BerandaHiburanNarkoba di Lingkaran Dunia Entertainment

Narkoba di Lingkaran Dunia Entertainment

Published on

Narkoba dan artis seperti bukan menjadi hal baru di dunia entertainment. Namun, sepekan terakhir publik digegerkan dengan pemberitaan salah satu artis yang dikenal sebagai ‘goodboy‘ turut terjerat obat terlarang ini. Dalam konferensi pers yang dilakukan pada Selasa, 14 Desember 2021, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menyatakan bahwa Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan telah menangkap Rizky Nazar (RN) di kediamannya Jalan Munggang, Balekambang, Jakrta Timur sejak 13 Desember 2021 pukul 20.30 WIB. Dari penangkapan tersebut polisi telah menyita barang bukti, yakni dua bungkus ganja masing-masing berisi 0,36 gram 0,61 gram.

artikel topik artis dan narkoba
sumber dashboard Netray

Atas tindakan tersebut kini artis muda tersebut berstatus sebagai tersangka dan dijerat Pasal 127 ayat 1 Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman empat tahun penjara. Dalam penyelidikan yang dilakukan oleh kepolisian, Rizky Nazar mengakui mengonsumsi obat terlarang tersebut lantaran merasa sulit tidur. Sehingga dengan mengonsumsi ganja, RN merasa kesulitan tersebut dapat teratasi. Dalam keterangan lanjutan dari Kombes Pol Zulpan, RN menyatakan bahwa barang tersebut dibeli dari seseorang bernama Ipang.

Ternyata, dalam satu minggu belakangan ini publik tak hanya dihebohkan oleh penangkapan Rizky Nazar. Terciduknya dua artis lainnya, yakni Jeff Smith dan Bobby Joseph juga sempat menjadi sorotan publik. Artis Jeff Smith ditangkap pada Rabu, 8 Desember 2021 dan ditetapkan sebagai tersangka pada 11 Desember 2021 atas tuduhan penyalahgunaan narkoba jenis lysergic acid diethylamide (LSD). Kejadian ini pun lantas kepolisian menjerat artis muda ini dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Sebelumnya, Jeff pernah divonis hukuman lima bulan penjara karena penyalahgunaan narkoba jenis ganja pada 15 April 2021 dan bebas pada 14 September 2021. Meski terulang kembali, kini kepolisian memutuskan untuk merehabilitasi artis tersebut lantaran barang bukti yang ditemukan masih di bawah ketentuan SE Mahkamah Agung No.4 tahun 2010.

Berselang dua hari penangkapan Jeff Smith, media kembali mendapatkan bahan pemberitaan terkait penangkapan artis lainnya, yakni Bobby Joseph. Dari penangkapan yang dilakukan Direktorat Reserse Narkoba Pilda Metro Jaya pada 10 Desember 2021 pukul 01.30 WIB ini, polisi telah menyita barang bukti berupa narkotika jenis sabu 0,49 gram. Dalam pemeriksaan yang dilakukan oleh kepolisian terbukti bahwa artis kelahiran Prancis tersebut tak hanya sebagai mengonsumsi barang tersebut, tetapi juga sebagai perantara transaksi. Atas hasil pemeriksaan tersebut, kini Bobby terancam Pasal 114 ayat 1 subsider Pasal 112 ayat 1 dan lebih subsider Pasal 127 ayat 1 huruf a Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman penjara minimal empat tahun dan maksimal dua puluh tahun penjara.

word cloud topik artis dan narkoba
sumber dashboard Netray
peak time topik artis dan narkoba
sumber dashboard Netray

Kasus-kasus ini menambah deretan panjang artis yang telah terjerat narkoba di tahun 2021. Sebelumnya, kasus yang menjerat Nia Ramadhani beserta suami juga sempat menghebohkan publik lantaran selain sosoknya yang dikenal sebagai publik figur, ia juga merupakan menantu dari keluarga terkaya di Indonesia. Latar belakang tersebut lah yang menjadikan keduanya sebagai bahan liputan media massa dan juga perbincangan hangat warganet Twitter. Bahkan alasan di balik Nia menggunakkan barang terlarang tersebut pun dijadikan warganet sebagai ajang kritik (selengkapnya Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Terjerat Narkoba).

Infografik deretan artis terjerat narkoba tahun 2021
sumber Netray

Sorotan Warganet

Keriuhan warganet pun juga terjadi di saat Rizky Nazar turut terjerat kasus ini. Bagaimana tidak? Sosok yang dikenal sebagai publik figur berkelakuan baik ini ternyata juga terjerumus pada pengaruh obat-obatan terlarang. Meski telah memberikan klarikasi terkait alasan penggunaan barang terlarang tersebut, masih banyak warganet yang terkejut bahkan kecewa atas tindakan Rizki Nazzar.

Sosoknya yang dikenal sebagai pria ‘good looking‘ dan memiliki lingkungan yang baik menjadi sebuah hal yang mengejutkan apabila ia terjerumus ke dalam lingkaran pengguna narkoba. Parasnya yang bersih dan perilakunya yang dinilai ‘kalem’ oleh penggemar membuat publik figur ini menjadi bahan sindiran warganet. Seperti bahwasannya penampilan yang terlihat baik dari luar tidak dapat menentukan kepribadian seseorang.

Bandar Tak Ditemukan

Di balik kekecewaan warganet terhadap sosok publik figur favoritnya, terdapat beberapa warganet yang membagikan opininya terkait bandar narkoba di lingkungan entertainment yang tak kunjung tertangkap. Warganet menilai bandar yang telah mengedarkan obat terlarang ini tentu saja memiliki kedekatan dengan dunia artis dan juga merupakan orang yang sama. Sehingga hal ini tentu saja menjadi PR bagi kepolisian untuk mengungkap gembong perederan obat terlarang di kalangan kaum jetset ini.

Kasus narkoba di kalangan artis tentu saja menjadi secuil contoh betapa obat terlarang ini masih mengintai di seluruh lapisan masyarakat. Di balik padatnya atau beban pekerjaan, narkoba bahkan sering dijadikan sebagai alasan penghilang rasa stres ataupun lelah. Kejadian beberapa publik figur di tahun 2021 yang terjerat penyalahgunaan obat terlarang tersebut patut menjadi pelajaran bagi publik bahwasannya perederan narkoba dapat mengintai siapa saja. Sosok yang ‘kalem’ dan terkenal berperilaku baik pun bahkan tergiur akan kenikmatan semu obat tersebut. Lalu, bagaimana dengan sosok yang berjiwa rentan?

Demikian pantauan Netray terkait artis yang terjerat narkoba di minggu ini. Simak isu terkini lainnya hanya di https://analysis.netray.id/

More like this

Menilik Impresi Film KKN di Desa Penari di Twitter

Film horor KKN di Desa Penari akhirnya tayang di bioskop. Meski penayangannya sempat tertunda...

Memantau Isu #JogjaDaruratSampah dari Media Sosial & Pemberitaan

#JogjaDaruratSampah merupakan salah satu tagar seruan masyarakat yang diwakili oleh warganet Twitter, ketika beberapa...

Dirjen Kemendag Tersangka Mafia Migor, Warganet Bandingkan Kinerja KPK dan Kejagung RI

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Dirjen Kemendag) Indrasari Wisnu Wardhana telah ditetapkan...
%d blogger menyukai ini: