torehan 15.516 impresi. Masih banyak lagi contoh unggahan Twitter yang berpartisipasi dalam perbincangan dengan topik jasa keliling. Yang menarik adalah sebagian besar merupakan twit dengan sentimen netral alih-alih melihat fenomena ini sebagai sebuah permasalahan.

Gambar 12. Twit dari akun @aldapstsr dan @haechanunpad

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Beras Mahal dan Langka, Silang Sengkarut Kebijakan Impor dan Bansos Pemerintah

Beras mahal dan kian langka, kini mulai diteriakkan oleh warganet. Kenaikan harga bahan pokok...

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar...

Puluhan Petugas KPPS Tumbang, Warganet Tepis Tudingan Kecurangan

Pra pemilu, publik sempat terhibur atas lelucon petugas KPPS yang ‘naik kelas’ dari honorer...
%d bloggers like this: