HomeCurrent ReportNostalgia Bersama Film Petualangan Sherina 2

Nostalgia Bersama Film Petualangan Sherina 2

Published on

Generasi 90-an pasti tak asing dengan Petualangan Sherina. FIlm musikal yang laris pada tahun 2000-an kini kembali hadir dengan sekuel berjudul Petualangan Sherina 2. Setelah meluncur di layar lebar sejak 28 September lalu sambutan publik sangat luar biasa. Bahkan per 16 Oktober 2023, dihimpun dari Instagram sang Produser Mira Lesmana film ini sudah mencapai 2 juta penonton.

Netray memantau keramaian dan respons warganet terhadap Petualangan Sherina 2 di media sosial  YouTube. Dengan menggunakan kata kunci petualangan && sherina dan petsher selama periode seminggu pemantauan yakni tanggal 28 September-14 Oktober 2023, ditemukan 206 unggahan video YouTube membahas film ini. Adapun impresi mencapai 2,4 juta reaksi, dengan rincian telah dilihat sebanyak 2,4 juta kali, mendapat 49,4 ribu likes dan 1,7 ribu komentar yang didominasi komentar positif.

Gambar 1 Statistik unggahan video YouTube

Kegiatan temu pemain film Petualangan Sherina 2 mendominasi unggahan YouTube selama periode pemantauan. Hal ini tampak dari kata meet dan greet yang terlihat menonjol pada jajaran kata populer pada Gambar 2. Salah satunya adalah akun Ndyoco Info yang mengunggah kumpulan momen meet and greet Derby dan Sherina atau akun FourSha Family yang mengunggah video shorts meet & greet di Semarang.

Gambar 2. Jajaran kata populer
Gambar 3. Sampel video meet and greet
Gambar 4. Sampel video kata ‘meet’

Selain itu, ulasan setelah menonton film musikal ini juga banyak diunggah warganet, terlihat keyword review menonjol pada jajaran kata populer. Seperti yang tampak diunggah akun Cine Crib, Stevany Mora, hingga Faris Ghaisani berikut.

Gambar 5. Sampel video kata ‘review’

Tanggapan warganet YouTube terhadap film ini cukup positif. Cine Crib memberi nilai 8/10 bagi film ini karena mampu memunculkan nostalgia dengan produksi yang hebat dan mengambil lokasi syuting yang tak mudah, yakni hutan Kalimantan serta menghasilkan visual yang menarik. Ditambah lagi, lagu-lagu yang ada enak untuk dinikmati, serta jalan cerita yang menarik. Akun Stevany Mora pun menyampaikan hal serupa, ia menyukai film petualangan ini karena menghadirkan story line yang menarik.

Salah satu original soundtrack, Hari Kita Berdua yang dinyanyikan oleh Sherina Munaf pun menarik perhatian warganet. Video yang diunggah kanal Trinity Optima Production tersebut meraih impresi yang masif dari warganet YouTube. Hingga artikel ini ditulis, unggahan soundtrack PetSher 2 ini telah dilihat sebanyak 305,9 ribu kali, memperoleh 380 komentar dan 4,2 ribu likes

Gambar 6. Unggahan terpopuler YouTube
Gambar 7. Sampel video populer
Gambar 9. Sampel video populer

Video Luna Maya bernostalgia di Gala Premier Petualangan Sherina juga memperoleh impresi warganet yang begitu masif, berupa 1,1 ribu komentar, 4,8 ribu likes, dan telah ditonton sebanyak 99,8 ribu kali. Komika Indonesia Pandji Pragiwaksono pun tak luput dalam animo ini. Aksi Pandji melakukan stand up comedy dengan tema Petualangan Sherina meraup 3,6 ribu likes, 91 komentar dan telah dilihat sebanyak 93,9 kali.

Pantauan Film Petualangan Sherina 2 di TikTok

Netray juga memantau sekuel film PetSher ini di kanal TikTok. Tak kalah ramai, kata kunci yang sama juga ditemukan dalam 361 unggahan yang telah diputar sebanyak 124,7 juta kali dan mendapat 7,7 juta likes , 47,7 ribu komentar, serta dibagikan ulang sebanyak 93,2 ribu kali.

Gambar 11. Statistik unggahan video TikTok

Intensitas unggahan video dari awal periode pemantauan masih cukup landai kemudian mengalami kenaikan sedikit demi sedikit. Puncaknya terjadi pada 11 Oktober 2023 sebanyak 87 video terunggah pada hari itu.

Gambar 12. Intesitas unggahan video TikTok

Sepanjang periode pemantauan warganet banyak mengunggah kegiatan cinema visit dan meet and greet dengan bintang dan para kru film di beberapa kota. Hal ini tercermin dalam jajaran kata populer, seperti kata greet, medan, dan bandung tampak menonjol pada jajaran kata populer di bawah ini.

Gambar 13. jajaran kata populer

Lalu untuk video terpopuler datang dari akun resmi film ini @filmpetualangansherina. Unggahannya menampilkan cuplikan potongan film yang dikemas dalam bentuk komedi. Ketika pagi bersemangat sambil bernyanyi kemudian ketika sore merasa lelah dan ingin resign saja. Video ini mampu meraih reaksi begitu banyak dari warganet yang merasakan hal serupa dengan yang ditampilkandalam unggahan. Terbukti video ini meraih impresi tinggi berupa 540 likes, 2,5 ribu komentar dan dibagikan ulang sebanyak 13,1 ribu.

Gambar 14. Sampel video terpopuler

Kemudian video terpopuler kedua datang dari akun bertema wisata Zahrah Nida @maukasitau_. Ia nampak membagikan video Observatorium Bosscha yang dahulu menjadi tempat syuting Petualangan Sherina pertama. Ia menampilkan tampak luar dan tampak dalam bangunan ini serta bagaimana ketika kubah untuk peneropongan bintang dibuka. Unggahan ini mampu menarik impresi warganet sebanyak 483.6 ribu likes, 1,4 ribu komentar dan dibagikan ulang sebanyak 3,5 ribu kali.

Gambar 15. Sampel video populer akun @maukasitau_

Video terpopuler ketiga berasal dari akun layanan streaming menonton film Netflix. Video yang berhasil meraup 425 ribu likes ini menampilkan potongan film Petualangan Sherina pertama, saat Sadam dan Sherina berada di perkebunan teh, perjalanan menuju observatorium Bosscha. Video ini memperoleh 1,8 ribu komentar dan dibagikan ulang hingga  5,1 ribu kali oleh warganet.

Gambar 16. Sampel video populer akun @netflixid

Selain masuk dalam jajaran akun paling banyak meraih impresi, @filmpetualangansherina juga masuk dalam jajaran akun yang paling banyak mengunggah video terkait topik ini, yakni 41 video selama periode pemantauan. Di urutan selanjutnya terdapat akun BASE Entertainment sebanyak 11 unggahan dan akun @SherinaSadam dengan 7 unggahan video.

Gambar 17. Jajaran akun populer berdasarkan impresi
Gambar 18. Jajaran akun populer berdasarkan jumlah

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Beras Mahal dan Langka, Silang Sengkarut Kebijakan Impor dan Bansos Pemerintah

Beras mahal dan kian langka, kini mulai diteriakkan oleh warganet. Kenaikan harga bahan pokok...

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar...

Puluhan Petugas KPPS Tumbang, Warganet Tepis Tudingan Kecurangan

Pra pemilu, publik sempat terhibur atas lelucon petugas KPPS yang ‘naik kelas’ dari honorer...
%d bloggers like this: