HomeCurrent ReportPantauan Topik MasterChef Indonesia: Antara Keriuhan Rasial dan Kehadiran Ganjar

Pantauan Topik MasterChef Indonesia: Antara Keriuhan Rasial dan Kehadiran Ganjar

Published on


Ajang kompetisi memasak MasterChef Indonesia (MCI) musim ke-11 akhirnya menetapkan Belinda Christina sebagai juara pertama. Ia mengalahkan finalis Rizkisyah Putra Singarimbun alias Kiki pada acara reality show yang tayang di stasiun swasta RCTI tersebut. Unggahan instagram MasterChef Indonesia, @masterchefina menampilkan perolehan poin antara Belinda dan Kiki pada episode final yang terpaut sangat tipis hanya sepuluh poin.

Gambar 1. Unggahaan perolehan nilai finalis MCI

Kompetisi yang sengit antar finalis bukanlah satu-satunya momen yang menarik perhatian publik pada episode terakhir MasterChef Indonesia. Pasalnya, prosesi pemberian hadiah kepada pemenang dilakukan Ganjar Pranowo, salah satu capres pada kontestasi Pilpres tahun depan.

Tak ada penjelasan gamblang mengapa Ganjar dipilih menjadi sosok untuk menyerahkan hadiah. Alih-alih warganet menyangka ini sebagai kampanye terselubung lantaran RCTI merupakan jaringan televisi swasta milik Hary Tanoe yang juga Ketua Umum Perindo, salah satu partai yang mengusungnya dalam pesta demokrasi Pemilu 2024.

Netray Media Monitoring coba memantau sosial media X dan YouTube untuk melihat sejumlah hal. Seperti kapan unggahan warganet naik intensitasnya, topik mana yang lebih banyak menyedot perhatian publik, hingga apa fokus perbincangan warganet saat membahas topik MasterChef Indonesia.

Dengan menggunakan kata kunci masterchef dan mci di X serta masterchef indonesia di kanal YouTube sepanjang periode 25-28 November 2023. Hasilnya 17,2 ribu unggahan dari 7,3 ribu akun memperbincangkan topik ini di X. Begitu masifnya perbincangan ini hingga mampu meraup rekasi warganet sebanyak 319,9 juta impresi dan mampu menjangkau ke lebih 75,9 juta akun.

Gambar 2. Statistik unggahan X topik MasterChef Indonesia

Intensitas unggahan warganet tampak mulai ramai sehari setelah grand final hari pertama atau tanggal 26 November. Kemudian memuncak pada tanggal 27 November ketika sebanyak 12,8 ribu unggahan muncul membicarakan ajang kompetisi memasak ini.

Gambar 3. Intensitas perbincangan warganet X


Pada tanggal tersebut, unggahan terpopuler tampak datang dari akun @cratesss_ yang memelesetkan nama MCI menjadi MCC (MasterChef Chindo) disertai gambar meme. Maksud dari pelesetan chindo adalah untuk menyindir penjurian MCI yang kerap memenangkan peserta yang merupakan keturunan etnis Tionghoa, meskipun masakan peserta tersebut kurang enak dan tidak menguasai teknik memasak.

Kata chindo sendiri terpantau menjadi kata kedua yang paling banyak digunakan dalam unggahan warganet X. Kata atau istilah ini merupakan bahasa slang hasil penyingkatan dan penggabungan kata China dan Indonesia. Istilah tersebut memiliki konotasi negatif (peyoratif). Biasanya digunakan untuk menyebut warga negara Indonesia yang memiliki darah atau merupakan keturunan etnis Tionghoa. Istilah chindo pada akhirnya menyimpan nuansa stereotip dan rasis.

Warganet beranggapan bahwa pihak MCI seringkali menjadikan chindo sebagai juara. Segelintir warganet bahkan berkata nyinyir bahwa jika bukan Chindo sebaiknya tak usah ikut ajang MasterChef Indonesia. Akibatnya ada warganet yang kemudian memelesetkan nama acara ini menjadi MasterChef Chindonesia. Komentar-komentar wargenet seperti yang tertera pada Gambar 4.

Sepanjang periode pemantauan warganet paling sering membicarakan Kiki yang memperoleh juara kedua. Hal ini tercermin dalam jajaran kosakata populer kata kiki menjadi yang paling menonjol dibanding kata lainnya. Perbincangan warganet X terkait pemuda lulusan tata boga dipenuhi pembelaan bahwa yang seharusnya mendapat juara pertama bukan Belinda. Selain itu warganet juga menyoroti penilaian juri yang dirasa kurang adil bertolak belakang dengan masakan yang justru menuai pujian bagus. Seperti yang dapat diamati pada gambar di bawah ini dari akun @seonhwas, @trufflewaatree, @BrataIrfan dan @FbrTmns.

Gambar 5. Jajaran kosakat populer X


Selanjutnya kata chindo juga banyak dibincangkan warganet terkait Belinda yang meraih posisi pertama memiliki darah keturunan China atau lebih sering disebut sebagai chindo alias China-Indonesia. Kata chindo sendiri adalah ungkapan slang dengan konotasi negatif (peyoratif).

Gambar 7. Sampel unggahan kata ‘chindo’


Lalu kata Ganjar ternyata juga masuk dalam hal yang sering dibicarakan warganet. Ditengarai karena Ganjar beserta istrinya hadir dalam MCI untuk menyerahkan hadiah kepada pemenang. Hal ini tentu menuai tanda tanya warganet X seperti yang diunggah akun @xyblink secara langung menanyakan kepada Chef Arnold melalui akunnya @ArnoldPoernomo.

Meskipun tak dijawab oleh empunya, warganet X merespon secara masif terlihat unggahan ini mendapat 162 komentar, 4,198 likes, dan 62 repost. beberapa warganet sepereti yunitaterry3 Akun @THEKAAAKAA serta @cecilion_rusuh juga menerka kehadiran Ganjar sebagai kampanye terselubung karena RCTI dimiliki oleh Ketum Perindo yang juga mendukung Ganjar-Mahfud untuk Pilpres 2024.

masterchef
Gambar 8. Sampel unggahan kata ‘ganjar’


Kemudian jika dilihat berdasar perolehan reaksi warganet akun tanyarlfes yang merupakan akun menfes yang datang dari berbagai warganet. Tak heran bila akun ini menjadi yang teratas dengan 99,355 impresi. Di posisi selanjutnya terpaut jauh dari urutan teratas akun @goodghan mendapat 71,759 impresi. Unggahannya berupa utas keluhan dan kritikan untuk acara MCI. Kemudian di posisi ketiga akun @cratesss_, meski hanya berupa satu unggahan akun ini mampu meraih hingga 70,808 impresi berupa 2,686 komentar, 59,392 likes dan 8,815 repost.

Gambar 9. Jajaran akun populer

Konten Ulasan Final Masterchef Ramai di YouTube

Netray juga coba melihat keriuhan acara MasterChef di kanal video Youtube. Dengan menggunakan kata kunci masterchef&&indonesia dengan periode yang sama ditemukan 68 video membahas acara ini. Intensitas unggahan paling banyak jatuh pada tanggal 27 November

Gambar 11. Statistik unggahan Youtube topi masterchef indonesia
Gambar 12. Intensitas unggahan YouTube

Berbeda dari sosial media X pada kanal video ini nama Belinda menjadi yang paling sering diunggah selain kata MasterChef Indonesia. Seperti yang dapat diamati pada kosakata populer, nama Belinda lebih menonjol dibanding Kiki terkait posisinya sebagai juara pertama. Sedangkan MasterChef menjadi yang paling mendominasi karena kanal resmi MasterChef Indonesia cukup intens mengunggah momen dari setiap episode ajang memasak ini.

Gambar 15. Jajaran kosakata populer YouTube
Gambar 14. Profil YouTube Masterchef Indonesia


Deskripsi video dari unggahan YouTube warganet juga tampak menyoroti kemenangan Belinda yang dirasa janggal. Terlihat kata kontroversi dan chindo cukup banyak digunakan warganet untuk memberi gambaran penonton terkait konten unggahan video Youtube yang mereka tayangkan.

Selama periode pemantauan terlihat unggahan–unggahan dari kanal MasterChef Indonesia menjadi yang paling diminati warganet. Jajaran tiga besar video populer dikuasai kanal ini. Video terpopuler berjudul ‘SAMPAI HABIS!! Baked Fish Kuah Asam Kiki Enak | Grand Final Part 1’ mampu menarik perhatian warganet hingga dilihat sebanyak 387,4 ribu kali, mendapat 1,6 ribu komentar serta 6 ribu likes. Komentar mendukung Kiki membanjiri kanal komentar, bahkan banyak pula yang merasa Kiki-lah yang pantas meraih juara 1.

Gambar 15. Unggahan terpopuler
Gambar 16. Sampel komentar


Selain itu, warganet yang membahas dua finalis ini, ternyata juga cukup diminati. Kanal YUSRIL KIM tampak mengunggah video berjudul “Kronologi Kontroversi Belinda Jadi Pemenang Masterchef Indonesia Season 11, Kiki Disebut Lebih Layak”. Dalam videonya, selain membahas latar belakang kedua finalis MasterChef Indonesia. Ia juga menyoroti unggahan Kiki di instagram pribadinya soal membantu Belinda yang kesulitan memotong daging. Ia beropini seharusnya tayangan tersebut tidak perlu dihilangkan dalam acara karena dapat membawa simpati bagi penontonnya.

Lagi-lagi komentar dukungan untuk pria asal Medan ini juga memenuhi kolom komentar unggahan ini. Seperti dari Sanjaya Sanjaya yang memuji Kiki sebagai pribadi berjiwa besar. Sedangkan akun BlackNinjaish langsung memprotes bahwa penjurian MCI tidak adil terutama dari Chef Renata.

Gambar 17. Sampel unggahan populer
Gambar 18. Sampel komentar

Seperti pada perbincangan warganet di kanal X, nama capres nomor urut 3 juga mewarnai jajaran kata populer YouTube mesti tak semasif sebanyak di kanal tersebut. Ganjar lebih sering disebut dalam kanal video berita seperti yang tertera pada gambar di bawah ini.

Gambar 19. Sampel unggahan Youutbe kata ‘Ganjar’

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Ananditya Paradhi

More like this

Beras Mahal dan Langka, Silang Sengkarut Kebijakan Impor dan Bansos Pemerintah

Beras mahal dan kian langka, kini mulai diteriakkan oleh warganet. Kenaikan harga bahan pokok...

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar...

Puluhan Petugas KPPS Tumbang, Warganet Tepis Tudingan Kecurangan

Pra pemilu, publik sempat terhibur atas lelucon petugas KPPS yang ‘naik kelas’ dari honorer...
%d bloggers like this: